Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Tempat Wisata Pura Taman Saraswati Bali

Pura Taman Saraswati Bali

Pura Taman Saraswati merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang bisa masuk ke dalam daftar wajib kunjungan Anda dan keluarga selama liburan di Bali. Pastinya tempat ini menyajikan panoramaalam dan budaya yang indah dalam satu kesatuan.

Siapa yang tidak tahu Bali, karena pulau kecil ini memang terkenal tidak hanya di Indonesia namun hingga ke seluruh dunia.

Pura Taman Saraswati

Seperti yang kita semua tahu bahwa Pura adalah tempat suci bagi umat agama Hindu. Namun, selain menjadi tempat ibadah, Pura yang satu ini juga menjadi tempat wisata. Wisatawan yang datang berkunjung pun beragam, bukan dari kalangan mereka yang beragama Hindu saja.

Seperti namanya, Pura ini berdiri atas permintaan dari Pangeran Ubud yaitu Cokorda Gede Agung Sukawati, khusus untuk pemujaan Dewi saraswati. Dewi Saraswati sendiri di kepercayaan agama hindu merupakan Dewa untuk ilmu pengetahuan.

Pura ini pertama kali dibangun pada tahun 1951 dan pembangunannya baru selesai pada tahun 1952. Arsiteknya adalah I Gusti Nyoman Lempad, beliau merupakan seorang arsitek sekaligus seniman patung profesional.

Bila Anda memiliki rencana untuk berwisata ke Pura Taman Saraswati Ubud Bali, berikut adalah beberapa tempat unik yang ada di sana.

Pesona Keindahan Pura Taman Saraswati dan Sekelilingnya

Pura Taman Saraswati Ubud ini memiliki banyak hal unik yang berbeda dari kebanyakan Pura yang ada di Bali. Hal istimewa itulah yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung dan menjadikan Pura yang satu ini sebagai tempat wisata.

Salah satu hal unik dari pura ini yaitu terdapat banyak kolam, kolam-kolam tersebut penuh dengan tumbuhan bunga teratai berwarna pink. Taman bunganya tersusun rapi, membuat tempat tersebut indah dan bagus untuk jadi latar belakang foto.

Taman bunga teratai itu yang menjadi daya tarik utama pemikat para wisatawan. Selain terdapat banyak bunga teratai, di pinggir-pinggir kolamnya banyak tumbuh bunga kamboja sebagai pelengkap hiasan.

Ada juga jembatan khusus untuk menghubungkan area luar dari Pura menuju gerbang utama. Sepanjang perjalanan di pinggir jembatan ada banyak patung berjejer, membuat perjalanan Anda menjadi tidak bosan.

Sesampainya di gerbang utama, Anda akan kagum oleh kemegahan gerbang utama, terdapat tiga pintu mewah yang berhiaskan ornamen emas. Namun, para wisatawan tidak boleh masuk ke dalam Pura. Karena tempat itu khusus untuk pengunjung beragama Hindu yang hendak beribadah saja.

Ketika Anda masuk ke area Pura, di gerbang utama akan terlihat tembok yang menjulang tinggi dan di baliknya terdapat sebuah patung raksasa dengan tinggi sekitar tiga meter. Di sebelah Timur Laut terdapat tempat pemujaan bernama Padmasana.

Pada dasarnya bangunan Padmasana tersebut memiliki ciri khas berupa pahatan berbentuk kura-kura yang terlilit oleh dua ekor naga. Selain tempat-tempat indah yang sudah disebutkan, di sana juga terdapat panggung untuk pementasan tari-tari tradisional Bali seperti tari kecak.

Panggung tersebut dikelilingi oleh kolam teratai, bila beruntung ketika pergi berlibur Anda bisa menonton pertunjukan tari. Biasanya pertunjukan tari Bali diadakan pada waktu malam hari pukul 19:30 dan bila ingin menonton bisa membayar tiket dengan harga 85.000/orang.

Informasi Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Terbaru

Tentu saja yang paling utama untuk dicari tahu ketika hendak berlibur adalah informasi lokasi, jam buka dan harga tiket masuk. Berikut adalah beberapa informasi penting yang Anda butuhkan ketika akan pergi berlibur ke Pura Saraswati:

  • Lokasi Pura saraswati ini berada di Bali, tepatnya di jalan kajeng, Ubud. Berada dekat dengan Starbuck dan Lotus Café. Bila Anda sedang berada di tempat wisata kuta Bali, kira-kira membutuhkan waktu satu setengah jam untuk sampai ke Pura Saraswati Ubud.
  • Seperti biasa bila pergi ke tempat wisata, biasanya akan ada biaya tiket masuk. Namun, untuk masuk ke Pura Saraswati Anda tidak dipungut biaya dalam artian gratis. Hanya dipungut biaya bila Anda ingin menonton pertunjukan tari tradisional bali saja.
  • Pura Saraswati Ubud buka setiap hari, dari pukul 07.00 sampai 17.00.

Itulah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa membantu mempermudah Anda bila akan pergi berlibur ke Pura Taman saraswati di Ubud Bali.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.