Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Air Terjun Di Tawangmangu

Tawangmangu adalah salah satu kecamatan di kabupaten Karanganyar tepatnya di Jawa Tengah. Kecamatan Tawangmangu cukup terkenal di kalangan traveler atau orang – orang yang memiliki hobi jalan – jalan untuk healing atau menghabiskan waktu liburan. Karena di Tawangmangu, Kamu bisa menikmati wisata alam yang sejuk dan menenangkan.

Wisata alam yang sangat terkenal dari kecamatan ini adalah Air terjun di Tawangmangu. Tahukah kamu bahwa Tawangmangu terletak di lereng gunung Lawu? Letak kecamatan Tawangmangu inilah yang menyebabkan Tawangmangu menjadi kecamatan yang sejuk dan memiliki spot wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah.

tawangmangu-air-terjun

Air Terjun Di Tawangmangu

Dari beberapa air terjun, kira – kira 4 air terjun inilah yang wajib kamu kunjungi saat liburan atau healing di Air terjun di Tawangmangu.

 

1. Grujugan Sewu

Salah satu objek wisata alam yang sangat tekenal dari kecamatan Tawangmangu adalah air terjun Grujugan Sewu. Air terun Grujugan Sewu terkenal dengan pemandangannya yang indah saat musim hujan, karena di musim hujan, air terjun di Grujugan Sewu akan mengalir dengan deras.

Selain karena keindahan alamnya, air terjun Grujugan Sewu juga terkenal dengan mitos yang menarik pasangan muda datang kemari yaitu mitos bahwa siapa saja pasangan kekasih yang berani melewati jembatan di depan air terjun Grujugan Sewu, maka pasangan tersebut akan langgeng hingga sampai ke pelaminan.

 

2. Pringgodani

Konon katanya, air terjun Pringgodani sering digunakan untuk bertapa sehingga pengunjung yang kemari bisa mencoba hal yang sama untuk menenangkan diri. Air terjun Pringgodani tidak kalah indahnya dengan air terjun Grujugan Sewu, tebing air terjun Pringgodani juga lebih tinggi daripada air terjun Grujugan Sewu

 

3. Jumog

Air terjun Jumog sempat menyandang julukan “Surga yang Hilang”. Hal ini dikarenakan air terjun Jumog sempat tidak diketahui ada di Tawangmangu. Singkatnya ai terjun Jumog ditemukan oleh warga se tempat yang melakukan gotong royong untuk membuka jalan ke air terjun Jumog dengan cara membersihkan semak belukar. Julukan 

“Surga yang Hilang” adalah julukan yang diberikan karena setelah gotong royong membuka jalan, warga se tempat menemukan air terjun Jumog yang indah ini.

 

4. Jurang Sundo

Air terjun Jurang Sundo ini baru saja diresmikan menjadi objek wisata Tawangmangu dan masih dalam tahap pengembangan oleh pemerintah se tempat agar menjadi objek wisata air terjun yang dapat dengan nyaman dinikmati oleh pengunjung. Namun meski masih dalam tahap pengembangan, tetap banyak pengunjung yang datang kemari untuk melihat air terjun Jurang Sundo yang jernih.

Itulah 4 Air terjun di Tawangmangu yang bisa kamu kunjungi saat jalan – jalan ke Jawa Tengah. Air terjun dikenal dengan objek wisata yang dapat membawa ketenangan bagi pengunjung yang menyaksikan, tampaknya hal tersebut benar karena cukup banyak pengunjung yang datang. Yuk, kunjungi wisata Tawangmangu terbaru.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.