Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Wisata Pantai Gunung Kidul Wajib Dikunjungi

Pergi liburan adalah impian semua orang, termasuk wisata pantai Gunung Kidul yang begitu indah mempesona. Apalagi akhir-akhir ini Kita dianjurkan untuk sering berada di rumah, pasti sudah rindu pergi liburan dan jalan-jalan.

7 Wisata Pantai Gunung Kidul

Sebelum masa-masa liburan tiba, lebih baik cari tahu dulu berbagai destinasi wisata pantai jogja apa saja yang patut dikunjungi. Untuk wilayah Gunung Kidul Yogyakarta ada beberapa destinasi wisata pantai Gunung Kidul terbaru yang wajib banget dikunjungi.

1.    Pantai Sadeng

Pantai-Sadeng-Jogja

Destinasi pantai pertama yang wajib sekali dikunjungi saat berada di Gunung Kidul yaitu pantai Sadeng. Pemandangan di sana menjadi semakin lengkap dengan adanya lembah yang mengapit lokasi pantai

2.    Pantai Ngrumput

Pantai-Ngrumput-Jogja

Berikutnya pantai Ngrumput yang terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari. Keindahan pantai Ngrumput tak perlu diragukan lagi, pasirnya putih dan terdapat lahan hijau yang menyegarkan mata.

3.    Pantai Ngandong

Pantai-Ngandong-Jogja

Lanjut ke pantai Ngandong dengan jalur perjalanan yang cukup rumit karena harus melewati jalanan berbatu. Oleh karena itu wisata pantai Gunung Kidul yang satu ini jarang dikunjungi, namun karena sepi jadi seperti pantai pribadi.

4.    Pantai Wohkudu

Pantai-Wohkudu-Jogja

Bagi yang suka camping, Anda bisa berkunjung ke pantai Wohkudu yang diapit oleh dua bukit. Adanya bukit tersebut membuat air di pantai ini cukup tenang, namun tetap berhati-hati saat berenang karena ombaknya keras. Pantai ini berlokasi di Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul.

5.    Pantai Sedahan

Pantai-Sedahan-Jogja

Pantai ini berada di sebelah timur pantai Wediombo dan jalan masuknya juga jadi satu di sana. Pantai Sedahan ini menjadi lokasi langganan camping dan juga tempat favorit untuk memancing ikan.

6.    Pantai Nguyahan

Pantai-Nguyahan-Jogja

Di pantai ini dulunya digunakan sebagai tempat pembuatan garam, itulah sebabnya dinamakan pantai Nguyahan dari kata ‘uyah’ artinya garam. Pantai ini diapit oleh bukit karang di sebelah kanan dan kiri sehingga membuat pemandangan semakin eksotis.

7.    Pantai Sanglen

Pantai-Sanglen-Jogja

Masih ada satu pantai lagi sebagai rekomendasi wisata pantai Gunung Kidul yaitu pantai Sanglen dengan bentangan pantai yang panjang. Pantai ini tergolong masih sepi, namun memiliki pemandangan yang cantik dan instagramable dan bisa untuk tempat camping.

Tips Saat Pergi Wisata ke Pantai

Sebelum berkunjung ke berbagai tempat wisata pantai Gunung Kidul terbaik, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Pertama cari tahu informasi tentang wisata pantai Gunung Kidul yang hendak dikunjungi, meliputi jam buka, tarif, jalur, transportasi dan lain-lain
  2. Siapkan pakaian yang ringan dan tidak terlalu tebal karena udara di pantai cukup panas dan berangin, pakaian tebal juga bisa berat saat dipakai berenang
  3. Jangan lupa pakai perlindungan sinar matahari berupa sunscreen atau sunblock
  4. Jika ingin berjemur atau bermain di pantai, hindari jam siang hari karena matahari terlalu terik dan tidak baik untuk Anda
  5. Terakhir, jangan lupa mani atau bilas  setelah bermain di pantai karena air pantai atau pasirnya bisa menimbulkan gatal atau alergi dan lain-lain

Berlibur dan bermain di pantai bersama kawan atau keluarga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan. Namun, jangan lengah dan tetap waspada selama berlibur. Anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan menyiapkan semuanya sebelum melakukan perjalanan liburan.

Jangan lupa juga untuk mengecek mana saja wisata pantai Gunung Kidul yang sudah buka. Daripada sudah sampai di lokasi tujuan namun ternyata tempat wisatanya masih tutup.


Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.