Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikut Yuk! Main Ke 7 Obyek Wisata Salatiga Paling Populer

Banyak orang penasaran ingin mengunjungi obyek wisata Salatiga saat musim liburan tiba, kira-kira wisata apa saja yang menjadi rekomendasi? Kota Salatiga sendiri berlokasi di sebelah Jogja, Banyumas dan sekitarnya. Jadi, lebih banyak tempat wisata bernuansa alam di sana.

7 Destinasi Obyek Wisata Salatiga Populer

Ada banyak sekali destinasi wisata di Salatiga yang bisa dikunjungi, juga berbagai jenis kuliner yang patut dicoba. Nah, untuk wisatanya sendiri berikut beberapa rekomendasi wisata populer yang patut dikunjungi.

1.    Rawa Pening

Rawa-Pening-Salatiga

Destinasi wisata pertama yaitu Rawa Pening yang merupakan hamparan perairan yang dipenuhi tanaman eceng gondok. Di sini Anda bisa menjelajah dengan perahu kecil untuk melihat keindahan alam juga mengambil beberapa foto.

2.    Gunung Telomoyo

Gunung-Telomoyo-Salatiga

Lanjut ke daerah obyek wisata Salatiga yang lebih tinggi Anda bisa jalan-jalan ke Gunung Telomoyo dan menikmati pemandangan dari atas gunung. Di sini juga menjadi tempat landasan paralayang sehingga akses jalan menuju ke sini cukup mudah.

3.    Gunung Merbabu

Gunung-Merbabu-Salatiga

Berikutnya ada wisata Gunung Merbabu yang menjadi langganan tempat camping. Dari sini Anda juga bisa melihat keindahan Gunung Merapi, hamparan kota Salatiga, Danau Rawa Pening dan lain-lain. Di pendakian Gunung Merbabu juga ada wisata lain bernama Bukit Harapan Cuntel, yaitu lokasi perkebunan warna dengan pemandangan pedesaan.

4.    Puncak Kenteng Songo

Puncak-Kenteng-Songo

Masih di obyek wisata Salatiga, Anda juga bisa main ke Puncak Kenteng Songo yang merupakan puncak tertinggi Gunung Merbabu. Puncak ini juga disebut sebagai negeri awan dan pemandangannya sangat indah di atas sana.

5.    Umbul Sidomukti

Wisata yang satu ini berada di ketinggian 1200 mdpl dan termasuk yang paling ekstrim di Jawa Tengah. Di sini Anda bisa bermain flying fox atau camping. Selain itu, wisata ini juga cocok untuk keluarga walau hanya untuk liburan dan bersantai.

6.    Wisata Kopeng

Di sekitaran Salatiga Anda juga bisa menemukan wisata Kopeng yang memiliki beragam wahana seru. Anda akan menemukan hutan pinus, camping ground, kolam renang, wahana outbound, flying fox dan juga paintball. Kopeng Paintball termasuk tempat wisata salatiga terbaru yang banyak diminati kaum muda.

7.    Arrowhead Park

Selanjutnya jangan lupa jalan-jalan dan main ke wisata berkuda di Jawa Tengah yang bernama Arrowhead Park. Di sini Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan desa yang eksotis dan berbagai pilihan kuliner khas Salatiga.

Tempat Wisata Salatiga 2021, Taman Bermain Asyik

Selanjutnya, dekat dengan obyek wisata Salatiga juga ada wisata keluarga yang patut dikunjungi yaitu Saloka Park. Wisata ini berlokasi di Jalan Fatmawati No. 154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Konsepnya seperti Dufan atau Jatim Park dan di sini ada banyak sekali permainan yang bisa dicoba, antara lain:

  1. Roller Coaster : dinamakan wahana ‘Lika Liku’
  2. Ferris Wheel : bianglala setinggi 33 meter dengan nama lain ‘Wahana Cakrawala’ dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Rawa Pening
  3. Wahana Paku Bumi : dimainkan secara melingkar lalu penumpang akan naik turun dengan kecepatan tertentu
  4. Wahana Carousel : komedi putar dengan kursi terbang yang menggantung
  5. Lumbung Ilmu Galileo : wahana edukasi yang berisi replika atau miniatur benda langit

Selain itu masih banyak sekali wahana lainnya yang patut dicoba saat berkunjung ke sini, juga ke berbagai obyek wisata salatiga terbaru. Lokasinya juga luas sekali yaitu sekitar 18 hektar, jadi pasti sangat menyenangkan dan memuaskan bermain dengan keluarga dan sahabat.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.