Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Minuman Khas Wonosobo dan Makanannya yang Lezat

Minuman Khas Wonosobo

Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Wonosobo, jangan lupa untuk mencoba minuman khas Wonosobo yang menggugah selera. Daerah yang satu ini memang dikenal memiliki banyak makanan serta minuman khas tradisional yang enak.

Wonosobo sendiri merupakan salah satu daerah yang memiliki pesona alam menarik serta menjadi salah satu target traveling oleh banyak wisatawan. Mungkin ada juga tertarik atau pernah berwisata ke Wonosobo ini? Kalau begitu, wajib coba minuman khas Wonosobo.

Daftar Minuman Wonosobo yang Enak

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak ikut mencicipi makanan atau minuman tradisional dari suatu daerah yang kita kunjungi. Bagi Anda yang berencana atau sedang berada di Wonosobo, jangan lewatkan untuk mencicip minuman tradisional berikut ini:

1. Purwaceng

Purwaceng adalah minuman herbal dari Wonosobo memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Selain rasanya yang unik, minuman tradisional ini juga sangat menyehatkan untuk tubuh kita. Adapun, bentuk dari minuman ini yaitu dikemas seperti teh bubuk.

Purwaceng juga menjadi minuman khas Wonosobo yang menjadi incaran bagi para wisatawan. Jadi, Anda bisa meminum Purwaceng untuk mendapatkan manfaat kesehatan juga. Khasiat utamanya yaitu untuk kesehatan vitalitas pria.

2. Teh Tambi

Minuman khas asal Wonosobo yang berikutnya yaitu Teh Tambi. Minuman ini aromanya wangi melati dan juga bisa dinikmati sebagai minuman panas dan minuman dingin yang disajikan dengan es.

Karena masih merupakan minuman herbal maka teh tambi juga akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Aroma khas dari teh tambi yaitu aroma melati seperti teh hijau. Minuman ini juga cocok untuk Anda yang sedang ingin diet karena dapat mengontrol nafsu makan.

3. Jus Terong Belanda

Terong Belanda adalah salah satu buah khas yang tumbuh di perkebunan Wonosobo. Tidak semua daerah bisa menanam terong belanda sehingga buah ini menjadi buah khas Wonosobo yang cukup unik. Menariknya, buah ini juga cocok dijadikan minuman.

Anda bisa mengolah terong belanda menjadi minuman dingin, jus, sirup, hingga minuman yang lezat. Selain itu Anda juga bisa menjadikan terong Belanda sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

 

Makanan Tradisional Khas Wonosobo

Tak lengkap rasanya jika hanya mengetahui minuman tradisional khas Wonosobo saja. Kota ini juga memiliki beragam makanan khas tradisional yang tak kalah unik dan lezatnya. Berikut rekomendasi beberapa makanan tradisional Wonosobo:

1. Sagon

Sagon adalah salah satu makanan tradisional asal Wonosobo yang berbentuk kue. Kue sagon terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan gula dan parutan kelapa. Rasanya juga lezat karena dipadukan antara manis dan gurih.

Makanan tradisional yang satu ini cukup mudah untuk ditemukan dan banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Uniknya, kue sagon juga dibuat secara tradisional dengan dibakar menggunakan arang dan kayu bakar.

2. Geblek

Tak banyak yang mengetahui tentang geblek karena makanan tradisional ini hanya bisa ditemukan jika Anda berwisatake Wonosobo. Sebetulnya, makanan tradisional merupakan jenis kue yang terbuat dari aci atau sagu.

Namun, teksturnya cukup unik dan berbeda dengan tekstur kue pada umumnya. Yaitu, tekstur alot tetapi dapat membuat banyak orang ketagihan dan ingin selalu memakannya. Banyak juga wisatawan yang selalu memburu makanan ini untuk dimakan langsung.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Penutup

Itulah rekomendasi beberapa makanan dan minuman khas Wonosobo yang perlu Anda coba. Kota Wonosobo memang tak hanya memiliki keindahan wisata alamnya saja, tetapi juga memiliki banyak makanan dan minuman yang lezat.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.