Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Tawangmangu Terbaru yang Wajib Banget Dikunjungi

Jadwal liburan panjang sebentar lagi tiba, jangan lupa list liburan yang ingin kamu kunjungi. Tempat liburan paling asyik salah satunya di Jawa Tengah, selain terkenal dengan kotanya yang ramah juga terkenal kulinernya, wisatanya, dan budayanya.

Dari puluhan wisata yang ada di Jawa Tengah, terasa kurang lengkap jika belum datang ke tempat wisata Tawangmangu yang berada di kaki gunung Lawu di sebelah barat, kabupaten Karanganyar. Suasananya masih sejuk, bersih, dan menawarkan beragam keindahan alam yang sayang untuk kamu lewatkan.

Wisata-Tawangmangu-Terbaru
Wisata Tawangmangu Terbaru

Berikut ini beberapa tempat wisata Tawangmangu terbaru yang rekomended untuk kamu yang sedang berkunjung ke Jawa Tengah:

 1. Wisata Sakura Hills

Salah satu tempat wisata Tawangmangu terbaru yaitu Sakura Hills yang menawarkan konsep wisata seperti negeri Jepang dengan panorama Gunung Lawu. Wisata tersebut berasa di jalan Tawangmangu, Magetan.

Para wisatawan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya dengan pohon-pohon sakura dan berlatarkan gunung Lawu, serta dilengkapi dengan bangunan-bangunan khas Jepang yang unik dan ikronik, seperti super camp, forest canopy, taman Jepang dan taman sakura.

Dengan keunikannya, tempat wisata ini cocok dijadikan spot foto yang sangat instagrameable, seperti Takeshi Castle, gerbang Torii Path, hingga Samurai Park. Harga tiket Sakura Hills Tawangmangu untuk orang dewasa kisaran Rp.20.000 perorangnya dan untuk anak-anak sekitar Rp. 15.000. Namun, harga tiket masuk Sakura Hills Tawangmangu di akhir pekan akan berbeda, untuk tiket orang dewasa sebesar Rp.25.000, dan anak-anak masih sama Rp.15.000.

Para wisatawan yang datang ke tempat wisata Sakura Hills ini biasanya menaiki jeep yang sudah tersedia di sana untuk sekedar berkeliling ke Sakura Hills ataupun ingin merasakan bermalam disana dengan suasana yang sejuk dan hijau.

 2. Wisata The Lawu Park

Objek wisata di Tawangmangu selanjutnya dinamakan The Lawu Park yaitu wisata alam yang memberikan keindahan berupa hutan pinus dan beberapa wahana yang keren dan menarik. Lokasi wisata ini berada di Bulakrejo, Godosuli Kidul, Tawangmangu.

Beberapa wahana yang dimaksud, seperti flying fox, camping, 3D Cinema, ATV, trail adventure dan wisata jeep Tawangmangu. Spot foto yang sangat menarik, salah satunya adalah The Lawu Park dengan pemandangan yang berupa pegunungan dan juga hutan pinus yang sangat indah menyejukkan mata yang memandang.

Obyek wisata ini memberikan fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, restauran, lahan parkir, mushola bahkan penginapan. Bahkan kamu bisa menyewa Tawangmangu villa yang tersedia di kawasan Tawangmangu yang menawarkan harga yang terjangkau dan bersih dan nyaman untuk bermalam di sana.

Para wisatawan yang berkunjung ke sana dikenai tiket masuk sebesar Rp. 20.000 untuk orang dewasa dan Rp.10.000 untuk anak-anak, namun biaya tiket masih belum termasuk untuk masuk ke wahana.

 3. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata ini berada di jalan Sekipan, Kramat, Tawangmangu yang cocok untuk dikunjungi keluarga. Tempat wisata ini merupakan rekreasi Tawangmangu yang menyediakan berbagai macam wahana permainan dan spot foto yang menarik dan unik.

Beberapa wahana diantaranya miniatur kapal Titanic, miniatur ikon dunia, area hantu, jembatan goyang, studio foto, mini coaster, dan juga area outbond. Di area wisata Bukit Sekipan ini juga menyediakan hotel keluarga di Tawangmangu, villa, cottage Jepang, small room, serta Titanic room.

Harga tiket masuk wisata bukit sekipan sekitar Rp. 50.000, namun belum termasuk tiket memasuki wahana. Selanjutnya, untuk tiket yang lain dikenai biaya sebesar Rp. 100.000 namun sudah termasuk tiket dalam memasuki wahana.

Wisata Bukit Sekipan ini buka setiap hari, senin-jum’at pada jam 08.00-17.00 WIB, sedangkan pada hari sabtu-minggu buka pukul 08.00-18.00 WIB.

 4. Wisata Taman Balekambang

Wisata ini sangat terkenal dengan spot fotonya yang sangat instagramable dengan menyediakan suasana seperti layaknya sedang berkeliling dunia. New Balekambang Tawangmangu mempunyai banyak spot foto yang instagramable dan menarik, seperti landmark dunia, 3D art studio, dan juga patung-patung raksasa. Wisata Taman Balekambang ini juga menawarkan wahana permainan yang keren seperti outbond dan waterboom.

Para wisatawan yang ingin memasuki wisata tersebut dikenakan biaya sebesar Rp.20.000 per orangnya. Namun, untuk bisa menikmati wahana, kamu dikenakan biaya tambahan sebesar  Rp. 5.000 sampai Rp.30.000.

 5. Wisata Kedung Sriti

Wisata Kedung Sriti ini adalah wisata air terjun yang masih terlihat asri dan sangat sejuk, dikarenakan air terjun tersebut dikelilingi oleh pepohonan, dengan ketinggian mencapai 10 meter dapat mengalir dengan jernih dan sangat deras. Wisata air terjun kedung sriti ini berada di antara dusun Plalar desa Tengklik dan dusun Pancot desa Kalisoro, Tawangmangu.

Jika kamu ingin mengunjungi wisata kedung sriti diperlukan kehati-hatian dalam menelusuri jalan setapak yang disampingnya terdapat jurang . Selain itu, para pengunjung atau wisatawan dilarang untuk menjaga keseharian dan kelestarian yang ada di kedung sriti.

 6. Wisata Bukit Mongkrang

Wisata bukit Mongkrang merupakan wisata yang cocok untuk kamu yang suka mendaki. Lokasi bukit Mongkrang ini berada di sebelah selatan gunung Lawu, di desa Gondosuli, Tawangmangu. Bukit Mongrang ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk kamu jadikan sebagai spot foto instagramable yang menarik, selain itu tersedia hamparan padang ilalang yang sangat luas dan banyak buru untuk berfoto.

Wisata ini juga menjadi salah satu wisata Tawangmangu malam hari, kamu bisa berkemah di sana dengan mendirikan tenda sembari menikmati sejuknya udara dan matahari yang terbit di pagi hari. Para wisatawan yang berkunjung ke sana akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000, sedangkan untuk kamu yang ingin berkemah akan dikenai biaya sebesar Rp. 15.000.

 7. Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang paling favorit di Tawangmangu. Air terjun Grojogan Sewu ini memiliki ketinggian kisaran 80 meter. Aliran air terjun ini selalu ada sepanjang waktu, sehingga tak perlu khawatir meskipun saat kamu berkunjung di musim kemarau, airnya akan selalu mengalir.

Agar bisa mencapai wisata air terjun ini, para pengunjung diharuskan melewati anak tangga yang jumlahnya 1.250 anak tangga, sembari menikmati suasana hutan yang masih asri sambil melihat monyet-monyet yang bergelantungan di atas pohon. Harga tiket masuk air terjun Grojogan Sewu ini, untuk wisatawan lokal sebesar Rp. 20.000 per orangnya dan untuk wisatawan internasional dikenai biaya masuk sebesar Rp. 110.000 per orangnya.

 8. Wisata Rumah Atsiri Indonesia

Wisata menarik selanjutnya di wisata Tawangmangu Solo dinamakan rumah Atsiri Indonesia yang merupakan hasil resorasi yang berasal dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria. Para wisatawan yang berkunjung akan bertemu dengan aromatic garden yang penuh disertai dengan berbagai macam jenis bunga yang cantik dan menarik. Selain itu, terdapat musium essentual oil yang memberikan banyak informasi terkait minyak atsiri.

Pengunjung juga bisa berbelanja berbagai macam makanan khas atsiri, ikut workshop, atau ke toko aromatic. Biaya masuk ke wisata tersebut sebesar Rp. 50.000 per orangnya, kamu sudah bisa leluasa berwisata edukasi di tempat ini.

Demikianlah rekomendasi tempat wisata Tawangmangu terbaru yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Jawa Tengah.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.