Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemegahan Candi Brahu Mojokerto, Peninggalan Masa Lalu Beserta HTM dan Rute Lengkap

Candi Brahu Mojokerto

Situs sejarah selalu menarik untuk diselami sebagaimana kejadian jayanya sebuah kerajaan di masa lampau. Candi Brahu salah satu candi yang menunjukkan bahwa di daerah tersebut dulu ada sejarah yang telah tergores waktu.

Dengan ditemukannya situs arkeologi dari keberadaan candi ini, banyak hal dapat dikorek dan dijadikan riset. Tak hanya itu, situs telah menjelma menjadi pembelajaran sebagai wisata sejarah yang menyenangkan untuk banyak khalayak.

Tentang Candi Brahu

Candi ini memiliki lebar 18 meter dengan panjang 22 meter dan tinggi mencapai 20 meter. Terlihat tinggi dan gagah, merupakan candi Budha yang dibangun dengan batu bata merah. Memiliki desain yang mewah dan terlihat kokoh pada bentuknya yang bersudut-sudut.

Candi adalah peninggalan Kerajaan Majapahit, kerajaan terbesar di masanya. Di sekitar candi banyak pula ditemukan berbagai logam dan perhiasan serta arca. Dari gaya bangunan, terlihat bahwa candi merupakan peninggalan agama Budha.

Taman di sekitar candi dikelola dengan baik sehingga pengunjung yang ingin melihat candi nyaman berada di sana. Bangku-bangku tersedia di sekitar candi agar pengunjung yang datang dapat melepas penat di sana.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Candi Brahu

Alamat lengkap dari area wisata ini adalah Jl. Candi Brahu no. 73, Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Tiket masuk sangat ramah kantong yaitu 3000 rupiah/orang. Dengan harga sangat terjangkau, Anda dapat membawa keluarga untuk berwisata dan belajar sejarah di sana.

Adapun jam buka tutup candi adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB. Pada pagi hari, Anda dapat melihat pemandangan indah dari arah candi dan menikmati terbitnya mentari nan cantik. Di pagi hari ini banyak pengunjung sengaja datang lebih pagi untuk menikmati pemandangan indah.

Spot Foto Keren Terbaik

Sebetulnya ada beberapa pilihan spot foto yang apik dan instagramable. Namun, ada satu khas candi dengan bentuk kokohnya dengan bagian pintu penuh kreasi seni. Di depan pintu candi inilah wisatawan biasanya berfoto sebagai kenangan akan candi.

Cara Memulai Usaha Kopi Botolan Bagi Pemula

Pada jalan masuk menuju candi spot terbaik, menciptakan nuansa beda antara masa lalu dan masa sekarang. Gabungan inilah menjadikan tempat di depan pintu menjadi pilihan untuk tempat berfoto karena tepat di tengah-tengah candi.

Rute Perjalanan dan Fasilitas Candi Brahu

Perjalanan menuju lokasi tidak begitu sulit karena jalanan telah bagus dan aspal. Apabila menggunakan kendaraan pribadi Anda dapat dengan mudah membuka Google Maps untuk meminimalisir keliru arah.

Namun, bukan masalah juga apabila ingin traveling sendirian menggunakan jasa angkutan umum. Anda dapat melakukan perjalanan menuju terminal Bus Trowulan. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju Desa Bejijong untuk sampai ke pusat wisata.

Di area wisata ada fasilitas yang dapat Anda pergunakan untuk kenyamanan bersama keluarga. Di antaranya adalah:

  • Area wisata luas dan mudah.
  • Terdapat toilet.
  • Taman luas dengan kebersihan yang terjaga baik oleh pengelolanya.

Fasilitas tersebut sangat mencukupi untuk menikmati gagahnya candi dengan melihat relief dinding tentang masa lalu.

Tips Perjalanan ke Candi

Sebelum melakukan perjalanan ke candi ini, ada baiknya Anda mempersiapkan diri agar semua berjalan lancar. Anda dapat melakukan tips seperti di bawah ini:

  • Pastikan kondisi tubuh fit dan sehat.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen saat di candi.
  • Menyiapkan bekal makan dan minum seperlunya.

Wisata sejarah memang tak akan ada bosannya sambil mengenang kisah kerajaan zaman lampau. Candi Brahu dapat menjadi pilihan tepat destinasi wisata liburan Anda.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.