Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Dieng Wonosobo, Cocok untuk Libur Panjang


Libur panjang akan segera tiba. Tidak ada salahnya untuk kamu mulai memilih destinasi wisata dari sekarang juga. Salah satunya adalah Dieng yang terletak di Kota Wonosobo, kota yang terkenal dengan julukan negeri di atas awan. Lalu, apa saja destinasi Dieng Wonosobo?

Terkenal akan daerah dataran tinggi yang asri dan sejuk, Dieng, Jawa Tengah sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata alam. Dari mulai telaga, candi, gunung, dan berbagai jenis wisata alam yang lain.

Untuk lebih jelasnya, inilah destinasi Dieng Wonosobo yang bisa kamu kunjungi!

Telaga

Jika ada yang bertanya Dieng terkenal dengan apa, maka telaga adalah salah satu jawabannya. Jenis destinasi yang satu ini sangat wajib untuk kamu kunjungi. Hal ini karena Dieng memiliki berbagai telaga indah yang sayang untuk kamu lewatkan.

Keindahannya akan membuat kamu memiliki momen dan pengalaman yang tidak terlupakan. Maka dari itu, destinasi Dieng Wonosobo yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Ada beberapa telaga yang bisa kamu kunjungi di Wonosobo, berikut adalah daftarnya!

1. Telaga Pengilon

Destinasi-Dieng-Wonosobo-Telaga-Pengilon

Sebagai salah satu destinasi wisata andalan Dieng, Telaga Pengilon menawarkan keindahan yang seakan tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, air telaga ini terkenal sangat jernih dan indah. Sehingga, tempat wisata ini sangat cocok untuk healing dan tempat kamu bersua foto.

Untuk mencapai objek wisata yang satu ini, kamu memerlukan waktu sekitar 30 menit. Jika ada pertanyaan, dari Wonosobo ke Dieng naik apa, jawabannya adalah dengan menggunakan bus jurusan Wonosobo-Batur, taksi, atau ojek.

Syarat masuk wisata Dieng yang satu ini adalah dengan membayar tiket seharga 22 ribuan saja. Ini sudah termasuk asuransi wisata. Selain itu, kamu juga bisa langsung menikmati keindahan telaga lainnya, yaitu Telaga Warna.

2.  Telaga Warna

Destinasi-Dieng-Wonosobo-Telaga-Warna

Memiliki keindahan yang tidak kalah dari Telaga Pengilon, Telaga Warna juga sangat worth it untuk kamu kunjungi. Destinasi Dieng Wonosobo yang satu ini terkenal bisa berubah warna, sehingga objek wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Telaga ini dapat berubah warna menjadi biru, hijau, kuning, dan kemerahan karena belerang yang terkandung di dalamnya. Di sini, kamu bisa healing dan melakukan hunting foto disaat yang bersamaan. Sehingga akan sayang jika kamu melewatkannya.

Untuk harga, telaga ini mematok tiket seharga 22 ribu saja. Tiket ini sudah termasuk tiket Telaga Pengilon, sehingga kamu bisa menikmati dua keindahan telaga sekaligus dengan hanya membayar satu tiket saja.

3. Telaga Merdada

Destinasi-Dieng-Wonosobo-Telaga-Merdada

Sebagai telaga terluas di Dieng, keindahan telaga ini akan memanjakan mata kamu. Terletak di antara dua bukit, yaitu bukit Pangonan dan bukit Sumurup, objek wisata yang satu ini sangat pas kamu jadikan tempat untuk merefresh pikiran.

Harganya pun sangat ramah untuk kantong wisatawan. Dengan hanya membayar tiket 5000 saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan destinasi Dieng Wonosobo yang satu ini.

Wisata Pendakian

Selain telaga, gunung dan bukit juga merupakan tempat wisata Wonosobo yang wajib kamu kunjungi ketika datang ke Dieng. Keindahannya sudah tidak perlu kamu ragukan. Karena, seperti yang kamu tau, julukan Dieng Wonosobo negeri di atas awan itu benar adanya.

Jika kamu ingin menemukan salju, kamu bisa mencoba melakukan pendakian di beberapa gunung di Dieng. Kamu pasti bertanya-tanya, salju di Dieng bulan apa? Jawabannya adalah di bulan Juli hingga September, meskipun terkadang fenomena ini terjadi sejak bulan Juni.

Lalu, gunung apa saja yang bisa kamu kunjungi?

1. Gunung Prau

Destinasi-Dieng-Wonosobo-Gunung-Prau

Untuk melihat Wonosobo bak negeri di atas awan, kamu bisa mendaki Gunung Prau. Karena, ketika mencapai puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan awan  yang indah. Tempat ini sangat pas untuk kamu menikmati matahari terbit dan terbenam.

Apabila kamu ingin melakukan pendakian di Gunung Prau, kamu perlu membayar tiket dengan harga 15 ribuan. Ada baiknya jika kamu melakukan pendakian di musim kemarau agar jalur pendakian tidak licin.

2. Bukit Sikunir

Destinasi-Dieng-Wonosobo-bukit sikunir-wonosobo

Apabila kamu ingin melakukan pendakian yang tidak terlalu jauh, maka bukit Sikunir adalah tempatnya. Dari sini, kamu dapat menikmati keindahan Dieng hanya dengan melakukan pendakian selama setengah hingga satu jam saja.

Selain itu, di bukit ini kamu juga bisa menikmati keindahan sunrise. Kemudian, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Sindoro, Merapi, dan Sumbing. Hal ini menjadikan Bukit Sikunir sebagai salah satu destinasi Dieng Wonosobo favorit wisatawan.

Candi-Candi

Apabila kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang sarat akan sejarah, maka candi adalah jawabannya. Peninggalan kerajaan-kerajaan nusantara di masa lampau ini sangat cocok untuk kamu jadikan destinasi wisata ketika mengunjungi Dieng.

Ada beberapa pilihan candi yang bisa kamu kunjungi. Berikut adalah daftarnya!

1. Candi Arjuna

Tempat-Wisata-Wonosobo-Candi-Arjuna-Dieng

Salah satu candi peninggalan sejarah yang wajib kamu kunjungi adalah Candi Arjuna. Candi ini memiliki area yang luas, dan masih aktif masyarakat gunakan untuk keperluan keagamaan bagi umat Hindu.

Selain pagi, siang, dan sore hari, Candi Arjuna juga dapat kamu kunjungi sebagai objek wisata malam Dieng. Walaupun candi ini memiliki jam operasional hingga pukul lima, kamu masih boleh mengunjunginya ketika malam tiba.

2. Candi Dwarawati

Destinasi-Dieng-Wonosobo-Candi-Dwarawati

Jika kamu ingin menemukan hidden gem, maka kamu bisa mengunjungi Candi Dwarawati. Nama candi ini memang tidak sering terdengar seperti destinasi candi di Wonosobo yang lain. Namun, keindahannya masih tetap bisa bersaing.

Nama candi ini jarang terdengar karena akses yang sulit terjangkau. Kamu perlu melewati pemukiman masyarakat sekitar dan juga ladang kentang untuk mencapainya.

3. Candi Bima

Destinasi-Dieng-Wonosobo-Candi-Bima

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi Candi Bima. Candi ini merupakan candi tertinggi di Dieng dengan arsitektur yang mirip dengan candi-candi di India. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan destinasi Dieng Wonosobo yang lain.

Selain lokasinya yang strategis, Candi Bima juga sangat mudah untuk kamu jangkau. Kamu bisa mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Area parkir candi ini juga sangat luas, sehingga pas sebagai wisata keluarga.

Baca Juga : 11 Rekomendasi Wisata Kuliner Wonosobo

Kesimpulan

Itulah beberapa destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi ketika kamu sedang berada di Dieng Wonosobo. Terdapat telaga, tempat pendakian, candi, dan wisata alam lain yang sangat worth it untuk kamu kunjungi. Terlebih, ketika kamu sedang ingin healing.

Untuk mengunjungi beberapa destinasi tadi, kamu bisa menghabiskan beberapa malam di Kota Wonosobo. Kamu dapat bermalam di hotel di Dieng Wonosobo dan menikmati keindahan negeri di atas awan ini dengan lebih lama lagi.

Destinasi Dieng Wonosobo sangat beragam, sehingga kamu tidak akan cepat bosan. Maka dari itu, Dieng adalah salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk kamu pilih sebagai tempat kamu menghabiskan libur panjang. Selamat berlibur!

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.