Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lho Wisata Puncak Terbaik di Jawa Barat

Berkunjung ke Jawa Barat rasanya belum lengkap jika belum mampir jalan-jalan ke wisata puncak Bogor dan sekitarnya. Jawa Barat sendiri memang terkenal dengan wisata alam yang bagus dan udara yang begitu sejuk. Banyak orang berkunjung ke sana untuk pergi ke puncak menikmati keindahan alam untuk meredakan stress dan istirahat sejenak dari kesibukan.

Wisata Puncak di Sekitar Jawa Barat

Jawa Barat dikelilingi oleh pegunungan, tak heran jika kawasannya sangat sejuk dan pemandangannya begitu eksotik. Berikut beberapa rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi untuk melepas penat.

1.    Puncak Padalarang, Stone Garden

Puncak Padalarang, Stone Garden

Sesuai dengan namanya, Anda akan menemukan banyak bebatuan di daerah ini. Lokasinya berada di Gunung Masigit, Cipatat dan Stone Garden ini merupakan wisata alami yang merupakan bekas danau zaman purba. Pemandangan hamparan taman batu ini menjadi semakin estetik ketika pagi atau sore hari yaitu saat sunrise dan sunset.

2.    Puncak Gunung Patuha, Kawah Putih

Puncak Gunung Patuha, Kawah Putih

Wisata puncak selanjutnya berada di Gunung Patuha yaitu Kawah Putih yang begitu terkenal hingga pernah dijadikan sebagai lokasi pembuatan film. Kawah Putih merupakan sebuah danau dengan kabut di atasnya sehingga nuansanya berwarna putih-putih. Selam perjalanan menuju ke Kawah Putih, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan kebun teh tua.

3.    Puncak di Purwakarta, Alam Panenjoan

Puncak di Purwakarta, Alam Panenjoan

Lanjut ke Purwakarta ada wisata puncak murah yang terletak di Desa Sindang Panon. Di sini, pengelola tempat wisata menyediakan semacam balkon dari kayu yang muat hingga 40 orang. Dari balkon tersebut Anda bisa menikmati pemandangan perkebunan teh dan juga sunset di sore hari. Tempat wisata yang satu ini berjarak sekitar 17 km dari pusat Purwakarta.

4.    Puncak Gunung Pancar di Bogor

Puncak Gunung Pancar di Bogor

Ada wisata puncak Bogor terbaru yang mulai populer di kalangan anak muda yaitu puncak Gunung Pancar di daerah Citeureup. Puncak Gunung Pancar menawarkan wisata pinus yang instagramable dan juga terdapat pemandian alam. Aktivitas yang bisa dilakukan meliputi berkemah, bersepeda, jalan-jalan, olahraga, foto-foto, naik kuda dan mandi di pemandian alam.

5.    Puncak Bogor, D’Jungle Private Camp

Puncak Bogor, D’Jungle Private Camp

Selain di Gunung Pancar, ada juga tempat camping yang seru di Puncak Bogor yaitu wisata puncak D’Jungle Private Camp. Berkemah di sini super simpel karena tidak perlu membawa perlengkapan sendiri, sudah ada di lokasi. Jadi hanya perlu datang ke lokasi dan membawa perlengkapan pribadi. Di sana sudah tersedia tenda kemah, api unggun dan berbagai perlengkapan camping lainnya.

Masih banyak sekali wisata di puncak yang bisa dikunjungi. Wisata tersebut meliputi Cimory Riverside, Telaga Warna di Puncak Cisarua, Paragliding Bukit Gantole, Taman Riung Gunung dan lain-lain.

Tips Berlibur di Daerah Puncak

Wisata puncak menjadi wisata favorit bagi semua orang dan lokasi tersebut pasti akan penuh dengan wisatawan saat akhir pekan. Nah, agar liburan Anda semakin lancar dan nyaman lakukanlah beberapa tips berikut ini.

  1. Liburan akhir pekan pasti akan ramai pengunjung, jadi usahakan berangkat pagi-pagi untuk menghindari macet
  2. Ketahui jalur perjalanan menuju kawasan wisata daerah puncak karena biasanya terdapat sistem buka tutup satu arah
  3. Akan lebih baik jika Anda pesan hotel atau penginapan terlebih dahulu karena kemungkinan besar lokasi wisata di puncak sudah penuh dipesan

Nah, itulah informasi menarik seputar wisata puncak dan juga tips-tips yang bisa dilakukan sebelum pergi berlibur. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan patuh protokol kesehatan agar semua sehat dan bahagia.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.