Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pilihan Wisata Kaliurang Jogja 2022, Wisata Alam dengan Tampilan Baru

Wisata-Kaliurang-Jogja

Lereng pegunungan memang tempat yang cocok untuk berlibur. Udara sejuk, pemandangan indah, hingga suasana asri menjadi nilai tambah tersendiri. Tak terkecuali wisata Kaliurang Jogja 2022 yang ada di lereng gunung Merapi.

Walaupun sempat hancur karena terjangan erupsi Merapi, wajah wisata alam ini semakin menarik karena sudah dibenahi. Berkat polesan tangan warga sekitar yang kreatif, menghasilkan berbagai pilihan wisata Kaliurang Jogja 2022 yang menarik sebagai berikut.

Berbagai Pilihan Wisata Kaliurang Jogja 2022 yang Baru

Sempat lumpuh total beberapa waktu lalu, Kaliurang terus diperbaiki dari berbagai aspek agar pamornya kembali melejit. Dulunya, kawasan wisata ini memang sangat ramai pengunjung. Adapun pasca dibenahi, menghasilkan beberapa pilihan wisata baru seperti:

1.     The Lost World Castle

Aneka spot foto unik berupa kastil menjadi ciri khas tersendiri tempat wisata ini. uniknya, bahan utama pembuatan replika kastil ini dari sisa erupsi Merapi. Salah satu spot yang digemari wisatawan adalah Paradise Gate yang berlatar sayap. Selain itu, rumput hijau dan pohon sakura juga memiliki daya pikat tersendiri.

Ada pula replika kawasan Suku Indian yang sangat khas. Wisata yang ada di Desa Kepuharjo, Cangkringan ini juga menyediakan replika dinosaurus. Tiket masuknya cukup terjangkau sekitar Rp30.000, dengan jam buka pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

2.     Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu tempat wisata yang kaya prestasi. Tahun 2015 silam, National Geographic menobatkan kawasan wisata ini sebagai Museum Terbaik Indonesia. Secara review di Google pun memberikan banyak tanggapan positif dari para pengunjung.

Lokasinya di Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Yogyakarta. Hal yang membuat museum ini begitu menarik salah satunya peninggalan sejarah dan kebudayaan Keraton Yogyakarta dan Solo, dipamerkan secara lengkap. Selain itu, nuansa sejuk nan rindang khas pegunungan membuat pengunjung makin betah.

3.     Stonehenge Jogja

Tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat Stonehenge yang terkenal. Yogyakarta juga memiliki tempat wisata serupa yang lokasinya di Desa Cangkringan, Kaliurang. Penampangannya mirip keajaiban dunia di Inggris, dengan hamparan rumput hijau yang sangat asri.

Berfoto berlatar Stonehenge dan Gunung Merapi, menjadi kenangan indah tersendiri. Wisata Kaliurang Jogja 2022 terbaru ini memiliki tiket masuk cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp15.000 dengan jam buka setiap hari, dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

4.     Bukit Klangon

Bukit Klangon masuk ke kawasan wisata Kaliurang Jogja tahun 2022  dengan menghadirkan konsep kekinian. Terdapat sebuah gardu pandang setinggi 5 meter yang digunakan untuk menikmati pemandangan. Selain itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan gardu pandang ini sebagai tempat swafoto berlatar hamparan pepohonan.

Anda bisa datang saat matahari terbit untuk melihat indahnya siluet Gunung Merapi. Suasana berkabut ketika hari beranjak siang, semakin menambah indahnya suasana. Lokasi wisata kekinian ini ada di Dusun Kalitengah Lor, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

5.     New Taman Wisata Kaliurang

Taman wisata ini berada di kawasan Jalan Astomulyo, No.59, Area Hutan, Sleman Yogyakarta. Walaupun sempat tutup dan akhirnya direnovasi, tampilannya berubah menjadi sangat menarik. Nuansa sejuk khas pegunungan akan terasa saat memasuki area taman.

Wisata-Kaliurang-Jogja-2022

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sejumlah fasilitas menarik seperti; ayunan, perosotan, kolam renang, outbond, flying fox, dan masih banyak lagi. kawasan wisata di Desa Pakem ini, buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00. Indahnya wisata Kaliurang Jogja 2022 dan tiket masuk nya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp8.000.

Baca Juga : Wisata Magelang

Nah, itu dia berbagai pilihan wisata Kaliurang Jogja 2022 yang ternyata sudah banyak berbenah. Bagi yang ingin berkunjung ke berbagai tempat liburan tersebut, rencanakan dengan baik. Semoga liburan Anda dan keluarga lancar dan memberikan kesan berarti.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.