Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Wisata Tawangmangu Yang Ada di Alam

Tawangmangu merupakan kabupaten yang terletak di kota Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Tawangmangu menjadi salah satu pilihan ketika Anda ingin menikmati suasana udara di pegunungan yang sejuk dan dingin. Salah satu lokasi yang paling terkenal yang ada di Tawangmangu adalah lereng barat dari gunung Lawu.

Bukan hanya itu saja Tawangmangu juga dikelilingi oleh hutan dan juga perbukitan sehingga nantinya Anda dapat menikmati indahnya pemandangan yang di tempat tersebut. Tidak heran bila banyak wisatawan lokal atau dari berbagai mancanegara yang mengunjungi ke berbagai wisata Tawangmangu terbaru yang ada di Kabupaten Karanganyar tersebut.

Kali ini kita akan merekomendasikan obyek wisata Tawangmangu terbaru yang nantinya bisa Anda jadikan pilihan bila ingin berlibur dan mengunjungi daerah dengan suasana pegunungan yang asri. Karena terletak di dataran yang sangat tinggi, wisata Tawangmangu begitu kental dengan sebuah keindahan alam, misalnya seperti gunung, perbukitan, sawah pertanian maupun berbagai air terjun.

Wisata-Tawangmangu

Rekomendasi Wisata Alam yang Ada di Tawangmangu

Tempat wisata Tawangmangu terbaru ini pastinya dapat dijadikan tempat Anda untuk menenangkan diri dari berbagai keramaian kota. Berikut ini adalah rekomendasi lebih lengkapnya.

 

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu ini letaknya berada di antara 3 kabupaten yaitu Karanganyar, Ngawi dan juga Magetan. Gunung yang satu ini mempunyai ketinggian 3.265 mdpl dan juga mempunyai 3 pegunungan yang bernama Hargo Dalem, Hargo Dumilah dan juga Hargo Dumiling. Pada lereng gunung itu mempunyai begitu banyak objek untuk melakukan atraksi seperti Telaga Sarangan yang menjadi salah satu wisata unggulan di Tawangmangu.

Berada pada puncak gunung Lawu sehingga Anda akan merasa layaknya berada di daratan yang ada di atas awan. Berdasarkan kepercayaan warga yang ada di gunung Lawu yang masih saja dilakukan sampai sekarang ini adalah sebuah ritual di malam tanggal satu suro. Jika Anda ingin mendaki gunung Lawu, maka pastikan bila keadaan Anda sangat sehat dan mempunyai stamina yang kuat.

Karena jalan yang akan dilewati cukup sulit dan juga untuk bisa membawa berbagai barang yang nantinya dibutuhkan. Pendakian ini bisa dilakukan pada dua tempat, yaitu Cemorosewu di Sarangan dan Cemoroandang yang ada di Tawangmangu.

 

2. Air Terjun Tawangmangu Gerojogan

Air terjun di Tawangmangu Gerojogan Sewu ini berlokasi di lereng gunung Lawu, jaraknya sekitar 27 km sebelah Timur dari pusat kotanya Karanganyar. Agar bisa mencapai lokasi tersebut, Anda bisa memakai bus yang berasal dari Solo menuju Tawangmangu dengan biaya Rp 10.000. Selanjutnya, Anda dapat berjalan kaki kurang lebih satu kilometer hingga tujuan. Jika Anda tidak ingin berjalan kaki, maka bisa memakai angkutan umum dari terminal Tawangmangu.

Gerojogan sewu atau air terjun 1000 itu berarti satuan jarak yang memang digunakan untuk bisa mengukur dari ketinggian air terjun. Ada beberapa titik dari air terjun yang ada di sekitar Gerojogan Jahitan dan juga air terjun paling tinggi mempunyai ketinggian 81 meter. Harga tiket masuknya sendiri untuk air terjun ini adalah Rp 6000,-. Tidak hanya air terjun saja tetapi tempat ini juga memiliki wisata kolam renang, taman satwa hutan, toko, tempat suvenir dan tempat untuk ibadah.

Makanan khas yang berasal dari tempat yang satu ini adalah sate kelinci dan juga sate ayam. Selain itu, tempat ini juga mempunyai yang namanya flying fox, jembatan gantung beserta gazebo.

 

3. Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning ini adalah salah satu obyek wisata Tawangmangu terbaru 2022 yang berlokasi di lereng Gunung Lawu. Biasanya suhu yang ada di kebun teh ini kurang lebih 21,5°C dan akan dibuka mulai dari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Bila Anda inginkan masuk ke dalam wisata di Tawangmangu terbaru ini tidak akan dipungut biaya apa pun. Namun, Anda nantinya harus tetap mengeluarkan uang bila ingin menggunakan fasilitas yang ada di dalamnya.

Ada beberapa wahana yang akan disediakan antara lain adalah, flaying fox, paint ball, berenang, susur sungai dan juga menunggang kuda. Jika Anda ingin bermalam maka akan ada rekomendasi hotel bagus di Tawangmangu yang nantinya akan disediakan untuk Anda dan bisa pilih.

 

4. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro menjadi salah satu lokasi wisata baru di Tawangmangu ini berlokasi di Karanganyar. Berada di bawah kaki Gunung Lawu lebih tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Banyak sekali keindahan pohon yang tinggi dengan suasana yang sangat dingin khas pegunungan.

Lokasi ini merupakan daerah pelestarian alam yang memiliki koleksi satwa-satwa alami dan juga yang bukan alami. Biasanya digunakan untuk kepentingan umum dan tujuan penelitian, pendidikan dan juga pengetahuan. Bukan hanya itu saja, Tahura ini juga dijadikan sebagai salah satu fasilitas yang bisa untuk menunjang dalam budidaya, budaya, rekreasi dan pariwisata.

 

5. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani ini merupakan salah satu objek wisata Tawangmangu yang juga dapat Anda kunjungi. Lokasinya ini terletak di desa Blumbang yang memiliki jarak kurang lebih 4 km yang berasal dari terminal bus Tawangmangu. Pringgodani ini adalah sebuah tempat yang dipakai oleh orang – orang untuk bertapa sehingga air terjun ini disebut dengan pertapaan Pringgodani.

Air Terjun ini memiliki ketinggian 100 meter dan air terjun satu ini berasal dari danau Pringgosari. Agar bisa menuju ke tempat tersebut, membutuhkan tenaga yang baik karena perjalanannya kurang lebih 2 km. Rute yang dilewati juga tidak biasa karena harus terlebih dahulu melewati hutan dan jalan curam yang cukup menantang di saat musim panas.

Selama perjalanan ini Anda bisa melihat berbagai macam pemandangan yang cukup fantastis seperti kebun wortel, bawang dan juga kubis. Pada bagian sebelah barat, Anda bisa melihat pedesaan di Karanganyar dan gunung berapi. Pada bagian timur terdapat air terjun yang sangat indah untuk mata.

 

6. Air Terjun Jumong

Air terjun Jumong ini terletak di desa Berjo, Karanganyar berjarak kurang lebih 40 km dari pusatnya kota Solo ke arah Tawangmangu. Air terjun yang satu ini berada di ketinggian 25 – 30 meter. Air terjun ini juga dikenal dengan nama”surga yang hilang” karena terkadang akan ad sebuah pelangi yang melintas pada tempat tersebut.

Selain itu banyak sekali fasilitas yang akan disediakan di antara lai  adalah sebuah gazebo untuk digunakan beristirahat, kolam renang, permainan untuk anak, dan juga tempat makan. Jika Anda berasal dari luar kota maka tidak usah khawatir untuk menginap dimana karena ada banyak sekali penginapan di sekitar Tawangmangu dan juga daftar hotel Tawangmangu yang nantinya biasa Anda singgahi bersama anggota keluarga.

Itulah beberapa rekomendasi wisata yang ada di Tawangmangu yang bisa untuk Anda coba bersama anggota keluarga, teman untuk mengisi liburan atau hanya sekedar menghilangkan penat saja pada diri Anda.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.