Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Rekomendasi Wisata Kuliner Wonosobo

 

Wonosobo paling terkenal karena dataran tingginya, terutama kawasan Dieng yang selalu memiliki banyak pengunjung dari bermacam daerah. Selain menikmati keindahan alamnya, tidak lengkap jika anda tidak mencicipi wisata kuliner Wonosobo.

Tentu sama seperti wilayah lain, Wonosobo juga memiliki beberapa makanan khas dan tempat-tempat legendaris yang wajib anda coba. Jadi, tidak akan berlama-lama, langsung saja kita bahas wisata kuliner Wonosobo di bawah ini.

Rekomendasi Wisata Kuliner Wonosobo Legendaris

Wonosobo memiliki beragam jenis kuliner yang menarik dan banyak memikat wisatawan yang datang, simak listnya berikut ini:

1. Mie Ongklok Pak Muhadi

Mie Ongklok Pak Muhadi

Wonosobo menyajikan kuliner khasnya yakni mie ongklok yang sangat cocok disantap di tengah hawa dingin Wonosobo. Anda yang belum tahu mie ongklok ini, merupakan mie berkuah kental dengan taburan toping seperti kacang serta kerupuk di atasnya.

Nah, tempat legendaris yang menjual mie ongklok tersedap adalah warung Mie Ongklok Pak Muhadi, yang menyajikannya dengan harga yang masih sangat terjangkau. Lokasinya sendiri ada di Jl. A. Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

2. Sego Jagung Wonosobo

Sego Jagung Wonosobo

Berikutnya, ada makanan yang sekarang masih lestari di berbagai daerah dataran tinggi, termasuk Wonosobo. Kuliner Wonosobo Dieng ini merupakan nasi jagung, yang merupakan campuran nasi dan jagung yang sudah dipipili dan diberi bumbu.

Nah, di tempat makan ini anda juga akan disuguhkan berbagai macam lauk untuk dimakan bersama nasi jagung, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan lainnya yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Sugondo, Kliwonan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Liburan Wonosobo

3. Soto Sapi Wonosobo EDS

Soto Sapi Wonosobo EDS

Kembali ke makanan berkuah, yang sangat digemari oleh para warga lokal maupun para pengunjung karena hawanya yang dingin. Kuah panas dengan racikan bumbu yang gurih dan potongan daging sapi yang empuk tentu sangat menggoda perut untuk meluangkan isinya.

Warung soto sapi Wonosobo EDS menjadi tempat yang kami rekomendasikan dengan cita rasa yang menggoda. Ada berbagai makanan pendamping soto seperti sate telur, kerupuk dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. A. Yani No.118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

Baca Juga : 10 Gunung Di Wonosobo Dengan Pemandangan Yang Indah

4. White House Cafe

Nah, bagi anda kalangan muda yang hendak atau baru turun mendaki gunung di Dieng, anda bisa mampir di wisata kuliner Wonosobo hits ini. Tersedia beragam jenis menu kekinian. Di sini juga menyajikan makanan berat, seperti steak, nasi dan banyak lagi lainnya.

Tempat ini juga memiliki spot foto yang menarik, bertemu langsung dengan lukisan Tuhan bertema dataran tinggi dan bukit pegunungan. Tempat ini buka sampai pukul 10 malam, cocok untuk menjadi tempat kuliner malam Wonosobo.

Lokasi: Jl. Sabuk Alu No.121B, Wonosobo Timur, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

5. Warung Bobor Mbak Pawit

Warung Bobor Mbak Pawit

Wisata kuliner Wonosobo lainnya yang merupakan makanan khas Wonosobo adalah sayur bobor, yang merupakan sayuran yang dimasak dengan kuah santan. Rasanya paut anda coba, dengan dipadukan tempe goreng serta sambal yang dicampur parutan kelapa.

Selain sayur bobor lauk tempe, ada juga menu nasi ikan pindang sayur bobor dan lauk sayur mayur lainnya.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.15, Wonosobo Timur, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

6. Krishna Resto Garden

Wisata berikutnya adalah tempat makan nuansa alam di Wonosobo yang memiliki berbagai macam menu dengan racikan khas restoran. Seperti namanya Krishna Resto Garden, ketika anda baru memasukinya, anda akan mendapati taman yang hijau dengan balutan nuansa Jawa.

Tempatnya yang luas dengan pemandangan asri serta racikan spesial resto membuat tempat ini wajib anda coba. Ada mie ongklok yang menjadi wisata kuliner Wonosobo yang khas, yang akan memiliki racikan bumbu yang gurih dan nagih.

7. Warung Rujak & Lotek Mbak Yem

Warung Rujak & Lotek Mbak Yem

Berikutnya, wisata kuliner Wonosobo yang wajib anda coba adalah rujak dan lotek yang cocok dimakan waktu siang hari. Wisata kuliner di Wonosobo ini disiram dengan bumbu kacang yang sudah diulek dengan bumbu lainnya.

Rujak sendiri terdiri dari campuran buah yang diiris dan dicampur dengan bumbu rujak. Sedangkan lotek terdiri dari sayuran yang juga diolah dengan sambal kacang, dengan taburan kerupuk di atasnya.

Lokasi: Jl. Mayor Kaslam No.23, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

8. Ayam Goreng Bugisan

Kali ini kembali ke tema tempat makan keluarga di Wonosobo, yakni Ayam Goreng Bugisan yang sudah amat terkenal di seluruh penjuru Nusantara. Makanan ini, ayamnya sudah diungkep terlebih dahulu dengan bumbu dan rempah.

Setelah itu, ayam akan digoreng sampai kondisi garing di bagian luarnya dengan bagian dalam yang tetap empuk. Anda bisa memesan dalam porsi utuh untuk dimakan bersama teman atau keluarga, atau yang sudah dalam potongan dengan daging yang tentunya besar.

Lokasi: Jl. Masjid II Nomor 28, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Baca Juga : Air Terjun di Wonosobo

9. Restoran Asia

Makanan asia memang tidak pernah mengecewakan. Di Wonosobo, anda bisa menemukan restoran asia yang menjual berbagai jenis masakan ala asia. Contohnya adalah makanan-makanan China.

Tempat makan ini juga memiliki desain yang elegan, dengan banyak meja yang bisa diisi oleh banyak pelanggan dengan nyaman. Ada banyak menu enak, seperti sup kepiting asparagus, ayam goreng kering, lo mie dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.43, RT.04/RW.07, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

10. Martabak Marparis

Martabak Marparis Wonosobo

Setelah membahas makanan-makanan berat, kali ini ada rekomendasi wisata kuliner Dieng Wonosobo yaitu martabak Marparis. Di tempat ini, menjual dua jenis martabak yakni martabak manis dan asin.

Untuk martabak manisnya, ada berbagai varian isian yang akan menambah nikmat rasa martabak. Ada coklat, pisang, kacang, serta coklat batangan dan topping kekinian dan menjadi rekomendasi wisata kuliner Wonosobo instagramable.

Lokasi: Singkir, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

11. Bakmi Jawa Pak Blangkon

Terakhir, rekomendasi wisata kuliner Wonosobo adalah bakmi jawa Pak Blangkon yang memiliki cita rasa legit. Anda bisa memilih bakmi jawa goreng, kuah atau nyemek yang memiliki sedikit air.

Bakmi jawa ini tentu cocok sekali dimakan saat panas untuk menghangatkan tubuh di tengah dinginnya hawa dataran tinggi. Anda juga bisa menambahkan nasi untuk bakmi jawa goreng. Untuk lokasinya sendiri, bisa anda cari di internet.

Lokasi: Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Puntuksari, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

Jadi, wisata kuliner Wonosobo mana yang tertarik untuk anda coba? Berbagai varian sudah kami rekomendasikan, mulai dari makanan berat hingga makanan untuk camilan. Demikian informasinya, semoga bermanfaat.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.