Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Peninggalan Masa Lalu di Museum Trowulan

Museum Trowulan

Sebagai tempat berbagai hal yang berbau sejarah, Museum Trowulan memiliki daya pikat tersendiri. Trowulan berkaitan erat dengan sejarah kerajaan Majapahit memberikan banyak kisah betapa besarnya kerajaan tersebut pada zamannya.

Ada banyak hal dari museum yang akan membuat Anda takjub. Peninggalan yang ditemukan di masa sekarang akan masa lampau dengan berbagai kisahnya. Sebagian tidak utuh lagi tapi tetap menyimpan misteri kisah meski tak sepenuhnya terungkap.

Peninggalan Kerajaan Masa Lampau di Museum Trowulan

Lokasi museum terletak di Jl. Pendopo Agung, Desa Ngelinguk, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Merupakan museum arkeologi yang menyimpan banyak kenangan sejarah untuk menyimpan banyak artefak dan temuan arkeologi di sekitar daerah tersebut.

Di museum ini bukan hanya terdapat kenangan dari Kerajaan Majapahit saja tapi temuan arkeolog lain di sekitar Jawa Timur. Melalui museum ini Anda dapat berwisata sekaligus lebih mengenal sejarah berbagai kerajaan khususnya lingkup Trowulan.

Rute Mudah, Harga Tiket Terjangkau, Jam Buka Tutup Wisata

Setiap akan melakukan perjalanan sebaiknya cek dan mencari informasi akurat rute perjalanannya. Museum ini sangat terjangkau dengan perjalanan mudah karena berada di pusat kota.

Jalanan aspal sangat nyaman dan dapat menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Hanya butuh 14 kilometer untuk sampai di area wisata museum dan perjalanan dijamin menyenangkan.

Untuk harga tiket masuk museum ditarik 5000 rupiah/orang. Dengan harga ramah kantong tetap mendapatkan banyak wawasan baru tentang masa lampau kerajaan yang berjaya di masanya.

Seperti halnya wisata lain, museum memiliki jam buka dan tutup antara jam 08.00 – 15.00 WIB. Waktunya sangat lama sehingga Anda bisa datang di pagi hari untuk melihat secara detail isi Museum Trowulan dengan lengkap.

Koleksi Museum Trowulan

Banyak barang dari peninggalan kerajaan dan pernak perniknya di museum ini. Anda dapat melihat secara lengkap dengan keterangan yang terdapat di masing-masing barang. Koleksi beraneka ragam mata uang, alat rumah tangga, berbagai arca bahkan miniatur atau maket candi.

Selain itu patung Hariti, Pantheon Hindu, gerabah, baik itu tempayan dan replika sumur kuno. Sumur kuno ini terbuat dari batu bata dan gerabah yang biasanya terdapat di bangunan suci dengan bentuk kotak.

Apabila sumur berbentuk bundar pada umumnya untuk pemukiman zaman kuno. Banyak arca dapat Anda lihat dengan berbagai kisahnya yang menarik. Masing-masing arca memiliki cerita yang dominan meskipun banyak yang tidak utuh kembali.

Cara Memulai Usaha Kopi Botolan Bagi Pemula

Pada halaman museum terdapat pohon buah maja. Buah ini spesial karena menjadi cikal bakal nama kerajaan besar Majapahit. Dulu ketika Raden Wijaya babat alas untuk mencari area baru di alas Tarik, buah maja ini dimakan pengikutnya.

Buah dengan bentuk bulat sekepalan tangan dan berwarna hijau dengan rasa pahit. Hal inilah yang menjadikan nama Majapahit tetap terkenal sebagai salah satu kerajaan terbesar pada zamannya.

Fasilitas Lengkap Museum

Bukan hanya menampilkan berbagai artefak dan temuan unik tak biasa dari masa lalu, museum memberikan fasilitas lengkap. Fasilitas memanjakan Anda untuk dapat menikmati banyak hal dalam museum, yaitu:

  • Ada area parkir cukup luas.
  • Mushola.
  • Pusat informasi untuk Anda yang membutuhkan informasi lengkap berbagai galeri museum.
  • Toilet.
  • Ruang galeri yang apik dan membuat Anda betah dalam museum.
  • Warung wisata.
  • Tempat duduk untuk pengunjung di beberapa titik tertentu.

Dengan fasilitas selengkap itu akan membuat pengunjung betah dan kerasan di museum. Berkunjung ke Museum Trowulan memberi banyak wawasan sejarah yang tak akan membosankan untuk disimak.

Bang Syafa
Bang Syafa Travel Journey merupakan blog yang menyajikan artikel berkualitas tentang ragam informasi menarik seputar dunia kuliner, destination hingga traveling.