Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17+ Rekomendasi Lengkap Tempat Wisata Wonosobo

Banyak tempat wisata Wonosobo yang populer dan bisa menjadi tujuan ketika musim liburan. Salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah ini bukan hanya memiliki wisata dieng, tapi masih banyak pilihan lainnya.

Wonosobo memiliki banyak kawasan pegunungan, khususnya di bagian utara maka kamu bisa menikmati puncak gunung prau yang sering dijadikan destinasi favorit. Untuk itu, kenali beberapa destinasi di Wonosobo berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Wonosobo

Wonosobo sering dijadikan tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dan suasana alam. Kamu juga bisa menemukan berbagai makanan khas yang lezat ketika berkunjung ke objek wisata di Wonosobo.

Ada berbagai pilihan tempat wisata Wonosobo yang bisa kamu pilih dan berikut ulasan lengkapnya.

1. Air Terjun Sikarim

Tempat-Wisata Wonosobo-Air Terjun-Sikarim

Destinasi wisata yang ada di Desa Mlandi, Kec. Garung ini tidak jauh dari objek wisata lain, yakni telaga menjer. Untuk mencapai wisata di Wonosobo yang lagi hits ini, kamu perlu perjuangan ekstra karena harus berjalan kaki menyusuri hutan.

Dengan perjalanan yang cukup sulit, cocok bagi kamu yang suka tantangan. Apalagi curug yang masih terjaga keasriannya ini berada di pelosok yang mobil tidak dapat masuk dan hanya bisa dijangkau dengan motor tracking.

Air terjun dengan ketinggian 100 m lebih ini menawarkan pemandangan dan suasana yang masih alami. Bukan hanya sebagai destinasi wisata terbaru, air yang mengalir dari curug ini juga sering digunakan untuk pengairan ladang masyarakat sekitar.

2. Telaga Menjer

Tempat-Wisata-Wonosobo-Telaga-Menjer

Telaga yang berada di desa Maron, Kec. Garung ini terbentuk akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Sebelumnya, tempat wisata Wonosobo ini hanya terdapat beberapa mata air kecil dengan curah hujan cukup tinggi.

Kamu bisa menikmati pemandangan Telaga Menjer sambil berkeliling menggunakan perahu dengan tiket sebesar Rp 15.000. Kamu juga bisa memancing di dalam maupun luar lokasi, tapi jangan lupa untuk membawa peralatan pancing sendiri.

Telaga yang berada di Jalan Dieng Km. 8 ini memiliki akses jalan yang cukup mudah karena kamu tinggal mengikuti petunjuk arah di sepanjang jalan dari Alun-alun. Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan pesona bukit hijau dan Gunung Sindoro.

3. Arung Jeram Serayu

Tempat-Wisata Wonosobo-Arung-Jeram-Serayu

Jika kamu suka kegiatan yang menantang, arung jeram di Sungai Serayu yang lagi hits bisa menjadi pilihan. Banyak wisatawan anak muda yang melakukan kegiatan arung jeram karena menguji adrenalin saat menyusuri aliran sungai yang cukup deras.

Sungai yang mengalir dari Yogyakarta hingga melewati lereng Gunung Sindoro-Sumbing ini membutuhkan sekitar 2,5 jam untuk menyusurinya. Tapi, dijamin kamu tidak akan bosan karena panorama alam gunung yang menakjubkan.

Lokasi tempat wisata Wonosobo ini cukup strategis karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Wonosobo dengan Banjarnegara. Arung jeram ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup bervariasi, mulai dari grade 2 hingga grade 4.

4. Curug Winong

Tempat-Wisata-Wonosobo-Curug-Winong

Destinasi di Desa Winongsari ini tidak kalah populer dengan objek wisata lain. Kamu bisa mengambil rute perjalanan dari pusat kota Wonosobo lalu mengarah ke Selatan melalui jalur Wonosobo, Selomerto, Balaikambang, Winongsari dan tiba di lokasi.

Sesampainya di lokasi, kamu harus melakukan pembelian tiket 2022 lalu berjalan melewati jalan setapak beberapa ratus meter. Lokasinya memang cukup tersembunyi jadi tidak perlu diragukan lagi suasana dan keasrian dari curug Winong ini.

Air terjun di kawasan ini berbentuk seluncur dan dikelilingi dengan pohon yang asri. Jadi kamu tidak akan bosan selama menyusuri tempat menuju tempat instagramable di Wonosobo karena ada pemandangan hutan pinus dan pegunungan.

5. Bukit Sikunir

Tempat-Wisata-Wonosobo-bukit sikunir-wonosobo

Tempat wisata Wonosobo yang populer ini berada di Desa Sembungan, Kec. Kejajar. Banyak anak muda yang berkunjung ke lokasi ini untuk menikmati keindahan sunrise dari atas awan atau dari ketinggian 2.200mdpl.

Dari atas ketinggian ini, kamu bisa menikmati warna sinar matahari kekuningan layaknya kunir. Itulah mengapa penduduk sekitar memberikan nama tempat wisata di Wonosobo ini sikunir yang berasal dari kata kunir, artinya kunyit.

Bukit Sikunir masuk dalam kawasan dataran tinggi dieng jadi kamu akan disajikan pemandangan gunung tinggi yang indah. Apalagi dengan pemukiman warna yang tersusun sedemikian rupa indahnya ditambah adanya telaga cebong. 

6. Kawah Dieng

Tempat-Wisata-Wonosobo-Kawah-Dieng

Siapa yang tidak kenal dengan kawah dieng? Tidak lengkap rasanya berada di Wonosobo tapi tidak berkunjung ke Kawah Dieng. Ada banyak pilihan kawan yang bisa dikunjungi, seperti Kawah Sikidang, Sileri, hingga Candradimuka.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan hamparan bukit hijau yang dipadukan dengan tanah kapur, maka Kawah Sikidang menjadi pilihan wisata yang tepat. Sedangkan, Kawah Sileri termasuk salah satu kawah terbesar, yakni sekitar 4 hektar.

Berbeda lagi dengan kawah Candradimuka yang dikenal dengan legenda wayang di mana kawah ini menjadi tempat mandi Gatotkaca hingga memiliki kesaktian luar biasa. Kawah Candradimuka berada di sekitar 6 km dari pusat wisata Dieng. 

7. Curug Sirawe

Tempat-Wisata-Wonosobo-Curug-Sirawe

Wonosobo memang dikenal dengan jumlah curug yang sangat banyak dan salah satu yang terkenal adalah Curug Sirawe. Curug yang elok ini berada di Bitingan, Kepaksian, Batur, Banjarnegara dan memiliki ketinggian air sekitar 70m.

Curug yang mengalir ke Sungai Rawe ini bisa kamu capai dengan cara berjalan kaki menyusuri jalan setapak di hutan. Lokasi curug cukup pelosok jadi dibutuhkan usaha lebih untuk bisa mencapai tempat wisata Wonosobo tersebut.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama indah yang akan kamu jumpai. 

8. Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Tempat-Wisata-Wonosobo-Gardu-Pandang-Tieng-Wonosobo

Pemandangan sunrise di bukit Sikunir memang sangat menakjubkan, tapi akan lebih indah jika kamu bisa menikmatinya di Gardu Pandang Tieng Wonosobo. Keindahan matahari terbit terlihat seperti sejajar dengan posisi kamu di gardu tersebut.

Bahkan, terlihat awan putih bersih yang menambah keindahan dari sinar matahari di gardu pandang ini. Untuk melihat panorama matahari terbit ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 17 km dari Wonosobo.

Selain sunrise yang indah, kamu juga bisa menikmati pemandangan Sungai Serayu, pedesaan, dan perbukitan. 

9. Lobang Sewu

Tempat-Wisata-Wonosobo-Lobang-Sewu

Wisata Wonosobo terbaru yang berada di Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Setiap minggunya, paling tidak ada kurang lebih 10ribu wisatawan berkunjung ke Lobang Sewu untuk liburan.

Kawasan ini punya banyak lubang dari bebatuan yang terkikis secara fisika hingga terbentuk dinding seperti green canyon. Itulah mengapa penduduk setempat menyebut tempat wisata Wonosobo ini dengan sebutan lobang sewu atau lubang seribu.

Waktu paling tepat untuk menikmati pemandangan di kawasan ini adalah musim kemarau. Untuk memasuki objek wisata ini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja.

10. Telaga Merdada

Tempat-Wisata-Wonosobo-Telaga-Merdada

Pilihan objek wisata lain yang ada di Wonosobo adalah Telaga Merdada atau tepatnya berlokasi di Desa Karangtengah, Kec. Batur, Kab, Banjarnegara. Daya tarik telaga ini dapat terlihat dari bentuknya yang menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi.

Kaldera tersebut lalu tergenang air sehingga membentuk Telaga Merdada. Kamu bisa melihat kontur telaga dengan lebih jelas dari ketinggian jadi jangan lewatkan panorama menakjubkan dari telaga merdada ini.

11. Kebun Teh Tambi

Tempat-Wisata Wonosobo-Kebun-Teh-Tambi

Wonosobo juga memiliki agrowisata yang menarik, salah satunya adalah kebun teh Tambi yang berada di kecamatan Garung. Kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang hijau, udaranya pun bersih dan sangat sejuk.

Di sana, kamu bisa berwisata industri sambil melihat pengolahan pembuatan teh tambi. Agrowisata ini berada di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.200 sampai 2.000 mdpl dan suhu rata-ratanya 15 sampai 24 derajat Celcius.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian 1350 mdpl, tempat wisata Wonosobo ini sering diselimuti kabut. Jarak yang harus kamu tempuh untuk mencapai kebun teh tambi sekitar 16 km dari pusat kota.

12. Waduk Wadaslintang

Tempat-Wisata-Wonosobo-Waduk-Wadaslintang

Salah satu waduk terbesar di wilayah perbatasan Kebumen dan Wonosobo ini memiliki luas sekitar 3.000ha. Kamu akan disuguhkan keindahan alam yang mempesona dan tiket masuknya cukup murah, yakni Rp 4.000 per orang.

Ternyata, waduk yang berada di Kecamatan Wadaslintang ini bukan hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata Wonosobo, tapi juga sebagai irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan nila dan transportasi air.

Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan waduk sekaligus Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

13. Pemandian Air Panas Kalianget

Tempat-Wisata-Wonosobo-Pemandian-Air Panas-Kalianget

Objek wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah pemandian air panas Kalianget yang berlokasi di Jalan Dieng Km. 3 Kalianget. Taman olahraga dan rekreasi ini memiliki fasilitas yang lengkap.

Fasilitas tersebut antara lain lapangan bola, kolam renang, taman bermain, lapangan tenis, hutan kota dan pemandian air panas. Air dalam pemandian ini mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Kamu bisa menikmati air hangat yang bermanfaat untuk kulit, bahkan kamu bisa menghilangkan lelah dan menyegarkan badan saat berendam. Destinasi ini buka pukul 07.30 sampai 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

14. Telaga Warna

Tempat-Wisata-Wonosobo-Telaga-Warna

Kamu pasti tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini karena popularitas telaga warna sudah mencapai mancanegara. Menurut legenda, ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga dan akhirnya memberikan warna di permukaan air.

Namun, penjelasan ilmiah mengatakan jika warna pada telaga ini berasal dari proses pembiasan cahaya endapan belerang di dasar telaga. Warna air di tempat wisata Wonosobo didominasi dengan biru laut, hijau dan putih kekuningan.

Kandungan mineral dalam air telaga ini sangat tinggi sehingga warnanya bisa berubah sewaktu-waktu. Warna telaga akan terlihat lebih indah layaknya pelangi saat air telaga terkena cahaya matahari, apalagi setelah hujan turun.

15. Sumur Jalatunda

Tempat-Wisata-Wonosobo-Sumur-Jalatunda

Wonosobo juga memiliki destinasi wisata berupa Sumur Jalatunda yang berada di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara atau lebih tepatnya di perbatasan Banjarnegara-Wonosobo.

Tempat wisata Wonosobo selain Dieng ini berjarak kurang lebih 12 km di sebelah Barat lokasi utama wisata Dieng. Dulunya, sumur ini adalah ceruk rekahan kawah yang digenangi oleh air berkedalaman lebih dari 200 meter dan berdiameter 90 m.

Setelah itu, air menggenangi ceruk ini hingga membentuk seperti sumur dan inilah asal mula adanya Sumur Jalatunda.

16. Telaga Cebong Dieng

Tempat-Wisata-Wonosobo-Telaga-Cebong-Dieng

Masih ada tempat wisata terdekat yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Wonosobo, yakni Telaga Cebong Dieng. Telaga yang berlokasi di Desa Sembungan dan desa ini merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah jadi kamu bisa melihat pemandangan indah.

Telaga ini dikelilingi lahan pertanian milik penduduk setempat yang menambah keindahan telaga. Apalagi, telaga ini berada di ketinggian 2.300mdpl jadi lebih leluasa dalam melihat panorama di sekitarnya.

Bukan hanya area perkebunan hijau yang mempesona, tapi kamu juga dapat merasakan semilir angin sejuk di tempat wisata Wonosobo.

17. Goa Jaran

Tempat-Wisata-Wonosobo-Goa-Jaran

Bukan hanya curug, kamu juga bisa berkunjung ke tempat wisata terdekat lain, seperti goa jaran. Gua yang berada di dataran tinggi ini punya keunikan tersendiri, yakni bentuk mulut gua yang seperti kuda.

Bukan hanya mulut gua yang unik, gua ini juga menawarkan keindahan pemandangan dari stalagtit dan stalagmit di dalam gua. Jadi, kamu tidak akan merasa bosan saat berjalan menyusuri gua jaran.

Banyak spot foto menarik yang bisa kamu jumpai, tapi pastikan kamu tidak mengambil apapun di gua, selain gambar atau foto karena wisata Wonosobo terbaru 2021 ini masih berkaitan dengan cerita mistis yang dipercaya penduduk setempat.

18. Pendakian Gunung Prau

Tempat-Wisata-Wonosobo-Pendakian-Gunung-Prau

Jika kamu suka mendaki gunung, pendakian Gunung Prau yang ada di Wonosobo bisa menjadi pilihan. Wisata Wonosobo negeri di atas awan ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya anak-anak muda yang mendirikan tenda saat musim liburan.

Gunung Prau sering dikunjungi pendaki pemula karena ketinggian puncak yang terbilang lebih pendek daripada gunung lain, yakni di 2.565mdpl. Itulah mengapa tingkat kesulitan jalur pendakian gunung prau cukup mudah.

Di sini, kamu dapat menikmati keindahan sunset dan sunrise yang menakjubkan. Waktu paling tepat untuk berkunjung di tempat wisata Wonosobo ini adalah peralihan bulan Desember sampai April.

19. Candi Arjuna Dieng

Tempat-Wisata-Wonosobo-Candi-Arjuna-Dieng

Komplek candi arjuna masuk ke kawasan wisata Dieng atau tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara. Wisata Wonosobo dieng yang populer ini diyakini merupakan peninggalan hindu pada abad ke-7.

Menurut sejarah, candi ini ditemukan pada tahun 1814 oleh Van Kinsbergen, seorang tentara Inggris. Ada 5 candi yang terdapat di kompleks ini, yakni Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Semar dan Candi Arjuna.

Candi tempat wisata Wonosobo di sini punya model bangunan mengikuti bentuk candi di India dengan relief dan arca sebagai ciri khas.

20. Batu Ratapan Angin

Tempat-Wisata Wonosobo-Batu-Ratapan-Angin

Spot terbaik lain untuk melihat Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari ketinggian adalah batu ratapan angin. Untuk mencapai tempat wisata Wonosobo ini, kamu perlu tenaga ekstra karena letaknya agak tinggi.

Meski begitu, usaha yang dikeluarkan tidak akan sia-sia karena sesampainya di atas, kamu bisa melihat keindahan pemandangan sekitar dari ketinggian. Ada tumpukan dua bebatuan di atas bukit yang memudahkan untuk melihat panorama.

Menariknya, ada bebunyian yang dihasilkan dari pepohonan yang mengelilingi tumpukan batu. Itulah kenapa banyak wisatawan dan penduduk sekitar menyebut objek wisata instagramable ini dengan nama Batu Ratapan Angin.

Sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi memilih tempat wisata Wonosobo untuk menghabiskan waktu liburan. Buatlah agenda liburan untuk memanfaatkan waktu dengan baik jadi kamu bisa berkunjung ke beberapa objek wisata sekaligus.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.