Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Camping Di Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Lagi Hits, Memangnya Bisa?

Jika Anda berlibur ke daerah Gunung Kidul Yogyakarta pasti akan menemukan beragam spot wisata menarik. Selain itu, banyak juga tersedia spot camping di beberapa tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits.

Camping Ground di Gunung Kidul Yogyakarta

Belakangan ini aktivitas camping menjadi cukup populer di Indonesia. Hal ini juga disambut hangat oleh berbagi tempat wisata yang menyediakan camping ground. Di Gunung Kidul sendiri ada beberapa wisata dengan camping ground terbaik, antara lain:

1.    Pantai Wohudu

Pantai Wohudu

Beberapa orang mungkin lebih suka kemah atau camping di hutan, namun di wisata Gunung Kidul banyak spot camping justru di pantai. Spot pertama yaitu Pantai Wohudu, tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits yang satu ini lokasinya cukup tersembunyi dan diapit oleh dua tebing karang. Lokasinya masih lumayan sepi pengunjung, namun cukup luas dan muat hingga 100 tenda.

2.    Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Selanjutnya pantai Kesirat, untuk camping ground yang tersedia berada di tebing pantai. Lokasi ini termasuk cukup sering digunakan sebagai tempat camping karena tersedia fasilitas camping yang lengkap. Terdapat fasilitas parkir, toilet, gazebo dan warung makan juga sehingga nyaman bagi pengunjung. Bukan hanya fasilitas yang lengkap, pemandangan di pantai ini juga sangat menakjubkan.

3.    Pantai Siung

Pantai Siung

Camping ground lainnya juga bisa ditemukan di Pantai Siung yang berlokasi di daerah Purwodadi. Ini termasuk tempat wisata gunung kidul yang lagi hits 2021 yang terkenal hingga ke manca negara. Di sini juga terdapat bukit sunset di area bukitnya, Anda pun bisa camping di area pantai maupun di area bukit.

4.    Puncak Kosakora

Lokasi camping yang satu ini berada di kawasan pantai Ngrumput tetapi lebih ke atas. Di puncak tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits ini Anda bisa melihat sunset atau matahari tenggelam sambil menikmati keindahan pantai Ngrumput. Namun lokasinya berada di bukit dan jauh dari fasilitas pantai, juga masih jarang warung. Jadi, sebelum camping bawalah persiapan yang lengkap.

Selain itu masih banyak destinasi wisata pantai lainnya yang bisa dikunjungi selain untuk camping. Beberapa di antaranya termasuk wilayah tempat wisata di gunung kidul yang lagi hits antara lain pantai Wediombo, pantai Nglambor, pantai Baron dan lain-lain.

Tips-tips Saat Pergi Camping

Camping atau kemah di tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits memang sangat seru dan menyenangkan, namun harus dilakukan dengan penuh persiapan. Jika tidak, mungkin Anda akan kerepotan sendiri karena kurangnya persiapan. Belum lagi di lokasi camping belum tentu tersedia fasilitas yang lengkap. Nah, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin pergi camping.

  1. Tentukan lokasi camping dengan mempertimbangkan bawaan Anda, jika ingin yang praktis bisa ke tempat camping yang fasilitasnya lengkap.
  2. Ajak teman atau keluarga saat camping supaya lebih seru dan bisa bekerja bersama saat membangun kemah atau memasak dan lain-lain.
  3. Ketahui ilmu dasar membangun kemah, termasuk ketinggian kemah yang pas supaya kuat dan tidak mudah diterpa angin.
  4. Bawalah peralatan masak dan perlengkapan makan serta peralatan penerangan seperti senter dan korek api.
  5. Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi termasuk sleeping bag dan selimut supaya tidak kedinginan di malam hari.

Berlibur adalah hal yang menyenangkan dan asyik dilakukan bersama-sama, seperti camping yang umumnya bersama 3-4 orang. Selain camping di pantai juga banyak tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits yang tak kalah keren dijadikan destinasi liburan. Tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits selain pantai yaitu taman bunga Nawari, Goa Jomblang, cave tubing Kalisuci, Hutan Wanagam dan masih banyak lagi.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.