Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sensasi Berenang di Atas Awan di Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Biasanya berenang hanya bisa dilakukan di kolam renang, tapi berbeda jika Anda mengunjungi Umbul Sidomukti, Anda akan merasa berenang diatas awan. Hal ini karena lokasi tempat wisata ini yang ada di atas bukit.

Tak hanya menjadi tempat berenang yang cozy, penataan ruang di tempat wisata ini juga patut diacungi jempol. Untuk Anda yang ingin hunting foto dan berburu panorama alam, tempat ini menjadi pilihan tepat.

Apa Saja yang Ada di Umbul Sidomukti?

Bagi yang belum tahu, objek wisata kekinian ini terletak di Kota Semarang, dengan dengan pintu tol Krapyak arah Semarang Barat. Anda bisa menuju tempat ini dengan kendaraan pribadi agar lebih mudah.

1. Tiket Masuk

Untuk masuk ke dalam objek wisata ini, Anda hanya perlu membayar HTM sebesar 10 ribu rupiah. Harga tersebut hanya berlaku di weekdays atau hari kerja, sedangkan di hari libur, HTM yang perlu Anda bayarkan adalah 15 ribu rupiah.

Anda bisa datang ke tempat wisata ini kapan saja, dalam artian buka selama 24 jam penuh. Anda bahkan bisa melihat panorama matahari terbit dan terbenam secara langsung di sana.

2. Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang terdapat dalam tempat wisata ini sudah cukup lengkap, di antaranya tempat parkir luas, mushola, kamar mandi, ruang ganti dan lainnya. jadi Anda tak perlu merasa khawatir jika ingin berlibur ke tempat wisata ini.

Daya Tarik yang Ada

Umbul Sidomukti memiliki banyak daya tarik yang membuatnya dikunjungi oleh banyak orang, di antaranya adalah:

1. Menikmati Pondok Kopi

Tak hanya kolam renang, Anda bisa menikmati panorama alam yang indah dari ketinggian. Ada pondok kopi yang bisa Anda kunjungi dan terbuka untuk umum.

Di area ini, Anda bisa masuk dan menikmati kopi yang dibuat oleh kafe-kafe yang berjejer. Ada pula menu makanan dari berbagai daerah yang bisa mengisi perut Anda.

2. Menguji Adrenalin dengan Flying Fox

Berikutnya adalah wahana flying fox untuk Anda yang ingin menguji adrenalin. Panjang flying fox yang ada di tempat wisata ini adalah 110 meter dan memiliki ketinggian 70 meter.

Ada dua pilihan jalur yang bisa para pengunjung pilih, pertama adalah jalur marine bridge. Sedangkan jalur kedua menuruni lembah dan sisi kolam yang diberi nama rappelling.

3. Little Ranch

Selain flying fox, Anda juga bisa berkuda di tempat wisata ini. Untuk merasakan bagaimana rasanya menunggangi kuda, Anda bisa menuju area Little Ranch.

Di bagian ini, Anda bisa naik kuda dan berkenalan dengan hewan hewan yang ada. Spot ini banyak disukai oleh anak anak karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan hewan.

4. Goa Tirta Mulya

Di Umbul Sidomukti, Anda juga bisa menemukan gua dengan nama Tirta Mulya. Gua ini hanya berjarak 1 km dari kawasan wisata, jadi Anda bisa langsung mampir setelah puas berkeliling atau berenang.

Masyarakat lokal percaya bahwa goa ini merupakan sumber mata air utama di Gunung Ungaran. Bentuk goa yang unik dengan panjang 100 meter membuatnya tak pernah sepi dari pengunjung.

Jika Anda sudah lelah beraktifitas, Anda juga bisa melakukan booking di penginapan atau resort di penginapan yang ada di tempat wisata ini. Dengan menginap di tempat ini, Anda bisa menikmati indahnya kota Semarang yang gemerlap.

Anda yang tertarik berkunjung ke Umbul Sidomukti dalam waktu dekat, semoga terbantu dengan informasi di atas.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.