Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Tawangmangu Terbaik untuk Mengisi Liburan

Wisata-tawangmangu-terbaik

Wisata Tawangmangu Terbaik – Tawangmangu adalah kecamatan yang ada di lereng barat Gunung Lawu, lebih tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berlokasi di bawah kaki Gunung Lawu, membuat Kecamatan Tawangmangu mempunyai udara yang sangat sejuk dan juga menyenangkan. Pesona wisata Tawangmangu dan sekitarnya sudah tidak dapat diragukan lagi.


Rekomendasi Tempat Wisata Tawangmangu Terbaik

Berikut ini akan kita rangkum berbagai pilihan wisata liburan Tawangmangu dan menjadi catatan penting untuk mencari berbagai informasi yang paling baru terkait dengan lokasi wisata dekat Nava hotel Tawangmangu, tiket masuk dan berbagai spot Tawangmangu yang bisa untuk Anda kunjungi.


1. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia menjadi salah satu hasil restorasi dati pabrik Citronella Indonesia Bulgaria yang berada di lokasi Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu. Pada lokasi wisata Tawang Mangu terbaik ini para pengunjungnya akan disuguhkan dengan kebun bunga Tawangmangu atau sering disebut dengan aromatic garden yang memiliki berbagai jenis bunga dan berwarna – warni.

 

Pada musim essential oil ini memberikan berbagai informasi terkait dengan minyak atsiri sehingga pengunjung juga dapat menikmati makanan khas atsiri, berbelanja di toko aromatik dan juga mengikuti kelas workshop. Lokasi ini memiliki koleksi bunga yang sangat cantik dari berbagai jenis tanaman penghasil minyak atsiri, spot yang satu ini akan sangat cocok digunakan sebagai spot foto instagramable.

 

Para pengunjung nantinya akan dibebankan dengan biaya masuk sebesar Rp 50.00 untuk setiap orang. Rumah Atsiri Indonesia bisa Anda kunjungi setiap pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB.

 

2. Kebun Buah Strawberry Tawangmangu 

Kecamatan Tawangmangu merupakan salah satu daerah yang menghasilkan sayuran dan juga buah karena di kawasan itu sepanjang tahun tumbuh berbagai macam sayur dan buah. Mulai dari cerry, anggur, hingga strawberry di musim seperti sekarang ini sangat tepat untuk mengunjungi agrowisata Tawangmangu strawbery yang dapat Anda petik sendiri.

 

Lokasi wisata kebun strawberry Tawangmangu Karanganyar ini beralamat di Jalan Tembus ke Barat, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah untuk Kebun Strawberry Warung Biru dan Kebun Strawberry Sekipan beralamat di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Anda tidak harus membayar tiket masuk di agro wisata kebun strawberry tersebut, hanya strawberry yang nantinya Anda petik dan dibawa pulang yang harus dibayar. Harga per kilo strawberry dibanderol Rp 35.000 dan jika memilih yang dikemas Rp 10.000 per 1 kilogramnya

Untuk jam bukannya sendiri setiap hari mulai jam 09.00 – 16.00 WIB.

 

3. Kedung Sriti

Kedung Sriti ini berupa air terjun yang masih sangat asri dan juga sejuk dengan berbagai pepohonan yang ada di sisi air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter yang mengalirkan air jenis dengan deras. Air terjun ini berlokasi di Dusun Pancot Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar Desa Tengklik Kecamatan Tawangmangu.

 

Agar bisa ke lokasi Kedung Sriti, para pengunjung harus selalu berhati-hati karena menyusuri jalanan setapak yang disampingnya merupakan sebuah jurang. Air terjun Kedung Sriti masih sangat asri, tidak memiliki pengurus yang merawatnya. Pengunjung juga selalu dihimbau untuk tidak melakukan pembuangan sampah sembarangan dan menjaga kelestarian dan keasrian di Kedung Sriti.

 

4. The Lawu Park 

Spot foto pemandangan Tawangmangu yang satu ini juga menjadi daya tarik dari The Lawu Parkir yang meliputi pemandangan dari pegunungan dan juga hutan pinus yang paling keren. The Lawu Park ini menyediakan berbagai fasilitas yang sangat lengkap seperti, mushola, lahan untuk parkir, restoran dan juga Anda akan mudah untuk pesan hotel di Tawangmangu.

 

Nantinya para pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak – anak. Biaya tiket masuk tersebut masih belum termasuk jika Anda menggunakan wahana yang disediakan.

 

5. Wisata Bukit Sekipan

Wisata bukit Sekipan yang ada di Tawangmangu ini menjadi lokasi yang paling cocok untuk para anak muda maupun keluarga. Wisata ini berlokasi di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisor, Tawangmangu. Pilih tempat wisata Tawangmangu yang satu ini memang menawarkan banyak sekali wahana permainan, menarik dan juga akan sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto yang sangat instagramable.

 

Beberapa wahananya seperti miniatur ikon dunia, jembatan goyang, miniatur kapal Titanic, area hantu, mini coaster, rumah adat, area outbound dan juga studio foto. Wisata Bukit Sekipan juga menyediakan penginapan atau hotel kawasan wisata Tawangmangu dengan berbagai tema, seperti vila, Titanic room, small room dan juga cottage Jepang.

 

Pengunjung nantinya akan dibebankan tiket masuk sebesar Rp 50.000, tetapi hal ini tidak termasuk untuk tiket masuk ke dalam wahananya. Sementara itu tiket terusan akan dikenakan biaya Rp 100.000 sudah termasuk pada tiket untuk memasuki wahana. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu mulai buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB pada hari biasanya. Pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu mulai buka pukul 08.00 – 18.00 WIB.

 

6. Mini Arung Jeram Tawangmangu

River Tubing yang ada di sungai Senatah ini dapat dikatakan sebagai arung jeram mini karena memang medan dan juga alat yang dipakai jauh lebih sederhana. Jika Anda biasanya melakukan rating pada sungai yang deras tetapi ini dilakukan di sungai yang lebih kecil. Bila rafting menggunakan perahu karet maka tubing ini hanya menggunakan ban karet saja.

 

Lokasi dari Sungai Senatah ini berada di Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Daerah ini memang sudah sangat populer dengan wisata Tawang Mangu terbaik dan populer seperti candi Sukuh, rumah teh ndoro donker, candi Cetho.

 

7. Bukit Mongkrang 

Bukit Mongkrang ini sangat cocok sekali untuk para pendaki yang masih pemula. Salah satu pilihan tempat yang ada di Tawangmangu ini berada dj sebelah Selatan Gunung Lawu, lebih tepatnya di desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

 

Bukit ini juga memberikan pemandangan yang sangat indah, sehingga akan sangat cocok dijadikan sebagai spot foto paling menarik, yang memiliki hamparan padang ilalang yang diburu oleh para pecinta foto.


Jika Anda mempunyai niatan untuk berkemah setelah lelah mendaki, maka para pengunjung dapat mendirikan sebuah tenda, menikmati kesejukan udara dan juga matahari terbit yang sangat cantik pada saat pagi hari. Pengunjung akan dikenai biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan bila ingin melakukan kemah akan dikenai biaya Rp15. 000.

 

8. Sakura Hills 

Sakura Hills ini mengusung konsep wisata ala negeri Sakura dengan menggunakan suasan gunung Lawu. Lokasinya berada di Jalan Tawangmangu – Magetan, Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu.

 

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan indahnya berbagai pepohonan Sakura dengan menggunakan latar dari Gunung Lawu dan juga dilengkapi bangunan khas Jepang yang sangat ikonik, seperti taman di Jepang, tanaman Sakura, super camp dab forest canopy.

 

Banyak Keunikan tersebut membuat lokasi ini cocok dijadikan spot film Instagramable, seperti Gerbang Troli Path, Samurai Park dan Takeshi Castle. Para pengunjung juga bisa menaiki jepp untuk berkeliling di Sakura Hills dan merasakan indahnya malam di Sakura Hills yang sangat hijau dan sejuk.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.