Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Wisata Sejarah Wonosobo dari Candi hingga Museum

 

Apakah Anda menyukai wisata sejarah? Jika Anda berkunjung ke suatu daerah pastikan Anda mengetahui sejarahnya. Kali ini kita akan membahas wisata sejarah Wonosobo yang wajib untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Wonosobo.

Rencana Liburan ke Wonosobo

Wisata-Sejarah-di-Wonosobo

Jawa Tengah merupakan daerah di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang menarik. Anda bisa melakukan berbagai jenis wisata mulai dari wisata kuliner, wisata hiburan, wisata alam, hingga wisata sejarah yang menarik untuk diketahui.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Wonosobo, jangan lupa untuk berkunjung ke wisata sejarah Wonosobo. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menambah pengetahuan Anda tentang sejarah di Indonesia.

Selain itu, Anda bisa mempelajari budaya masa lalu yang masih ditemukan buktinya sampai hari ini. Jadi, pastikan Anda membuat rencana untuk liburan ke Wonosobo dan jangan sampai ketinggalan berkunjung ke wisata sejarah Wonosobo.

Manfaat Berkunjung ke Wisata Sejarah

Sejarah merupakan hal yang penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang ingin mengetahui tentang identitas bangsa dan budaya masa lalu. Sejarah tidak boleh dilupakan karena memiliki jasa yang besar untuk mengantarkan peradaban baru.

Tahukan Anda bahwa apa yang terjadi saat ini sudah pernah dilakukan di masa lalu? Hal ini bisa saja terjadi karena sejarah memiliki kemampuan untuk terjadi kembali. Sehingga, Anda perlu mengetahui tentang sejarah supaya bisa menghadapi kehidupan sekarang.

Salah satu tempat yang menyimpan banyak sejarah suatu daerah adalah museum. Anda bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi museum yang ada di tempat liburan Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui sejarah yang berkembang di daerah tersebut.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan wisata sejarah, sebagai berikut:

1. Menambah Pengetahuan

Anda bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah jika berkunjung ke tempat wisata sejarah. Sehingga, Anda bisa memupuk rasa memiliki dan menghargai budaya masa lalu. Hal ini akan membuat Anda semakin menyadari bahwa sejarah memiliki nilai penting.

Selain itu, pengetahuan mengenai sejarah dapat memberikan nilai tambah bagi Anda. Hal ini akan membuat Anda terlihat keren karena mengetahui sejarah suatu tempat dan bisa membagikannya dengan orang lain.

2. Mengetahui Tinggalan Masa Lalu

Anda bisa mengetahui dan melihat langsung tinggalan masa lalu yang masih ada sampai hari ini. Misalnya, Anda bisa melihat candi, artefak, fitur, dan sebagainya yang bisa menjadi wakil dari kehidupan masa lalu.

Hal ini penting untuk Anda ketahui untuk mempelajari budaya masyarakat masa lalu. Sehingga, Anda bisa mengetahui perkembangan budaya yang bisa dibandingkan dengan perkembangan budaya pada masa kini.

Rekomendasi Wisata Sejarah Wonosobo yang Perlu Anda Kunjungi

Wonosobo memiliki berbagai wisata sejarah yang wajib untuk Anda kunjungi. Terdapat beberapa wisata sejarah Wonosobo yang perlu untuk diketahui, sebagai berikut:

1. Dieng Plateau

Berkunjung ke Wonosobo salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Dieng Plateau. Tempat ini memiliki pemandangan yang menakjubkan yang berada di dataran tinggi. Anda bisa melihat pemandangan yang indah mulai dari pegunungan hingga percandian.

Dataran Tinggi Dieng memiliki pesona yang memukau Anda bisa berkunjung ke telaga yang berada di kawasan tersebut. Anda bisa berkunjung ke Telaga Warna yang memiliki air yang berwarna-warni. Selain itu, ada Telaga Pengilon yang airnya jernih seperti cermin.

Bahkan, Anda akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan hijau yang memukau dan menyejukkan mata. Sehingga wisata Dieng menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Wonosobo.

Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa Candi tinggalan Hindu yang ada di kawasan Dieng. Sehingga, Anda bisa belajar mengenai sejarah di sana. Jangan lupa untuk mengambil foto saat Anda berkunjung ke sana, ya.

2. Candi Arjuna

Foto Candi Arjuna

Salah satu wisata sejarah Wonosobo yang perlu Anda kunjungi adalah Candi Arjuna. Candi ini merupakan tinggalan Hindu yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Komplek Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektar. Anda bisa melihat lima bangunan candi di kawasan ini yaitu Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembrada, dan Candi Arjuna.

Sejarah Candi Arjuna yaitu diperkirakan merupakan tinggalan dari Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Sehingga, Anda akan melihat berbagai ornamen khas Hindu pada candi. Selain itu, ornamen yang ditemukan pada candi masih dipengaruhi oleh gaya khas India.

Candi ini pertama kali ditemukan oleh Theodorf Van Elf, seorang tentara Belanda pada abad 18. Candi Arjuna Dieng wajib untuk Anda kunjungi jika ingin menambah pengetahuan mengenai sejarah dan kebudayaan masa lalu.

Anda akan disuguhkan dengan bangunan candi yang megah. Anda bisa mengambil foto supaya bisa mengenang momen berkunjung ke Candi Arjuna di Dieng.

3. Candi Setyaki

wisata-sejarah-Wonosobo-Candi-Setyaki

Jika Anda sudah berkunjung ke wisata Candi Arjuna, maka jangan sampai melewatkan kunjungan ke Candi Setyaki. Lokasinya berdekatan dengan Candi Arjuna sehingga Anda harus meluangkan waktu untuk mengunjunginya.

Candi Setyaki terdiri dari dua bangunan, tetapi Anda hanya bisa melihat satu bangunan saja yang masih berbentuk candi. Sedangkan, yang lainnya hanya dasar bangunan. Candi ini dibangun untuk penghormatan kepada Dewa Siwa.

Pembangunan Candi Setyaki diperkirakan pada masa yang sama dengan Candi Arjuna karena memiliki kemiripan bentuk dan ornamen. Selain itu, lokasinya juga berdekatan sehingga kemungkinan besar pembangunannya dilakukan pada waktu yang bersamaan.

4. Museum Kailasa

wisata-sejarah-Wonosobo-Museum-Kailasa

Jika ingin berkunjung ke wisata sejarah Wonosobo, pastikan Anda tidak melewatkan kunjungan ke Museum Dieng Kailasa. Museum ini masih terletak di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Letaknya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Museum ini menyimpan berbagai macam tinggalan dan catatan yang berhubungan dengan Dieng. Anda bisa belajar mengenai sejarah Dieng, catatan kehidupan masyarakatnya, kebudayaan, hingga kepercayaan di masa lalu.

Jika Anda sudah berkunjung ke Candi Arjuna, maka di museum ini Anda bisa melihat berbagai tinggalan Arca yang merupakan bagian dari candi-candi yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Anda bisa melihat arca, makara, atap candi, lingga, yoni, dan nandi. Anda bisa mengetahui berbagai tinggalan Arkeologi yang masih ditemukan di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Sehingga, wajib bagi Anda untuk melakukan kunjungan ke Museum Kailasa.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui sejarah terbentuknya Dataran Tinggi Dieng yang muncul setelah letusan Gunung Prahu Tua. Bahkan, Anda bisa mengetahui tradisi yang ada di Dieng dengan lengkap jika berkunjung ke Museum Kailasa.

Sehingga, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar mengenai sejarah Dieng dan tinggalannya di Museum Kailasa. Anda harus meluangkan waktu Anda untuk berkunjung ke sana.

Demikianlah, pembahasan mengenai wisata sejarah Wonosobo yang perlu diketahui. Pastikan Anda tidak melewatkan wisata sejarah saat berkunjung ke Wonosobo.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.