Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Oleh-Oleh Khas Wonosobo: Jangan Sampai Keliru!

Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Berkunjung ke lokasi wisata tidaklah lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut. Bagi yang berencana melakukan wisata ke Wonosobo, sebaiknya simak terlebih dahulu oleh-oleh khas Wonosobo berikut ini sehingga bisa jadi referensi buah tangan dari liburan.

1. Manisan Carica Sumbing

Buah Carica Sumbing merupakan buah khas yang tumbuh di dataran tinggi Dieng. Buah yang menyerupai papaya ini biasanya diolah menjadi manisan yang lezat. Oleh-oleh khas Wonosobo ini bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dai kunjungan wisata di daerah sekitar Dieng.

2. Tempe Kemul

Bagi yang menyukai makanan kering dan guring, tempe kemul bisa jadi pilihan oleh-oleh dari Wonosobo. Tempe Kemul ini semacam keripik tempe yang khas dari wilayah ini.

Makanan ini berarti tempe berselimut, dimana tampilannya berupa tempe yang dibalut tepung dan berisi kucai. Makanan ini renyah dan enak dijadikan lauk.

3. Teh Tambi

Teh Tambi ini salah satu oleh-oleh khas Wonosobo yang sudah mendunia. Teh asli dari pegunungan Dieng ini sudah dikenal sejak zaman Belanda.

Hingga saat ini produk teh ini sudah dikenal secara Internasional. Bagi pecinta teh bisa membawa pulang oleh-oleh ini saat berkunjung ke daerah Dieng.

4. Camilan Geblek

Camilan ini lebih mirip cilok dengan tekstur yang lebih kering. Penyajian cemilan khas Wonosobo ini lebih enak saat masih hangat. Wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas ini yang sudah tersedia dalam bentuk kemasan di toko oleh-oleh di Wonosobo.

5. Sagon

Sagon ini juga bisa dipilih sebagai oleh-oleh khas Wonosobo. Makanan manis gurih ini terbuat dari campuran sagu dan kelapa yang dibentuk jadi makanan berbentuk pilih dan kering. Sagon masuk kategori camilan kue kering yang enak disantap dengan ditemani secangkir teh.

6. Kacang Dieng

Kacang Dieng ini banyak diminati wisatawan yang mengunjungi Wonosobo dan dataran tinggi Dieng. Kacang ini memiliki bumbu khas dengan ukuran kacang yang lebih besar dari biasanya. Bagi pecinta camilan gurih oleh-oleh khas ini tidak boleh dilewatkan.

7. Opak Singkong

Wonosobo dikenal sebagai penghasil opak atau kerupuk terbesar di Indonesia. Salah satu kerupuk khas yang memiliki cita rasa gurih adalah opak singkong.

Opak ini terasa khas dengan berbagai campuran bumbu atau polos tanpa bumbu. Untuk oleh-oleh bisa dipilih yang mentah atau yang sudah digoreng.

Baca Juga : Minuman Khas Wonosobo

8. Opak Ketan

Opak ketan yang gurih dan renyah ini patut dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Krupuk ini terbuat dari campuran ketan dan parutan kelapa. Perpaduan rasa yang gurih ini bisa dijadikan cemilan enak yang bisa dinikmati bersama keluarga.

9. Kripik Jamur

Sebagai salah satu daerah dengan petani jamur terbesar, Wonosobo juga punya kripik jamur sebagai camilan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Keripik jamur tepung yang gurih ini enak dijadikan camilan atau untuk lauk.

10. Keripik Kentang Dieng

Dataran Dieng juga dikenal sebagai penghasil kentang terbesar di Indonesia, jadi tak heran jika kripik ketang banyak ditemukan di daerah ini. Keripik kentang khas Dieng ini bisa dijadikan oleh-oleh pilihan saat berwisata ke daerah ini.

11. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk juga bisa jadi pilihan oleh-oleh dalam bentuk lauk yang bisa dibawa pulang saat berwisata ke Wonosobo. Makanan khas ini bisa didapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh di wilayah Wonosobo.

Penutup

Pilihan oleh-oleh khas Wonosobo cukup banyak, bagi Anda yang berwisata ke wilayah Wonosobo dan dataran tinggi Dieng bisa memilih jenis oleh-oleh khas ini di berbagai toko oleh-oleh di wilayah ini.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.