Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkunjung ke Berbagai Tempat Wisata Alam Magelang

Magelang terletak di provinsi Jawa Tengah dan merupakan lokasi keberadaan Candi Borobudur yang masuk dalam 7 keajaiban dunia. Namun bukan hanya itu, di Magelang juga masih banyak sekali destinasi wisata yang mempesona dan wajib dikunjungi.

Mengunjungi Tempat Wisata Alam Magelang

Memang tidak banyak wisata alam Magelang yang sudah dibuka, namun Anda bisa cari info dulu sebelum pergi berlibur ke sana. Jika Anda suka bepergian atau berwisata ke alam, berikut in beberapa rekomendasi wisata alam di Magelang yang patut dikunjungi.

1.    Wisata Alam Gunung Andong

Gunung-Andong-Magelang

Tempat wisata alam Magelang yang satu ini terletak di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di sini merupakan salah satu tempat asyik buat camping. Dengan tiket sekitar 20 ribu per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam di Gunung Andong.

2.    Wisata Alam Gardu Pandang Silancur

Gardu-Pandang-Silancur-Magelang

Tempat wisata alam Magelang yang selanjutnya merupakan sebuah gardu pandang yang mampu menampilkan pemandangan pegunungan yang eksotis. Di sini Anda akan menemukan banyak spot foto yang cantik dan instagramable. Harga tiketnya Cuma 10 ribuan, di dalam juga ada café dan penginapan.

3.    Wisata Alam Punthuk Setumbu

Punthuk-Setumbu-Magelang

Nah, kalau wisata alam Magelang terbaru yang bisa dikunjungi yaitu punthuk setumbu. Ini merupakan spot yang bisa dikunjungi untuk melihat keindahan candi Borobudur. Di sini Anda dapat melihat golden sunrise hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

4.    Wisata Alam Curug Silawe

Curug-Silawe-Magelang

Nah, selanjutnya ada tempat wisata alam Magelang yang segar banget yaitu Curug Silawe atau Air Terjun Silawe. Di area wisata Curug Silawe, Anda juga bisa menemukan Curug Sigong yang berdekatan, jadi bisa ke dua tempat sekaligus. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di sebelah selatan Gunung Sumbing yaitu di Desa Sutopati, Kecamatan Karojan, Kabupaten Magelang.

Berburu Kuliner di Magelang

Berwisata bukan hanya pergi ke pantai/gunung dan tempat wisata alam Magelang lainnya, berburu kuliner juga bisa jadi wisata yang seru. Kira-kira di Magelang ada wisata kuliner apa saja ya yang menarik dan menari ciri khas di sana?

·         Buntil Daun Talas

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibungkus dengan daun talas. Namun umumnya di daerah-daerah lain, buntil dibungkus dengan daun pepaya. Sedangkan isian di dalamnya diisi dengan parutan kelapa, udang rebon dan juga pete.

·         Jemunak

Makanan yang satu ini merupakan jajanan yang biasanya muncul saat bulan puasa. Jemunak terbuat dari singkong, beras ketan, gula merah dan kelapa dengan cita rasa kenyal dan manis.

·         Sego Godok

Sego godok merupakan nasi yang di godok atau dimasak dengan cara direbus bersama bumbu dan rempah sedap. Hidangan ini cocok banget disantap setelah puas berkunjung ke tempat wisata alam Magelang.

·         Bledrang

Kalau kuliner yang satu ini merupakan bubur nasi yang diolah dengan kuah berisi daging ayam atau sapi. Hidangan ini biasanya muncul saat bulan ramadan dan banyak ditemui di daerah Muntilan.

·         Gudeg Poncol

Nah, gudeg sendiri merupakan makanan khas daerah Jawa Tengah. Kalau di Magelang namanya gudeg poncol dengan bahan dasar nangka dan suwir ayam. Untuk menambah cita rasa, biasanya gudeg juga disajikan bersama telur, ceker atau kepala ayam, tahu bacem, sambal dan lainnya.

Selain itu, masih banyak sekali wisata alam Magelang dan sekitarnya terbaru untuk dikunjungi serta kuliner yang bisa dinikmati. Liburan pun menjadi semakin lengkap dengan kunjungan ke tempat wisata dan berburu kuliner di Magelang.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.