Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Skrip Pemandu Wisata yang Memukau Tamu

 


Apa hubungan karisma, pesona, dan keterampilan bercerita dengan menjadi pemandu wisata yang baik? Ternyata — banyak.

Saat Anda memikirkan apa yang harus disertakan dan bagaimana menulis skrip pemandu wisata, ketahuilah bahwa Anda sangat penting untuk pengalaman tamu.

Bayangkan ini: seorang musafir tiba di tujuan yang penuh rasa ingin tahu dan kegembiraan, bersemangat untuk membenamkan diri dalam budaya baru. Dan sementara tamu tur mungkin siap untuk menjelajah, mereka tidak tahu harus mulai dari mana dan bersandar pada Anda untuk menunjukkan jalan kepada mereka.

Dengan aktivitas, pemandangan, dan pemandangan untuk dijelajahi, ada banyak hal yang bisa dijelajahi. Selain itu, sangat menyenangkan berada di tempat baru untuk pertama kalinya — sebuah pengalaman, yang dibuat lebih baik dengan pemandu wisata.

Apa itu skrip pemandu wisata?

Sebelum tur Anda dimulai, ada baiknya Anda berbagi sedikit pembukaan dengan para pelancong. Membuat komentar pemandu wisata memberi tamu gambaran tentang apa yang diharapkan dari sebuah tur. Dalam hal ini, Anda mungkin mulai dengan:

  • Memperkenalkan siapa Anda
  • Mengonfirmasi jenis tur dan tujuan yang akan Anda tuju
  • Mencatat lokasi kamar kecil
  • Menyebutkan jumlah pemberhentian di sepanjang rute

Intro akan memberikan gambaran kepada tamu tentang kapan harus memperhatikan. Memvariasikan kecepatan Anda dan mengambil jeda dapat membuat telinga tamu Anda bersemangat. Dan, bagian terbaiknya? Mereka tidak mengharapkan Anda untuk berbicara terus-menerus.

Bahkan, para tamu mungkin menghargai sedikit keheningan sehingga mereka dapat memproses pikiran mereka sendiri selama tur.

Sambutan pembuka naskah pemandu wisata 

Mulailah dengan sesuatu yang lucu yang bertindak sebagai pemecah kebekuan. Lelucon jenaka Anda bisa berhubungan dengan daerah, cuaca atau bagaimana hal ini terjadi untuk pertama kalinya Anda memimpin tur ini (dan di mana Anda diam-diam memohon agar mereka bersikap lunak pada Anda).

Isyarat tawa canggung dan perhatian ringan, setelah itu Anda menunjukkan antusiasme dan kompetensi Anda. Dari sini, tujuan Anda adalah mencari tahu bagaimana Anda dapat membenamkan tamu Anda ke dalam cerita.

Dalam skrip keselamatan pemandu wisata Anda, ini adalah salah satu segmen pertama di mana mata para tamu akan berkaca-kaca. Jangan biarkan ini terjadi! Jadikan keselamatan sebagai hiburan dengan beberapa olok-olok jenaka dan demonstrasi atau cerita yang terlalu bersemangat tentang apa yang terjadi ketika tamu tidak memperhatikan.

Anda cenderung memiliki berbagai tipe kepribadian di antara tamu tur Anda. Jadi, bertujuan untuk membuat semua orang pada halaman yang sama dengan beberapa humor.

naskah cerita pemandu wisata

Cara memberikan komentar tur (langkah demi langkah) 

Tur apa pun harus dimulai dengan sambutan pembukaan tentang apa yang dapat dinantikan oleh para tamu. Dapatkan perhatian tamu dengan menyusun komentar tur Anda dengan cara yang mengutamakan kepentingan mereka.

Tertarik untuk memberikan tur yang menawan? Mulailah dengan mengikuti panduan ini:

1. Sampaikan topik penting

Para tamu ingin mengikuti tur dengan perasaan yakin bahwa pemandu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan pendekatan Anda, bertujuan untuk menjadi informatif dan terlibat dengan tamu Anda sejak awal.

2. Pesan tempat menarik

Pimpin dengan pertanyaan dan topik paling umum yang ditampilkan dalam daftar tur Anda. Pertimbangkan untuk menyebutkan apakah makanan akan tersedia dan di mana para tamu dapat menemukan lokasi kamar kecil di sepanjang rute tur.

Anda juga ingin membahas apa pun yang tidak konkret, seperti apakah mereka punya waktu untuk menjelajahi dan memotret tengara terkenal. Sama seperti GPS di mobil Anda, mengetahui ke mana harus berbelok akan lebih mudah jika Anda mengetahui rencana rute.

3. Jawab pertanyaan apa pun 

Setelah basa-basi Anda mengonfirmasi jenis tur, sediakan ruang untuk terhubung secara percakapan dengan tamu Anda. Anda dapat bertanya kepada tamu dari mana mereka berasal, alasan liburan ini dan mencoba mencari tahu apa yang paling dinanti-nantikan orang untuk dilihat.

Tanyakan apakah ada yang memiliki pertanyaan tentang tur, pemesanan tur lain, atau penjemputan pada waktu tertentu. Dan meskipun hal itu mungkin tidak memengaruhi tur Anda, tamu senang untuk dipertimbangkan.

Sebagai bonus, ini meminimalkan potensi gangguan di tengah jalan dan memberikan komentar tur yang baik. Selain itu, jika kebetulan ada transportasi untuk sebagian besar rombongan, pastikan Anda menanamkan pentingnya manajemen waktu. 

4. Tunjukkan antusiasme Anda

Pesona dan inspirasi tamu sebelum tur dimulai, dengan kegembiraan Anda untuk apa yang akan datang. Dan meskipun ini mungkin bukan pertama kalinya Anda mengadakan tur ini, percayalah bahwa tur ini akan memberi energi dan kegembiraan Anda.

Bayangkan diri Anda meluangkan waktu sejenak untuk menikmati pemandangan atau menikmati suguhan lezat saat berwisata kuliner. Momen pengakuan ini memberi tahu tamu Anda bahwa mereka juga dapat mengukir beberapa momen.

5. Buat tamu merasa terinspirasi

Anda mungkin sudah menjadi pemandu wisata yang karismatik. Mungkin Anda menyenangkan para pelancong dengan kisah-kisah liar dan menakjubkan Anda. Namun selalu ada ruang untuk menambahkan sedikit variasi ke dalam rutinitas harian Anda dan perspektif baru tentang cara Anda memberikan tur berpemandu. Saat tamu menyelesaikan tur, tujuan Anda adalah agar mereka merasa seperti mereka belajar sedikit dan bersenang-senang.

komentar pemandu wisata

 10 karakteristik yang diinginkan tamu dalam pemandu wisata

Kita semua manusia dan menghargai ketika orang memperlakukan kita dengan kebaikan dan rasa hormat. Jadi, dalam hal taktik untuk komentar pemandu wisata, berikut adalah beberapa ciri yang dicari tamu dalam diri seorang pemandu wisata:

1. Selera humor

Untuk menyampaikan cerita yang menarik, Anda mungkin juga harus menjadi pemandu wisata yang lucu . Terkadang, dunia bisa melempar bola melengkung dan kita semua menghargai alasan untuk tertawa.

Anda mungkin menemukan bahwa cerita lucu dan ringan akan cocok dengan hampir semua orang. Ingin menyuntikkan humor ke dalam naskah Anda? Pastikan itu relevan dengan audiens Anda dan dapat dihubungkan. 

Ingatlah untuk mengingat audiens Anda. Humor bekerja paling baik bila dilakukan dengan hemat. Lelucon yang digunakan untuk backpacker milenial mungkin tidak berhasil pada penumpang kapal pesiar yang sudah pensiun.

2. Kebaikan

Buka jalan untuk terhubung dengan tamu Anda dengan bersikap cukup baik untuk memulai percakapan dan mendengarkan apa yang mereka bagikan.

Beberapa wisatawan senang jika ditanya apa yang mereka harapkan dari pengalaman mereka dan seberapa jauh mereka telah melakukan perjalanan untuk bergabung dalam tur Anda. Menjaga detail kecil dan memperhatikan adalah sifat bijaksana yang dihargai oleh para tamu.

3. Pemandu yang baik dengan anak-anak 

Si kecil memiliki perasaan dan pikiran selama perjalanannya. Bagaimanapun, seluruh dunia adalah baru bagi mereka.

Meskipun mungkin sulit untuk menyusun tur untuk segala usia, jika Anda bertujuan untuk menjadi inklusif, Anda ditakdirkan untuk memenangkan pikiran dan hati. Cari peluang untuk menyoroti topik dan sudut pandang khusus anak. Bertujuan untuk menjadwalkan beberapa pemberhentian di sepanjang rute untuk membuat semua orang nyaman dan bahagia.

4. Keterbukaan pikiran

Pernahkah Anda mendengar tentang aturan emas? Ini mungkin tampak konyol, tetapi dengan memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan, Anda membantu mengatur nada bagaimana orang-orang dalam kelompok Anda akan berinteraksi.

Plus, ketika Anda mengenal orang secara pribadi, ini membantu meningkatkan pengalaman mereka. Lagi pula, ketika tamu memesan tur, mereka berharap diperlakukan dengan baik. Bantu tamu merasa lebih nyaman dan pertimbangkan apa yang mungkin menarik bagi wisatawan yang berbeda selama tur.

5. Pendongeng yang informatif

Jika Anda telah tinggal di suatu wilayah selama beberapa waktu, Anda mungkin memiliki banyak pengetahuan untuk dibagikan. Para tamu berharap Anda mendapat informasi yang baik dan bersedia berbagi pengetahuan lokal Anda. Katakanlah Anda sedang mencari cara kreatif untuk melatih pemandu wisata , kuncinya adalah membawa pengetahuan lokal dan keterampilan mendongeng Anda ke meja.

6. Terorganisir dan tepat waktu

Memulai tur tepat waktu sangat penting bagi setiap tamu yang ingin tepat waktu dan siap untuk memulai. Tentu, kecelakaan terjadi dan orang-orang menemukan diri mereka di lokasi yang salah. Tetapi sebagai aturan umum, Anda ingin memberi penghargaan kepada tamu yang siap, dengan memulai tur Anda tepat waktu.

Cobalah tetap berpegang pada batas waktu yang ditetapkan untuk menjelajahi suatu area dan mengunjungi berbagai tempat menarik. Selain itu, para tamu yang berharap untuk memanfaatkan perjalanan mereka sebaik-baiknya akan menghargai tur yang dimulai dan berakhir tepat waktu.

7. Kejujuran

Saat tamu memesan tur, mereka mempercayai Anda untuk bersikap langsung dan jujur. Penuhi janji dan cobalah untuk menjaga segala sesuatunya tetap pada jalurnya dengan apa yang seharusnya disertakan dalam tur Anda. Terkadang, fakta Anda mungkin salah atau tidak tahu jawabannya.

Tanyakan apakah tamu Anda telah membaca tentang area tersebut dan apakah mereka memiliki jawabannya. Bukan ide yang buruk untuk memiliki beberapa fakta kunci di saku belakang Anda, sehingga Anda memiliki jawaban sebagian besar waktu.

8. Kemampuan beradaptasi

Sebagai pemandu wisata, Anda berpotensi menghadapi cuaca buruk, jalan memutar, atau kekacauan dari perubahan menit terakhir. Menjadi mudah beradaptasi adalah bagian dari peran. Di sinilah cerita dapat membuat tamu Anda terhibur jika semuanya berjalan lancar.

Peran seorang pemandu wisata bukan tanpa tantangan. Anda mungkin memiliki tamu yang bergabung dengan tur tanpa mengetahui apa yang diharapkan, hanya memesan tur Anda karena disarankan kepada mereka. Jaga agar semuanya tetap ringan dan bertujuan untuk membantu semua pelancong. Di sinilah kemampuan luar biasa Anda untuk mengubah banyak topi adalah apa yang membuat Anda begitu hebat dalam pekerjaan Anda.

9. Hormat

Terkadang, memimpin tur dapat menguji kesabaran Anda. Anda akan menemukan bahwa rasa hormat bisa berjalan cukup jauh, bahkan jika Anda tidak berbicara dalam bahasa yang sama. Anda mungkin harus menghadapi tamu yang terlambat, pelancong yang kesal, dan beragam kepribadian, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat memberikan tur yang luar biasa untuk semua orang.

Tamu tur mungkin tidak mengetahui atau memahami semua norma budaya yang diharapkan. Peran Anda adalah memberi wisatawan manfaat dari keraguan, alih-alih memberi mereka kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Dan selalu tetap tenang dan tetap hormat dengan tamu wisata.

10. Kepribadian

Tamu memesan tur dengan pemandu untuk pengalaman yang dikuratori, langsung, dan dipersonalisasi. Jadi, jika mereka memilih untuk memesan tur dengan Anda, buat mereka terpesona dengan kekayaan pengetahuan dan kepribadian Anda.

Pindai ulasan online negatif dan Anda akan melihat deskripsi seperti "dingin, acuh tak acuh, membosankan atau egois" di antara ulasan buruk. Jika wisatawan mencari pengalaman umum, mereka dapat mendasarkan tur dari blog atau mencari sesuatu di tur jalan kaki audio. Pastikan sentuhan pribadi Anda hadir sepanjang tur.

Dua pelancong mendengarkan pemandu wisata menceritakan sebuah kisah saat mereka berjalan di jalan kota.

Menjadi pembicara publik yang percaya diri

Jika Anda merasa gugup berbicara di depan sekelompok orang, Anda tidak sendirian. Kita semua khawatir tentang meraba-raba kata atau melupakan materi, tetapi tahukah Anda apa yang luar biasa? Kebanyakan orang tidak akan tahu Anda telah melakukan kesalahan kecuali Anda menyiarkan kesalahan Anda.

Itu bagian dari keindahan dalam membimbing. Anda dapat melakukan ad-lib, mencampuradukkan urutan, dan mengingkari skrip asli Anda agar sempurna untuk grup tur Anda saat ini. Bayangkan tamu membaca ulasan dan mengharapkan apa yang akan Anda katakan selanjutnya; sekarang mengapa mereka repot-repot memesan tur yang dapat diprediksi?

Tips hal-hal bermanfaat untuk skrip pemandu wisata Anda:

  • Fokus pada tamu Anda : Meskipun mungkin Anda yang berbicara, tamu Anda akan memberikan banyak umpan balik dengan isyarat non-verbal. Bertujuan untuk mengatakan cukup untuk membuat mereka tetap terlibat dan kemudian melanjutkan.
  • Lupakan aturannya : fokus pada mereka hanya akan mengalihkan perhatian Anda. Membuat kontak mata. Jadilah animasi dengan tangan. Langsung ke intinya. Bicara pelan-pelan. Ini akan datang secara alami ketika Anda lebih nyaman berbicara di depan umum. Luangkan waktu Anda dan nikmati kebersamaan dengan tamu Anda.
  • Berinvestasi dalam cerita : Sebelum tur, perhatikan baik-baik pikiran Anda. Apakah kata tidak bisa sering muncul? Jika ya, inilah saatnya untuk mengubah monolog batin Anda. Untuk menjadi pendongeng yang lebih baik, Anda harus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa . Kelihatannya seperti latihan yang murahan, tetapi kepercayaan diri membuat dunia berbeda.
  • Buat daftar yang ditetapkan : Miliki beberapa topik yang Anda tahu ingin Anda sentuh sepanjang tur untuk membantu mengingatkan Anda tentang skrip pemandu wisata Anda.
  • Catat : Anda akan menjadi lebih baik dengan latihan, tetapi hanya jika Anda belajar dari setiap upaya. Amati reaksi audiens dan tuliskan setelahnya (bukan selama — itu akan aneh). Lain kali, ubah cerita Anda dan ulangi. Terus lakukan ini sampai Anda tahu detail mana yang lebih ditekankan dan bagian mana yang harus ditinggalkan.

Gunakan skrip pemandu wisata Anda untuk menjadi pendongeng

Sebagai pemandu wisata Anda dapat menginformasikan dan menghibur pada saat yang sama. Menyampaikan fakta saat tur tidak harus berupa ceramah. Anda dapat membuat skrip pemandu wisata yang bersifat percakapan dan mengundang tamu Anda ke dalam pengalaman tersebut.

Bercerita adalah cara umum kita berkomunikasi satu sama lain. Sambil minum kopi bersama teman, cerita petualangan akhir pekan dibagikan. Saat makan malam keluarga, ayahmu menceritakan kisah masa kecilmu. Bahkan dengan kasir, Anda mungkin menceritakan kisah mengapa Anda lupa tas yang dapat digunakan kembali lagi.

Anda mungkin merasa bahwa Anda alami dalam hal bercerita, dan sebagian alasannya mungkin karena kami dirancang untuk mendengarkannya. Pengalaman masa lalu Anda, dan cerita yang dihasilkan, dapat berkontribusi pada kualitas pemandu wisata yang baik , membantu Anda menciptakan hubungan yang luar biasa dengan tamu Anda.

Setiap kali kita mendengarkan seseorang berbagi cerita, sebagian besar otak kita mulai bekerja. Bercerita dapat melibatkan tiga wilayah korteks : motorik, sensorik, dan frontal. Jadi mengapa mendongeng penting bagi pemandu wisata? Ingin mengetahui bagaimana menggunakan storytelling untuk keuntungan Anda ?

Dalam mendongeng, cobalah merangkul momen dan tidak menganggap diri Anda terlalu serius. Jadi lemparkan sedikit diri Anda ke dalam konten — bahkan jika ceritanya bukan tentang Anda. Narator adalah bagian dari cerita seperti halnya karakter.

naskah pemandu wisata dan bercerita

Bagaimana membuat komentar yang baik dalam pemandu wisata

Ada dua jenis cerita untuk diceritakan dalam tur:

  1. Cerita seru, aneh, atau seru tentang suatu tempat. Diberitahu di lokasi situs — baik sebelum atau sesudah mencantumkan fakta yang relevan
  2. Dan cerita pribadi. Paling baik disediakan untuk saat-saat hening dalam perjalanan dan canggung

Untuk lokasi mana pun, pasti ada banyak pilihan cerita untuk digunakan dalam tur. Tapi bagaimana Anda memilih yang tepat?

Yang terbaik adalah mendasarkan pilihan Anda pada topik yang Anda minati — apakah ini arsitektur, makanan, atau sejarah. Karena ketika Anda bergairah tentang suatu topik, Anda akan lebih antusias dalam bercerita. Dan jika Anda bersemangat untuk menceritakannya, pendengar Anda akan senang mendengarnya.

Untuk koleksi cerita Anda, buatlah daftar pengalaman Anda sendiri. Beberapa mungkin lucu — bahkan jika tidak pada saat itu. Dan beberapa mungkin mengejutkan — seperti Anda masih tidak percaya itu terjadi pada Anda. Dari semua cerita Anda, pastikan mereka sesuai dan berhubungan dengan tur dalam beberapa cara.

Menutup skrip pemandu wisata

Saat Anda menyelesaikan tur, Anda pasti ingin menutup pengalaman untuk tamu Anda.

Sebutkan bagaimana Anda menghargai umpan balik tamu beberapa kali selama tur. Sebagai contoh tentang apa yang harus disertakan dalam komentar tur Anda, buat poin untuk membagikan tempat menarik yang mungkin tidak dapat ditemukan oleh tamu sendiri.

Komentar pemandu wisata penutup Anda juga merupakan waktu yang tepat untuk menyarankan tempat-tempat lain yang harus dipertimbangkan wisatawan, termasuk rekomendasi restoran dan favorit wisatawan lainnya.

Dan daripada memberi tahu tamu bahwa mereka harus memberikan ulasan bintang 5, yang mungkin tampak tidak jujur, dorong pengunjung Anda untuk menyoroti apa yang membuat pengalaman khusus ini layak dipesan dengan ulasan online.

Pelancong pria membaca peta dengan kamera di leher di Istana Buckingham

Jadi, bagaimana Anda bisa menjadi pendongeng yang lebih baik?

Mari membahas elemen penting dalam menyusun cerita Anda:

1. Pahlawan/Protagonis

Sebuah cerita membutuhkan karakter untuk menghibur penonton. Satu yang bisa mereka hubungkan. Atau salah satu yang akan mereka ingat.

2. Tujuan

Untuk menciptakan ketegangan, karakter utama membutuhkan tujuan. Penonton akan mendengarkan dengan antisipasi untuk mengetahui apakah karakter tersebut berhasil.

3. Selesaikan Insiden

Rintangan harus menghalangi jalan karakter. Ini membuat semuanya semakin menarik. Bisakah mereka mengatasinya?

4. Memanfaatkan emosi

Anda ingin penonton merasakan apa yang karakter Anda rasakan. Empati membantu menghubungkan penonton dengan karakter Anda.

5. Tambahkan tikungan dan belokan

Cerita yang tidak terduga menjadi yang terbaik. Untuk menjaga penonton tetap waspada, lemparkan tikungan dan belokan yang tidak terduga ke dalam campuran.

6. Akhiri dengan kalimat lucu

Setiap cerita memiliki resolusi, di mana biasanya sang pahlawan menyelamatkan hari. Apa pun jenis cerita yang Anda bagikan, usahakan untuk mengakhirinya dengan ceria — diakhiri dengan lelucon.

Pada tur Anda berikutnya, cobalah mendongeng. Anda mungkin akan terkejut dengan kemampuan mendongeng alami Anda dan bersenang-senang saat melakukannya.

Pikiran terakhir 

Sejak awal, undang tamu ke dalam pengalaman mendongeng dari tur Anda.

Anda tidak harus menjadi satu-satunya yang bercerita. Buka lantai dan ajukan pertanyaan kepada audiens. Satu cerita memiliki cara untuk menghembuskan cerita lain ke dalam kehidupan.

Dengan memberikan waktu kepada audiens Anda untuk berbagi, Anda mungkin akan menemukan yang lain dengan cepat. Selain itu, tur akan lebih bernuansa percakapan, membuat semua orang, termasuk Anda, lebih santai. Akibatnya, mereka akan lebih cenderung menikmati tur dan memberi Anda umpan balik yang baik dan jujur.