Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Wisata Bukit Sikunir Wonosobo Dieng

 

Wisata Bukit Sikunir Wonosobo Dieng

Wisata bukit Sikunir Wonosobo Dieng merupakan salah satu objek wisata dataran tinggi yang layak dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Bukit Sikunir ini memiliki keindahan yang memukau sehingga menjadi incaran para wisatawan.

Bagaimana pemandangan di bukit Sikunir? Salah satu keindahan yang menjadi incaran para wisatawan yaitu, Golden Sunrise yang sangat fenomenal. Anda dapat menikmati keindahan Golden Sunrise di puncak Sikunir.

Letak Wisata Bukit Sikunir Wonosobo

ketinggian bukit sikunir dieng wonosobo yaitu 2.263 mdpl atau berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Lebih tepatnya berada di bagian timur Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Lokasi Bukit Sikunir yang berada di desa yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa ini sehingga memungkinkan para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dengan leluasa.

Keindahan Wisata Bukit Sikunir Wonosobo

Pada bagian kaki bukit ini terdapat Telaga Cebong yang memiliki keindahan dengan menawarkan kejernihan airnya. Namun, akan lebih indah lagi apabila Anda menikmati keindahan Telaga Cebong dari puncak Bukit Sikunir.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Bukit Sikunir ini memiliki daya tarik yang berupa Golden Sunrise. Bahkan Golden Sunrise di Bukit Sikunir ini digadang-gadang salah satu spot terindah se-Asia Tenggara.

Untuk menikmati Golden Sunrise di Bukit Sikunir Dieng dengan warna jingga keemasan di langit fajar beserta gunung-gunung tinggi yang diselimuti oleh kabut, Anda dapat mengunjungi Bukit Sikunir musim kemarau, yaitu pada bulan Juli-Oktober.

Tidak jarang muncul dan terdengar suara decak kagum yang diiringi dengan suara jepretan kamera oleh para pengunjung yang mengiringi detik-detik munculnya matahari. Tidak heran jika para pecinta fotografi memburu fenomena Golden Sunrise tersebut.

Meski Anda dapat mengunjungi Bukit Sikunir ini kapan saja, namun waktu yang paling tepat adalah pada bulan Juli hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut jarang sekali terjadi cuaca mendung dan terjadi kabut tebal.

Namun, jika Anda berkunjung pada bulan November hingga Februari bukit akan diselimuti oleh kabut dan juga awan yang tebal., sehingga sunrise akan tertutup oleh kabut. Meski demikian hal tersebut tetap mampu menciptakan yang sangat indah. Bahkan bisa muncul salju di Dieng.

Adanya gradasi warna mendung yang gelap dan dipadu dengan dengan warna jingga keemasan akan menciptakan keindahan bagi beberapa orang. Bahkan tidak jarang hal tersebut akan memunculkan pelangi sebelum turunya gerimis atau hujan.

Selain pada bulan-bulan tersebut Anda juga dapat berkunjung pada bulan-bulan yang mendekati kemarau, yaitu pada bulan Maret hingga Juni. Pada bulan-bulan ini sunrise akan ditutupi oleh awan dan juga kabut yang tipis.

Keindahan yang tidak kalah memukau adalah adanya lukisan gunung-gunung yang diselimuti oleh kabut tipis dan sinari oleh sunrise tentu akan membuat suasana menjadi semakin indah.

Jadi, untuk mendapatkan karakter keindahan, Anda dapat mengunjungi objek wisata satu ini pada bulan-bulan tertentu.

Akses Jalan dan Biaya Masuk wisata Bukit Sikunir

Jalan menuju Bukit Sikunir Dieng ini dapat ditempuh dengan cukup mudah. untuk menuju lokasi wisata, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan kendaraan sewaan seperti ojek.

Jarak antara kota Wonosobo menuju Dieng membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Berjarak sekitar 4 km diambil dari dataran tinggi Dieng menuju jalur Desa Sembungan dengan akses jalan yang berkelok-kelok atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Untuk memasuki wisata Bukit Sikunir Wonosobo ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Biaya ke Sikunir yaitu sebesar Rp 5.000 untuk satu orang.

Jadi itu adalah penjelasan mengenai wisata bukit sikunir wonosobo. Cukup menarik bukan? Semoga informasi kali ini bermanfaat ya!

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.