Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan Internet Yang Lambat

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kecepatan internet yang kamu gunakan menjadi lambat. Tentunya hal ini cukup menjengkelkan dan bisa membuat frustasi siapapun.


Penyebab dan Cara Mengatasi Internet Lambat

Penyebab dari masalah Internet yang lambat ini misalnya karena modem atau router, sinyal Wifi, kekuatan sinyal pada saluran kabel, serta perangkat pada jaringan yang memenuhi bandwidth kamu, atau bahkan server DSN yang lambat. Dibawah ini beberapa cara untuk mengatasi kecepatan internet kamu yang lambat.


1. Cobalah periksa kecepatan internet kamu, kemudian bandingkan dengan kecepatan yang seharusnya diberikan provider internet. 

Untuk melakukannya kamu perlu menjalankan Uji Kecepatan Internet di sebuah website CBN yang menyediakan layanan untuk para penggunanya.  Tetapi sebelumnya, kamu harus menghentikan kegiatan download, upload atau aktivitas apapun yang menggunakan jaringan internet. 


Cara menggunakan layanan CBN yang gratis ini, kamu dapat menggunakan laptop maupun ponsel dengan membuka browser di perangkat yang sudah dipilih. Cukup mudah, bukan?


2. Cobalah persempit masalahnya dengan memeriksa sejumlah website dan perangkat

Jika internet kamu lambat, maka kamu perlu mencoba menghubungkan sejumlah website ataupun menggunakan sejumlah perangkat yang ada di rumah. Apabila kelambatan hanya terjadi pada satu website saja, ini berarti masalahnya ada pada website tersebut, bukan pada internet kamu.


Namun jika kelambatan hanya terjadi pada satu perangkat saja, maka masalahnya berada pada perangkat itu, dan kamu perlu melakukan reboot komputer atau menggunakan sebuah scan antivirus untuk memeriksa semuanya berjalan dengan baik.


3. Silahkan nyalakan ulang (reboot) Modem dan Router Anda

Jika langkah kedua tidak banyak memberikan hasil, maka sudah saatnya bagi kamu untuk menyalakan ulang modem atau router. Untuk melakukannya, kamu dapat mencabut keduanya dari aliran daya listrik selama beberapa detik sebelum dicolokkan kembali ke daya listrik.


Hal ini biasanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk terhubung kembali dengan provider layanan internet dan menjadikan koneksi internet kamu online kembali, jadi bersabarlah.


4. Putuskan koneksi perangkat yang terhubung dengan koneksi kamu

Koneksi internet kamu biasanya terbagi untuk beberapa perangkat di rumah seperti laptop, ponsel, tablet dan yang lainnya. Ini lantaran perangkat lain yang terhubung pada jaringan kamu akan membuat penuh koneksi internet, sehingga membuat koneksi internet menjadi lambat untuk semua perangkat.


5. Silahkan perbaiki sinyal WiFi kamu

Apabila internet kamu berjalan dengan baik, maka silahkan cek sinyal Wifi. Ada beberapa alasan kamu akan mengalami masalah sinyal Wifi, salah satunya yakni gelombang udara yang sesak dengan terlalu banyak perangkat di sekitarannya.


Umumnya ini terjadi pada area perkotaan yang padat penduduk dan sama-sama menggunakan berbagai perangkat router nirkabel yang berbeda-beda.


6. Silahkan hubungi ISP kamu dan laporkan masalahnya

Terakhir yang mungkin menjadi penyebab kecepatan internet kamu lambat yaitu adanya masalah yang dialami oleh provider layanan internet itu sendiri. Sebagai contoh, mungkin saja ada masalah dengan saluran kabel yang mengarah dari rumah kamu ke ISP yang kamu gunakan, atau dengan peralatan lainnya.


Apabila sudah begitu, maka sudah saatnya kamu harus menghubungi provider layanan internet tersebut dan melaporkan masalah kelambatan internet yang kamu alami.