Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, semua orang dapat berkarya secara bebas, mudah dan  berpartisipasi dalam menyongsong kemajuan teknologi. Selain itu, kebebasan berekspresi juga dapat dituangkan melalui blog dan berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup menggiurkan jika dikelola dengan benar.


Untuk kamu yang saat ini sedang berimajinasi dan ingin menuangkan karya dalam sebuah tulisan, membuat blog adalah salah satu solusi bagi kamu. Selain dapat mengeksplorasi imajinasi dengan tulisan, kamu juga dapat mengasah kemampuan menulis. 


Salah satu platform yang umum dan biasa digunakan untuk membuat sebuah blog adalah blogspot. Meskipun menggunakan blogspot yang gratisan apabila dikelola dengan benar juga akan mendatangkan keuntungan.


Dalam membuat sebuah blog tidak memandang apakah kamu sudah berpengalaman atau pemula, blogspot dapat menghasilkan pundi rupiah. Ditambah dengan cara membuat blogspot yang cukup mudah sehingga tidak menutup kemungkinan untuk siapapun yang ingin mencoba mempunyai blog pribadi.


Berikut ini merupakan cara membuat blog pribadi yang menarik, gratis, dan juga menghasilkan.


Cara Membuat Blog dengan Simpel

Cara membuat blog pribadi yang gratis, menarik dan juga menghasilkan yang pertama yaitu dengan menggunakan platform blogger.com atau blogspot.com. Cara membuat blog dengan blogspot ini tergolong yang paling mudah untuk dilakukan, sekalipun untuk yang masih awam.


Hal ini lantaran blogspot sendiri adalah platform yang di khususkan untuk blogging yang ramah bagi para pemula. Selain itu blogspot merupakan platform besutan dari google, sehingga fitur yang ditawarkan juga cukup banyak dan menarik.


Cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun sebuah blog pribadi ada dua, yaitu cara yang pertama adalah membuat blog menggunakan ponsel dan membuat blog menggunakan komputer atau laptop.


Cara Membuat Blog Melalui Ponsel

Cara membuat blog pribadi yang gratis, menarik dan menghasilkan yang pertama adalah dengan cara membuat blogspot melalui ponsel. Berikut ini kami rangkum cara membuat blogspot menggunakan ponsel :


1. Unduh aplikasinya Blogspot. Untuk membuat sebuah blog melalui ponsel kamu harus mengunduh aplikasi blogspot terlebih dahulu. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot adalah Blogger.com. Kamu dapat mengunduhnya di Google Play Store maupun melalui App store.


2. Masukan alamat email. Setelah kamu selesai mengunduh serta menginstal aplikasi tersebut, langkah selanjutnya yaitu memasukan alamat email untuk membuat akun.


3.Sign Up menggunakan alamat email. Selanjutnya adalah melakukan sign up dengan memasukan alamat email dan juga password yang kamu punya.


4. Edit profil. Jika sudah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, kamu dapat mulai mengisi profil yang ada sesuai dengan keinginan dan juga arahan pada halaman edit profil. Kemudian kamu dapat memilih buat blog baru.


5. Tulis alamat blog dan judul blog. Setelah di arahkan ke halaman buat blog baru, silahkan kamu menuliskan alamat blog. Kamu harus perhatikan saat mengisi alamat blog ini, kamu diperintah untuk harus menuliskan alamat blog dengan nama yang belum pernah dipakai oleh pengguna lainnya.


6. Klik desain template. Jika sudah menuliskan alamat serta judul blog, kamu dapat memilih desain template yang sesuai dengan keinginan.


Cara Membuat Blog Melalui PC atau Laptop

Cara kedua adalah membuat blog melalui aplikasi pada PC atau Laptop, kamu perlu menyiapkan sebuah alamat email dari google. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka halaman browser. Langkah pertama kamu harus membuka halaman browser pada PC maupun laptop. Kemudian tuliskan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.


2. Klik create your blog. Kemudian akan muncul halaman blogger.com, kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membangun blog baru.


3. Buat akun dengan email. Langkah selanjutnya kamu dapat menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspot. Walaupun kamu membuat akun baru, namun kamu tidak perlu untuk mendaftar. Ini karena blogspot akan otomatis menghubungkan dengan data yang ada pada akun gmail kamu.


4.Lengkapi profil. Sesudah masuk pada akun blogger.com, kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog. Walaupun kamu diminta untuk melengkapi profil, namun kamu dapat mengisinya dilain waktu.


5.Settingan umum pada dashboard. Pada halaman profil, kamu dapat langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat. Pada dashboard ini silahkan menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.

Kemudian klik create blog. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, kamu dapat menolaknya dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.


6.Pengaturan post blog. Langkah berikutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mempublishnya jika sudah selesai menulis isi blog.


7.Lihat hasil postingan. Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan yang sudah kamu tulis pada blog, kamu bisa klik visit blog maupun mengetik alamat blog yang kamu buat.


Cara untuk Menghasilkan Uang dari Blog

Tujuan membuat blog pribadi yang menarik tentunya tidak lepas dari adanya niatan untuk menggunakan blog sebagai media dalam menghasilkan uang. Jika kamu mempunyai keinginan untuk dapat menghasilkan uang dari blog, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.


1. Menjadi publisher iklan

Publisher Iklan merupakan seseorang yang memasang iklan di halaman web yang seseorang miliki. Salah satu layanan yang banyak digunakan oleh para blogger adalah Google Adsense.


Google Adsense merupakan jaringan periklanan besutan Google untuk pemilik Website, Saluran Youtube dan juga Aplikasi, kalian dapat memasang iklan dari Google pada website. Setiap klik iklan yang diperoleh akan diakumulasi menjadi uang yang nantinya bisa dicairkan setiap tanggal 22.


2. Memberi Ulasan Produk Tertentu

Cara membuat blog pribadi yang bisa menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan melakukan endorse atau memberi ulasan mengenai produk tertentu. Pemilik merek akan mengirimkan produk atau menawarkan jasa yang dapat dinikmati oleh para blogger secara gratis. Bahkan cukup banyak blogger yang dibayar untuk mengulas produk tersebut di blog pribadinya.