Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Gunung Di Wonosobo Dengan Pemandangan Yang Indah

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang. Ada banyak gunung di Wonosobo dengan pemandangan yang indah.

Hal ini dikarenakan kabupaten Wonosobo terletak di dataran tinggi. Dengan pemandangan pegunungan yang indah ini Wonosobo menjadi potensi ekonomi, wisata dan pertanian yang begitu besar dengan tanahnya yang subur dan terjaga kelestariannya.

Berikut 10 Gunung Di Wonosobo

Untuk orang-orang yang suka mendaki, beberapa gunung di wonosobo ini menjadi alasan untuk melihat hamparan awan putih luas serta sambutan mentari indah. Berikut diantaranya gunung-gunung tersebut:

1. Gunung Sindoro

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Sindoro

Gunung di Wonosobo pertama yakni gunung Sindoro. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 3.153 mdpl ini menjadi jajaran gunung tertinggi. Kepopuleran gunung ini menjadi salah satu alasan gunung ini banyak didatangi pengunjung.

Meski trek yang cukup Panjang dan menantang, namun ini menjadi daya Tarik tersendiri oleh pendaki. Apalagi tawaran pemandangan yang indah di puncak tentu ini menjadi alasan utama para pendaki.

Hal yang menarik lainnya di gunung ini yakni adanya hamparan bunga edelweiss dan kawah aktif di puncaknya. Terletak berdekatan dengan gunung sumbing dan memiliki ketinggian hampir sama kedua gunung ini sering disebut “gunung kembar”.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa Anda gunakan untuk mencapai puncak yakni via Sigedang, Bansari, Kledung serta Ndoro Arum.

2. Gunung Sumbing

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Sumbing

Seperti dijelaskan di atas, gunung ini sering disebut kembar dengan Sindoro. Kedua gunung ini bisa menjadi spot yang bisa Anda jadikan tempat pendakian. Sumbing berada di 3 wilayah kabupaten, yakni Wonosobo, Temanggung dan Magelang.

Ketinggian gunung ini mencapai 3.371 mdpl dan dikenal memiliki trek yang cukup menantang. Untuk Anda yang memiliki hobi pendaki dan menyukai tantangan sangat wajib untuk mendaki gunung di Wonosobo ini.

Salah satu daya tarik dari gunung ini yakni memiliki kawah aktif yang bisa Anda saksikan langsung dari puncaknya.

3. Gunung Bismo

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Bismo

Gunung ini memang kurang terkenal, namun untuk Anda yang menyukai pendakian, spot gunung Bismo ini layak untuk dijejaki. Hal ini dikarenakan hamparan hutan yang sangat alami karena belum banyak mendapat sentuhan manusia.

Yang lebih menarik lagi, jika Anda sampai di pos pendakian Anda akan disuguhi banyak spot-spot menarik seperti terowongan mesra, trek Dewa Brata, hingga hamparan padang ilalang yang sangat indah.

Memiliki ketinggian kurang lebih 2.635 mdpl tentu bukan hal besar untuk Anda yang sudah hobi mendaki. Jika Anda sudah ada di puncak maka hamparan kota Wonosobo akan terlihat jelas. Apalagi jika cuaca bagus, Anda bisa melihat sunrise yang indah.

4. Gunung Prau

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Prau

Salah satu gunung di Wonosobo ini terletak di Kawasan dataran tinggi dieng yang menjadi pembatas antara 3 kabupaten yakni Wonosobo, Kendal dan Batang. Trek yang ringan dan berada di area yang cukup populer, gunung prau selalu ramai pengunjung.

Salah satu daya Tarik dari gunung ini adalah memiliki satu momen istimewa yang dikenal dengan “The Golden Hour”. Dimana momen ini akan memperlihatkan matahari muncul ke permukaan dan memperlihatkan kegagahan sederet gunung indah di sekitar Prau.

Spot jalur pendakian yang paling populer adalah bukit teletubbies, dimana disini terdapat hamparan padang rumput yang hijau.

5. Gunung Pangonan

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Pangonan

Gunung ini bisa disebut dengan perbukitan. Hal ini dikarenakan spotnya yang mudah dan tidak terlalu tinggi. Anda cukup mencapai puncak dengan waktu 20 menit.

Namun meski mudah, Anda harus membawa perlengkapan mendaki lengkap, karena tidak ada banyak warung disini.

Puncak gunung Pangonan identik dengan padang savana yang hijau dan indah. Anda bisa melihat sunrise dan sunset dari puncak Gunung Pangonan ini.

6. Puncak Sikunir

Gunung-Di-Wonosobo-Puncak-Sikunir

Puncak ini sangat populer di telinga wisatawan. Puncak dengan ketinggian 2.306 mdpl ini akan menyuguhkan keindahan golden sunrise dengan hamparan awan dari puncak Sikunir ini.

Momen ini lah yang dinanti-nantikan oleh wisatawan. Warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir atau kunyit membuat masyarakat sekitar menamai Sikunir. Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk menuju puncaknya dan menikmati keindahannya.

Puncak ini terletak di Desa Sembungan yang juga merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.

Baca Juga : Wisata Wonosobo Negeri diatas awan

7. Gunung Kembang

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Kembang

Gunung di Wonosobo ini terletak di Dukuh Blembem Kaliurip, Ds. Damarkasiyan, Kec. Kertek, Wonosobo. Dengan ketinggian 2.320 mdpl gunung ini diyakini akan bertambah ketinggiannya.

Hal ini dikarenakan gunung ini berada di sebelah Sindoro yang merupakan gunung aktif dimana setiap aktivitas vulkanik yang keluar akan ditumpahkan ke gunung Kembang ini.

Meski terlihat pendek, gunung ini memiliki trek yang cukup curam, jadi Anda harus hati-hati saat mendaki gunung ini.

Baca Juga : Wisata Kuliner di Wonosobo

8. Gunung Pakuwaja

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Pakuwaja

Nama pakuwaja bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan gunung ini terdapat batu vertikal setinggi 50 meter yang diyakini sebagai paku pulau jawa. Dengan ketinggian sekitar 2.421 mdpl gunung ini memiliki keindahan alam yang memukau dari ketinggian.

Tak hanya itu, jika Anda mendaki gunung ini, nantinya Anda akan disuguhkan kenampakan alam yang indah seperti telaga warna, barisan gunung tertinggi di Jawa Tengah, kompleks candi arjuna, dan lain-lain.

Telaga warna menjadi salah satu tempat yang populer di Wonosobo hingga ke mancanegara. Disebut telaga warna karena ada beberapa warna yang muncul dari telaga ini seperti hijau, biru laut, dan putih kekuningan.

Secara ilmiah warna ini terbentuk karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. Namun masyarakat percaya jika warna tersebut terbentuk karena dahulu ada cincin milik bangsawan jatuh ke tega tersebut.

9. Gunung Lanang

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Lanang

Meski hanya memiliki ketinggian 60 mdpl, namun warga sekitar tetap menganggapnya sebagai gunung. Gunung Lanang ini dipercaya memiliki cerita-cerita misteri yang menjadi daya Tarik tersendiri.

Meski tak sepopuler Sindoro ataupun Sumbing, tetap saja gunung lanang menjadi salah satu objek destinasi liburan di Wonosobo.

10. Gunung Sipandu

Gunung-Di-Wonosobo-Gunung-Sipandu

Gunung di Wonosobo terakhir yakni Gunung Sipandu. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara, Batang dan Wonosobo, gunung ini tidak jauh dari Prau. Jadi sudah dipastikan jika Anda pernah mendaki Prau maka sudah pernah melihat gunung Sipandu ini.

Untuk menuju puncaknya Anda bisa memilih jalur via Desa Pranten, Kec. Bawang Kab. Batang yang berbatasan langsung dengan Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Baca Juga : Air Terjun Wonosobo Terbaru

Penutup

Itulah tadi beberapa gunung di Wonosobo yang bisa Anda kunjungi. Bisa menjadi referensi untuk Anda yang hobi mendaki gunung. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa gunung ini bisa dikunjungi Anda yang belum salam sekali mendaki gunung.

Sarannya dakilah gunung yang rendah dahulu sebagai Latihan, jika sudah terbiasa, maka dakilah gunung yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.