Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Berlibur Teramai di Bali, Goa Gajah Ubud

Goa Gajah Ubud Bali

Indonesia merupakan negara dengan banyaknya tempat berlibur yang indah. Salah satu tempat berlibur yang dipantau selalu ramai adalah Goa Gajah Ubud Bali.

Tempat yang berfungsi sebagai tempat ibadah dan tempat wisata ini memang menjadi salah satu tempat berwisata yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara maupun oleh orang lokal.

Goa Gajah Ubud Bali

Nama Goa Gajah berasal dari sebuah kata yang disebut “Lwa Gajah” yang memiliki arti tempat pertapaan Biksu Umat Buddha. Goa Gajah sendiri memiliki 2 bagian, yakni bagian utara dan juga bagian selatan.

Di Bagian utara, terdapat candi yang menjadi destinasi utama di tempat ini yaitu candi Goa Gajah. Goa gajah sendiri memiliki posisi yang menghadap ke selatan. Goa Gajah Ubud Bali ini memiliki ukiran yang berbentuk raksasa, kera, babi, yang ditambah daun-daunan dan juga batu karang.

Di bagian selatan, terdapat lembah yang disebut dengan nama Tukad Pangkung. Di bagian selatan ini terdapat archa buddha dan juga peninggalan kuno seperti relief yang sudah runtuh ke bagian dasar dari lembah.

Fungsi dari Goa Gajah Ubud Bali ini sendiri adalah sebagai tempat suci yang juga berguna sebagai tempat beribadah agama Buddha dan Hindu pada Dinasti Warmadewa.

Objek Wisata Goa Gajah Ubud Bali

Objek wisata yang terdapat pada goa gajah ini ada berbagai macam jenis, bentuk dan juga ukuran. Seperti reruntuhan candi tebing. Dan juga ada berbagai macam patung dengan ukiran yang sangat unik dan menarik.

Salah satu patung yang paling sering dilihat saat memasuki Goa gajah adalah patung  penjaga yang ada tepat di luar pintu masuk ke dalam goa. Dan juga di dalam goa terdapat tempat bertapa atau sering disebut ceruk. Anda bisa duduk maupun berbaring di sana kalau Anda mau.

Dan di ujung bagian barat , terdapat Archa Dewa Ganesha serta di ujung timur  terdapat 3 patung lingga yang unik dan memiliki nilai sejarah yang lekat.

Harga Tiket Goa Gajah Ubud Bali Terbaru 2022

Anda bisa mendapatkan tiketnya hanya dengan harga Rp. 30.000 per orang. Ini berlaku untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

Untuk harga parkir di goa gajah, Anda bisa melihatnya di tabel berikut ini :

Kategori

Harga

Motor

Rp. 2000

Mobil

Rp. 5000

Lokasi Goa Gajah Ubud Bali

Untuk lokasinya sendiri, terletak di Kabupaten Gianyar, Kecamatan Blahbatuh, Desa Bedulu, Bali.  Dan jika Anda berada di kota Denpasar, Anda bisa sampai ke goa ini dengan mobil  dengan jarak 27 KM.

Anda bisa menggunakan sewa mobil atau sewa motor untuk sampai ke sana dengan lebih cepat dan lebih aman.

Tata Krama dan Etika Ketika Memasuki Goa Gajah

Karena Goa gajah adalah salah satu tempat yang suci oleh umat hindu dan juga Umat Buddha, ada beberapa peraturan yang perlu Anda taati saat ada di goa gajah ini.

Dari semua peraturan yang ada, ada satu peraturan yang perlu Anda taati. Yakni, Anda tidak boleh memakai pakaian yang terbuka. Bahkan Anda wajib untuk memakai selendang dengan cara mengikatnya di bagian pinggang.

Anda juga bisa membeli selendang di loker tiket. Dengan harga Rp. 15. 000 Anda sudah bisa mendapatkan sebuah selendang untuk di gunakan ke dalam goa gajah.

Bali tidak hanya terkenal dengan pantainya saja. Namun ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan indah untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Salah satunya seperti Goa Gajah Ubud Bali ini.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.