Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan-Jalan Menikmati Keindahan Wisata Magelang Yang Sudah Dibuka

Magelang merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Tengah dan termasuk yang paling sering dikunjungi wisatawan. Mendengar kata Magelang pasti semua langsung ingat dengan candi Borobudur. Padahal, masih banyak sekali destinasi wisata Magelang yang sudah dibuka yang tak kalah keren dan patut dikunjungi.

Beragam Destinasi Wisata di Magelang

Magelang umumnya menjadi destinasi wisata untuk study tour mengunjungi candi-candi bersejarah. Namun, selain untuk belajar juga banyak wisata seru lainnya seperti di bawah ini.

1.    Punthuk Setumbu

Punthuk-Setumbu-Magelang

Lokasi: Jl. Borobudur, Ngadiharjo, Kuruhan, Karangrejo, Magelang

Harga Tiket: 20.000 sampai 50.000

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke puncak, mka Punthuk Setumbu menjadi rekomendasi pertama yang bisa dikunjungi. Wisata yang satu ini sudah cukup terkenal dan dari puncaknya Anda juga bisa melihat candi Borobudur. Tempat ini sempat menjadi salah satu wisata Magelang yang sudah dibuka viral pada masanya.

2.    Bukit Grenden

Lokasi: Desa Pologan, Kel. Pakis, Magelang, Jawa Tengah

Harga Tiket: 7.500 sampai 12.500

Destinasi wisata Magelang yang sudah dibuka yang satu ini merupakan titik awal pendakian yang dekat dengan puncak Merbabu. Di sini terdapat hutan pinus yang rimbun dan sejuk, juga tersedia berbagai spot foto menarik yang bisa dicoba.

3.    Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur

Lokasi: Dadapan, Desa Mangli, Kec. Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah

Harga Tiket: 5.000

Pemandangan matahari terbit atau sunrise yang menakjubkan bisa Anda lihat dibalik Gunung Merbabu. Salah satu spot yang bisa dikunjungi untuk melihat sunrise adalah Gardu Pandang Silancur. Selain itu, dari sini juga terlihat keindahan kota Magelang. Anda pasti akan betah berada di sini dari pagi hingga sore menjelang malam. Ini juga menjadi salah satu tempat wisata alam Magelang.

4.    Lereng Merbabu

Lokasi: Desa Pogolan, Kec. Pakis, Magelang, Jawa Tengah

Harga Tiket: 3.000 sampai 10.000

Sesuai dengan namanya, lokasi wisata Magelang yang sudah dibuka yang satu ini berada di lereng Gunung Merbabu dan dimanfaatkan untuk spot-spot foto. Di sini ada berbagai macam spot foto seperti ayunan, panggung, rumah kayu, menara pohon dan lain-lain. Selain itu masih banyak wisata Magelang yang sudah dibuka muntilan dan di lokasi lain yang patut dikunjungi.

5.    Sendang Mudal

Lokasi: Dusun Butuh Kulon, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

Harga Tiket: 5.000

Berikutnya ada sendang Mudal atau sebuah telaga yang airnya sangat jernih sehingga sering dikunjungi wisatawan. Kedalamannya hanya sekitar pinggang orang dewasa dan di sini biasanya banyak yang foto-foto. Selain itu, di lokasi lain di Magelang juga ada wisata yang hampir sama yaitu sendang Marem. Keduanya memang bukan wisata Magelang yang sudah dibuka terbaru, namun hingga kini masih ramai dikunjungi.

Tips Jalan-Jalan ke Tempat Wisata Magelang Yang Sudah Dibuka

Bagi yang belum tahu, Magelang sendiri dibagi menjadi tiga kecamatan yaitu Magelang Utara, Magelang Selatan dan Magelang Tengah. Jika ingin berlibur ke sana, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Tentukan dulu destinasi liburan yang ingin dikunjungi secara detail.
  2. Ketahui transportasi dan cara menuju kesana serta tentukan juga akan menggunakan kendaraan pribadi, umum atau menyewa.
  3. Pesan tiket pesawat dan penginapan jauh-jauh hari sebelumnya, jika memungkinkan juga bisa pesan tiket masuk tempat wisata.
  4. Jika pergi ke daerah dataran tinggi, sebaiknya siapkan jaket atau baju hangat.
  5. Ketahui juga nomor darurat atau nomor penting seperti Polres dan Rumah Sakit terdekat.

Nah, itu saja informasi seputar tempat wisata Magelang yang sudah dibuka dan tips yang bisa Anda terapkan ketika berlibur. Selamat berlibur dan jangan lupa jaga protokol kesehatan supaya aktivitas liburan aman dan menyenangkan.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.