Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Aplikasi Investasi Bareksa

Bareksa adalah marketplace finansial dan juga investasi yang terintegrasi pertama di Indonesia. Pada tahun 2016, Bareksa sudah mempunyai lisensi sebagai Agen Penjual Reksa Dana secara resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 


Bareksa menjual produk reksadana yang lengkap dari berbagai manajer investasi terpercaya di Indonesia. Bukan hanya itu, pangsa pasar jumlah investor reksadana di Indonesia dikuasai oleh Bareksa.


Bareksa juga menjual SBN (Surat Berharga Negara) ritel yang dapat kamu beli secara online. Selain itu, Bareksa juga menyediakan fasilitas transaksi jual beli emas yang dilakukan secara online. Terdapat berbagai fasilitas layanan yang tawarkan oleh Bareksa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.


Beberapa layanan informasi yang diberikan yaitu data market, konten, analisis, berita, riset, serta berbagai layanan lainnya. Untuk dapat menggunakan aplikasi Bareksa, kamu tinggal melakukan download aplikasi tersebut. Kamu bisa download aplikasi Bareksa secara gratis melalui Google Play Store maupun Appstore.


Cara Daftar Akun di Bareksa

Berikut ini langkah-langkah mendaftar akun baru di aplikasi Bareksa dengan sangat mudah.


1. Buka Aplikasi Bareksa

Jika  sudah mendownload aplikasi Bareksa di ponsel, maka kamu perlu membuka aplikasi tersebut untuk daftar. Setelah, klik ikon ‘Login’ pada pojok kanan bawah.


2. Mendaftar Akun Baru

Selanjutnya klik ikon ‘Login’, maka akan tampil pada halaman untuk masuk. Untuk melakukan pendaftaran silahkan klik tulisan ‘Daftar Baru’ pada bagian bawah.


3. Masukkan Data NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Sesudah klik ‘Daftar Baru’ maka kamu akan dibawa ke halaman validasi identitas. Jika kamu adalah seorang WNI (Warga Negara Indonesia), maka kamu dapat menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk).


Pilih yang WNI, lalu isi 16 digit nomor identitas dengan NIK yang tertera pada KTP. Namun, jika kamu merupakan seorang WNA (Warga Negara Asing), maka dapat menggunakan Paspor. Setelah mengisi NIK, selanjutnya klik ‘Mulai Proses’.


4. Melengkapi Data Diri

Kamu harus mengisi data diri sesuai yang tertera pada KTP seperti nama, tanggal lahir, agama, tempat lahir dan juga jenis kelamin. Setelah itu, masukkan email dan membuat password untuk log in di aplikasi Bareksa.


Kemudian upload berkas foto kartu NPWP. Namun, jika kamu tidak ingin menjadi investor SBN maka dapat memilih “Tidak” dan lanjut.


Selanjutnya jika kamu mempunyai referensi dari orang lain atau kode promo, maka kamu dapat memasukkannya di bagian ‘Kode Referal’. Namun jika kamu tidak mempunyai kode referal tidak masalah, kamu dapat mengabaikannya.


  • Data Alamat

Kamu perlu melengkapi data alamat. Mulai dari jalan, kecamatan, kabupaten, dan provinsi yang sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.


  • Data Lainnya

Data lainnya yang harus kamu isi yaitu penghasilan, pekerjaan, dan juga pendidikan. Tujuannya untuk panduan Bareksa dalam memberikan rekomendasi produk yang sesuai.


Pertanyaan yang di ajukan meliputi“Apakah kamu adalah warga Amerika Serikat atau penduduk tetap Amerika Serikat/Pemegang Green Card?” Jika kamu bukan seorang warga dari Amerika atau pemegang Green Card maka silahkan klik “Tidak”.


Kemudian kamu juga wajib mengisi profil risiko yang akan digunakan sebagai panduan dalam memilih produk investasi yang sesuai. Profil risikonya mulai dari yang rendah, moderat, hingga yang tinggi.


Kamu bisa memilih profil risiko yang disesuai dengan diri kamu sendiri. Jika semua data sudah kamu isi dengan benar maka, klik “Lanjutkan”.


5. Memasukkan Kode Token

Langkah selanjutnya, kamu akan menerima kode unik yang dikirim melalui SMS ke nomor ponsel yang sebelumnya kamu daftarkan. Masukkan kode unik sms tersebut pada aplikasi Bareksa. Kemudian, klik “Lanjutkan”.


6. Verifikasi Rekening

Kamu harus memasukkan informasi rekening bank seperti memilih bank yang digunakan dan masukkan nomor rekening. Rekening bank tersebut akan kamu gunakan sebagai rekening pengirim dan tujuan transaksi reksa dana (nomor rekening harus sama dengan nama akun Bareksa)


Untuk pendaftaran baru kamu hanya bisa memasukkan satu nomor rekening. Setelah mengisi dan memeriksa informasi rekening, klik tombol “Periksa”.


Selanjutnya, akan muncul nama pemilik rekening yang sesuai dengan nomor rekening yang kamu daftarkan. Jika benar, maka klik “Lanjutkan”.


7. Tanda Tangan Elektronik

Kamu harus mencentang bagian persetujuan Syarat dan Ketentuan. Kemudian buat tanda tangan elektronik pada kotak yang tersedia. Apabila ingin mengulang tanda tangan maka kamu bisa klik tanda [X]. Lalu, klik tombol “Selesai”.


8. Menunggu Verifikasi

Sekarang pendaftaran kamu  sudah selesai dan akan diverifikasi oleh pihak Bareksa dalam waktu 1 x 24 jam setelah pengisian data.


Kamu juga bisa melihat secara real time progress verifikasi akun. Sementara menunggu proses verifikasi, kamu dapat menutup aplikasi Bareksa.