Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampoeng Rawa Paduan Wisata Kuliner dan Wisata Alam

Kampoeng Rawa Paduan Wisata Kuliner

Kota Semarang banyak menawarkan tempat wisata yang layak untuk Anda kunjungi. Kampoeng Rawa adalah salah satu tempat yang wajib Anda datangi ketika berlibur ke Semarang. Tempat wisata ini memadukan wisata alam dan kuliner.

Di tempat wisata ini, Anda akan melihat indahnya sawah dan rawa yang begitu luas. Terapit oleh lima gunung sekaligus. Membuat tempat wisata ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Tapi di sini Anda tak hanya bisa menikmati panorama alam saja.

Namun juga menikmati wisata kuliner Nusantara yang khas di antara keindahan panorama alam yang menakjubkan.

Sejarah Berdiri

Tempat wisata ini ada di daerah Ambarawa. Ambarawa sendiri sering dijadikan tempat penampungan air untuk daerah sekitarnya. Air tersebut sangat jernih karena berasal dari pegunungan yang mengitarinya.

Tak hanya sebagai tempat penampungan air, Ambarawa juga memiliki danau yang diberi nama Rawa Pening. Danau ini memiliki keindahan alam serta memiliki banyak ikan yang oleh masyarakat sekitar dijadikan sebagai mata pencaharian.

Kampoeng Rawa memiliki banyak potensi wisata mulai dari keindahan alam hingga kuliner. Sayangnya saat itu, tempat wisata ini tak terurus dengan baik. Padahal jika bisa mengelolanya dengan baik tempat wisata ini berpotensi menguntungkan nelayan dan petani.

Tergerak karena alasan di atas, pada tanggal 4 Agustus 2012 tempat wisata ini mulai ada. Obyek wisata ini dikelola oleh 12 kelompok tani dan nelayan.

Alamat dan Jam Operasional

Alamat  : Jalan Sarbini Km 03, Ambarawa, Waduk Rawapening, Semarang, Jawa Tengah, 50612.

Harga tiket masuk : Rp. 2.000 (Senin hingga Jumat) dan Rp. 3.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya).

Jam operasional : 08.00 – 19.00 WIB

Rute Menuju ke Obyek Wisata

Ada banyak rute perjalanan yang bisa Anda pilih untuk bisa sampai ke obyek wisata ini. Anda langsung saja mencarinya di google maps. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan taksi atau ojek untuk mencapai lokasi.

Obyek wisata Kampoeng Rawa ditandai dengan gapura yang sangat besar. Saat berjalan ke obyek wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata membuat Anda tak akan bosan.

Fasilitas yang Ada

Di tempat wisata ini, selain keindahan alam yang ditawarkan juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati. Anda juga bisa memainkan permainan yang menyenangkan bersama keluarga.

Beberapa permainan yang bisa Anda mainkan bersama keluarga, yaitu ATV, Jet Ski, perahu karet, becak air, bebek air, dan beragam permainan lainnya. Untuk menikmati permainan ini, Anda bisa membeli karcis di luar tiket masuk.

Di tempat wisata ini juga tersedia rumah makan apung. Rumah makan ini memiliki konsep mengapung di atas air. Untuk mencapai ke rumah makan apung ini Anda harus menyebrang dengan menggunakan rakit.

Tak usah khawatir tenggelam, karena akan ada pendamping yang akan mendampingi Anda selama perjalanan. Di rumah makan ini, Anda bisa menikmati makanan yang ada dan juga sambil melihat pemandangan alam yang menyejukan mata.

Anda juga bisa mengadakan rapat di tempat ini. Hal tersebut karena di obyek wisata ini ada ruang pertemuan yang memiliki konsep joglo. Anda bisa mengadakan rapat dengan rekan kerja di sini. Tentunya suasana rapat jauh lebih menyenangkan dan menenangkan. 

Bagaimana ? Anda tertarik mengunjungi Kampoeng Rawa? Keindahan alam berbarengan dengan kuliner yang enak tentunya akan membuat Anda betah berada lama di sini. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam hangat dari kami.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.