Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun di Wonosobo: Keindahan Alam yang Wajib Dikunjungi

 

Apakah Anda menyukai wisata air? Nah, salah satu tempat favorit untuk menikmati wisata air selain pantai adalah air terjun. Kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi air terjun di Wonosobo yang wajib untuk dikunjungi.

Ada Apa di Wonosobo?

Jika Anda berencana untuk berlibur, wisata Wonosobo bisa menjadi salah satu pilihan. Wonosobo memiliki berbagai keindahan alam dan tempat wisata yang bisa Anda jelajahi dengan menyenangkan.

Anda bisa berkunjung ke wisata dieng Wonosobo yang sudah terkenal memiliki pemandangan yang mempesona. Anda tidak akan menyesal jika berkunjung kesana untuk melihat panorama alam yang mengagumkan.

Selain itu, Anda bisa mencoba mie ongklok Wonosobo yang menjadi salah satu kuliner khas Wonosobo yang perlu dicoba. Jadi, jangan ragu untuk segera merencanakan liburan Anda ke Wonosobo untuk menikmati kuliner khas kota tersebut.

Hal yang tidak kalah menyenangkan dari tempat wisata di Wonosobo adalah air terjun di Wonosobo. Air terjun menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang ke Wonosobo. Yuk, segera rencanakan liburan Anda ke Wonosobo.

Pentingnya Berlibur ke Air Terjun

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, maka pilihan terbaik adalah air terjun. Anda bisa merasakan petualangan yang seru saat menuju lokasi air terjun yang biasanya akan melewati hutan. Hal ini akan memberikan kesan berpetualang yang menyenangkan.

Wonosobo merupakan salah satu wilayah yang menawarkan wisata air terjun yang indah dan mempesona. Anda tidak akan kecewa melihat pemandangan air terjun yang disuguhkan oleh alam Wonosobo.

Beberapa alasan penting mengapa Anda perlu berkunjung ke air terjun di Wonosobo, sebagai berikut:

1. Petualangan

Biasanya jika Anda ingin melihat pemandangan air terjun yang menakjubkan, maka Anda perlu melakukan petualangan yang menyenangkan. Dalam artian, Anda perlu melewati jalanan di tengah hutan untuk menuju ke air terjun.

Hal ini disebabkan karena lokasi air terjun biasanya berada di tengah hutan. Sehingga tidak bisa dicapai dengan kendaraan. Nah, untuk sampai ke lokasi Anda perlu berjalan kaki. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda karena bisa berolahraga sambil berpetualang.

2. Pemandangan yang Indah

Salah satu hal yang membuat orang tertarik untuk datang ke Air Terjun adalah pemandangannya yang indah. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Suara air terjun yang menenangkan akan membuat Anda merasa lebih bahagia,

Berkunjung ke air terjun di Wonosobo akan membantu Anda menghilangkan kepenatan. Khusus bagi pecinta alam, air terjun bisa menjadi suatu hal yang wajib untuk dikunjungi. Anda bisa melihat pemandangan dan menenangkan diri di sana.

3. Udara yang Segar

Berkunjung ke tempat wisata air terjun di Wonosobo dapat memberikan udara yang sejuk dan sehat. Udara segar khas alam yang hijau membuat Anda merasa lebih lega. Anda bisa menikmati udara segar sambil menghilangkan penat.

Sehingga momen liburan Anda bisa menjadi hal yang menyenangkan dan menyehatkan. Tubuh Anda bisa menjadi lebih segar setelah liburan dan siap untuk bekerja kembali.

Rekomendasi Air Terjun di Wonosobo yang Wajib Diketahui

Jika Anda sudah berada di Wonosobo, silakan untuk mencari air terjun terdekat dari lokasi Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memilih wisata air terjun mana yang ingin Anda kunjungi.

Beberapa rekomendasi air terjun di Wonosobo yang wajib untuk Anda ketahui, sebagai berikut:

1.  Air Terjun Tritis Surga Bidadari

Air Terjun Tritis Surga Bidadari

Salah satu rekomendasi air terjun yang bisa Anda kunjungi adalah air terjun Tritis Surga Bidadari. Air terjun ini berlokasi di Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Anda bisa berkunjung ke sana dari pukul 08.00 sampai 17.00.

Anda tidak perlu membayar untuk berkunjung ke air terjun yang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah ini. Anda bisa menghabiskan waktu untuk bermain air dan mengambil foto untuk memenuhi sosial media Anda.

2. Air Terjun Curug Winong Wonosobo

Air Terjun Curug Winong Wonosobo

Rekomendasi selanjutnya adalah air terjun Curug Winong Wonosobo. Lokasi air terjun ini di Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 1000. Kunjungan bisa dilakukan pada pukul 08.00-17.00.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang jernih dengan dinding batu yang hitam. Udara yang sejuk akan menciptakan kenyamanan untuk Anda. Akses menuju air terjun ini tergolong aman, sehingga Anda bisa menikmati perjalanan Anda dengan nyaman.

3. Air Terjun Cilaka-Sependok

Air Terjun Cilaka Sependok

Air terjun menawan lainnya yang ada di Wonosobo dan bisa Anda kunjungi adalah air terjun Cilaka-Sependok. Air terjun ini terletak di Sembungan, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Anda tidak dikenai biaya untuk masuk ke air terjun ini.

Kunjungan bisa dilakukan pukul 08.00-17.00. Anda akan menikmati pemandangan air terjung dari kejauhan karena belum ada akses menuju air terjun secara langsung. Tetapi, pemandangan yang akan Anda lihat dari kejauhan itu tidak akan mengecewakan mata Anda.

Baca Juga : Gunung-Gunung Wonosobo

4. Air Terjun Sigludug Wonosobo

Air Terjun Sigludug Wonosobo

Sebelum Anda melakukan wisata kuliner di Wonosobo, maka Anda bisa berkunjung ke air terjun Sigludug Wonosobo. Lokasinya berada di Dusun Lamuk, Desa Hutan, Kalidesel, Watumalang, Kabupaten Wonosobo. Jawa Tengah.

Harga tiket masuk ke wisata air terjun ini sebesar Rp 7000. Anda bisa berkunjung pada pukul 07.00 -17.00. Akses untuk menuju air terjun memiliki pemandangan yang indah, namun Anda perlu berhati-hati di musim penghujan karena banyak bebatuan yang licin.

Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah di tebing bebatuan. Selain itu, Anda bisa melakukan swafoto untuk kebutuhan sosial media Anda. Bahkan, Anda bisa merasakan air terjun yang dingin dan menyejukkan mata.

5. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim

Selanjutnya, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Sikarim. Lokasi air terjun ini di Kampung Apuy, Argamukti, Argapura. Anda perlu membayar Rp 5.000 untuk masuk ke lokasi air terjun. Anda bisa berkunjung dari pukul 07.00 – 16.00.

Anda bisa bersantai dengan keluarga sambil melihat pemandangan yang menyejukkan mata. Selain itu, jika Anda tidak ingin turun langsung untuk melihat pemandangan air terjun Sikarim, maka Anda bisa melihatnya dari jalanan.

Jika Anda ingin turun tidak masalah karena akses menuju air terjun tidak sulit. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah selama perjalanan menuju air terjun. Anda akan mendapatkan sensasi petualangan yang menyenangkan.

Selain itu, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan alamnya yang indah. Anda bisa mengambil foto untuk mengabadikan momen berkunjung ke air terjun yang indah ini.

Demikianlah, pembahasan mengenai air terjun di Wonosobo yang perlu Anda ketahui. Hal ini akan memberikan pengalaman liburan yang seru bagi Anda yang berlibur di Wonosobo. Selamat berlibur ke air terjun.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.