Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Keindahan Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi

Bali memang surganya tempat wisata, karena pulau ini memiliki sejuta tempat untuk Anda kunjungi. Seperti pantai, perbukitannya, hingga pura. Salah satunya adalah Candi Gunung Kawi.

Bali seperti harta karun para pecinta adventure, travelling, atau sekedar menikmati waktu. Tempat-tempat yang ada di daerah ini tidak ada habisnya. Lantas, bagaimana pesona yang ada pada tempat ini? berikut penjelasannya.

Lokasi Candi Gunung Kawi

Gunung Kawi terletak di Dusun Penaka, Kecamatan Tampaksiring. Jika Anda memang memilih obyek ini sebagai daftar wisata, maka pilihan Anda tidak akan mengecewakan.

Walaupun sebelum bisa menikmati bagaimana indahnya, Anda harus berjuang menaiki anak tangga yang sangat banyak dan lumayan menguras tenaga. Sekitar lebih dari 300 anak tangga. Fantastis!

Begitu Anda menapak di lokasi yang sangat indah ini, sambutan yang pertama adalah udara yang menyentuh kulit. Sejuknya berasal dari luasnya pohon-pohon rimbun yang terbentang di sana.

Selain itu, terdapat sungai yang masih mengalir dengan deras dan segar. Percikan suara airnya membuat suasana semakin tenang.

Nama Gunung Kawi itu bukan berarti yang akan Anda lihat adalah sebuah gunung. Melainkan jejeran para candi yang dibuat detail dari batu yang dipahat.

Tempat ini juga kerap disebut sebagai cagar budaya yang bertujuan untuk mengingat dan memuseumkan beberapa peninggalan purbakala yang sangat berarti. Maka dari itu, tempat ini termasuk sangat berharga bagi orang di sana.

Apa Saja Isinya?

Selain penuh dengan candi-candi dan beberapa peninggalan lainnya, ada juga beberapa spot lain yang tak kalah menarik. Seperti kolam pemandian yang terlihat sangat antik juga cantik.

Detail dalam setiap bentuknya membuat spot ini juga laris. Selain itu, ada juga pancuran air yang bisa dilihat di beberapa tempat yang terpisah di dalam Candi Gunung Kawi ini.

Tanpa melupakan detailnya, dinding yang digunakan juga dibuat dengan berbagai seni. Mulai dari pahatannya, juga warnanya.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Menurut informasi yang beredar, candi ini sudah berdiri sejak abad ke 11. Di candi ini juga ada beberapa detail lainnya yang merupakan peninggalan asli manusia-manusia kerajaan di masa silam.

Lalu bagaimana dengan tiket masuk dan jam operasionalnya? Mari bahas juga sekaligus di sini!

Tiket untuk masuk ke tempat wisata ini sangatlah terjangkau. Yaitu untuk para pengunjung domestik dalam kisaran Rp. 30.000, dan untuk wisatawan asing berkisar mulai dari Rp. 50.000.

Untuk jam operasinya, tempat ini buka mulai jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Lalu biasanya para pengunjung menghabiskan 1 jam waktu untuk menikmati setiap detail di tempat ini.

Tata Cara dan Kesopanan Saat Berkunjung

Untuk Anda yang memang ingin berkunjung ke sini, ada beberapa cara untuk berpakaian sebelum masuk, loh. Anda harus memakai sarung juga selendang jika ingin masuk ke dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kesopanan dalam berkunjung ke sini.

Juga mengedepankan rasa hormat Anda dalam menikmati semua barang dan peninggalan di kehidupan sebelumnya. Karena semua yang menjadi barang purbakala di sana, merupakan sebuah lambang dan hal yang dihormati sekali.

Candi ini menjadi tempat yang cocok jika Anda memang ingin menikmati wisata santai dan mengedukasi. Wilayah strategis, udara dan lokasi pun ikut mendukung. Pasti akan menjadi obyek yang sangat bagus pula bagi setiap pengunjung.

Candi Gunung Kawi adalah sebuah ikon Bali yang sangat ramai pengunjungnya juga. Apalagi wisatawan asing yang memiliki rasa penasaran pada budaya Indonesia di masa lampau.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.