Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puri Saren Agung Bali Liburan Sambil Belajar Sejarah dan Budaya

Puri Saren Agung

Ubud menjadi salah satu lokasi favorit pelancong wisata apabila berkunjung ke Pulau Bali. Lantaran banyak tempat eksotis dan luar biasa memanjakan mata. Seperti di Puri Saren Agung. Merupakan salah satu pesona utama sekaligus ikon dari kota Ubud, Bali.

Puri Saren Agung Wisata Terbaik Ubud Wajib Anda Kunjungi

Puri Saren Ageng adalah sebuah istana bersejarah yang sudah berdiri sejak akhir abad ke-19. Istana ini dulunya jadi tempat tinggal resmi keluarga Kerajaan Ubud sekaligus menjadi pusat pemerintahan. Ya, Puri Saren ini adalah salah satu saksi sejarah kehidupan Kerajaan Ubud pada masa lampau.

Dan kini, kompleks bersejarah ini difungsikan sebagai museum dan pusat kesenian tradisional Bali. Serta, jadi salah satu lokasi wisata utama para pelancong.

Hal tersebut, karena wisata puri saren di Ubud ini memiliki keunikan dan pesonanya sendiri. Membawa kita ke nuansa sejarah kerajaan pada Masa-nya. Hal tersebut ditunjukkan dengan bagunan puri yang masih kokoh dan bentuk bangunan kuno.

Tak hanya itu, karena menjadi Kawasan religi, puri saren ini terkadang dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai ritual dan upacara keagamaan. Jadi, bagi Anda yang lagi berwisata di Bali, tepatnya Ubud. Jangan lupa kunjungi Puri Saren Agung, ya.

Lokasi dan Akses ke Wisata Puri Saren Ubud Bali

Lantas, bagaimana kita bisa menemukan lokasi Puri Saren serta cara mengunjungi tempat wisata tersebut. Nah, wisatawan pun tak perlu khawatir. Lantaran, lokasi puri Saren itu berada di pusat kota Ubud, tepatnya Jalan Jl. Raya Ubud No.8, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Kalau, Anda lagi jalan santai atau berbelanja di pasar seni Ubud, cukup jalan kaki saja kurang lebih dua menit. Lantaran tempatnya hanya berkisar 100 meter saja dari pasar seni Ubud.

Atau kalau Anda lagi berada di Denpasar, dapat menggunakan atau sewa kendaraan seperti motor atau mobil. Lantaran, kalian bisa mengunjungi situs bersejarah ini bersama keluarga atau teman. 

Waktu perjalan bakal kita tempuh tak terlalu lama. Yakni berkisar 40 menit saja dari pusat kota Denpasar menuju Puri Saren Ubud, ini.

Terlebih lagi, dengan kondisi jalanan rerata sepi serta pemandangan kiri kanan jalan sangat mempesona. Buat perjalananmu ke Ubud jadi seru dan gak bakal berasa, deh.

Aktivitas Pariwisata Asik Dapat Anda Lakukan

Ada banyak banget aktivitas dapat anda lakukan baik itu sendiri, bareng keluarga, teman saat berada di Puri Saren Ubud. Misalnya saja, pengunjung dapat jalan santai kelilingi semua sudut wisata bersejarah eksotis Ubud ini.

Nah, sambil jalan-jalan, jangan lupa abadikan setiap area eksotis Puri Saren. Karena, Anda bakal temukan banyak relief bersejarah, informasi tentang cerita wisata tersebut, serta banyak lagi hal bisa kalian ketahui tentang lokasi bersejarah kota Ubud ini.  

Bahkan, tak jarang di lokasi wisata ini sering ada berbagai acara menarik. Bahkan, Anda bisa menonton banyak kegiatan, seperti tari tradisional secara gratis. Biasanya, kegiatan tersebut rutin digelar pada malam hari. Yakni, sekitar 1,5 jam. 

Dan acara biasa mulai pada pukul 19.30 dan selesai pada jam 21.00 WITA. So, catat waktunya ya agar kita gak ketinggalan moment acara tari tradisional Bali.

Lanjut, setelah menjelajahi cerita, sudut area Puri, dan banyak lagi. Ternyata, sekitar lokasi bersejarah ini menyimpan berbagai tempat tak kalah unik. Misalnya saja pasar Seni Ubud dapat Anda kunjungi dengan berjalan kaki dari area utama Puri Saren Agung.

Dari sana, pengunjung dapat menemukan beragam karya seni Ubud dan Bali, serta dapat membeli berbagai cinderamata unik sebagai oleh-oleh.

Seru banget kan berkunjung ke Bali serta Puri Saren Agung. Yuk segera agendakan liburan Anda untuk bisa melihat secara dekat wisata bersejarah ikon kota Ubud tersebut.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.