Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Menggunakan Google Ads

Google Ads merupakan fitur iklan berbayar yang akan muncul di pencarian Google. Untuk bisa menampilkan iklan berbayar atau paid search tersebut, pengiklan tentunya harus membayar supaya iklan mereka dapat ditampilkan dengan menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk dan jasa yang mereka iklankan.


Di situlah pentingnya membuat keyword spesifik yang tepat sasaran terhadap audiens yang pengiklan targetkan ketika beriklan melalui perantara Google Adwords, sehingga hasil pencarian produk bisnis kamu bisa bertengger di pencarian atas Google.


Semakin tinggi posisi iklan di hasil pencarian laman Google menggunakan paid search, tentunya akan berkemungkinan besar iklan kamu akan dilihat lebih banyak orang sekaligus memperbesar peluang mendapatkan pelanggan.


Panduan Menggunakan Google Ads

Seorang pengusaha harus mulai belajar dan menyesuaikan tren usahanya di zaman yang serba digital seperti saat ini. Ada konsep Google Adwords yang perlu kamu pahami agar efektif. Berikut dasar-dasar yang perlu pengusah  kuasai sebelum memutuskan mengiklankan produk serta jasa melalui Google Adwords:


1. Cara Kerja dan Efektivitas Google Adwords

Jika di analogika cara kerja Google Adwords secara sederhana. Contohnya, saat calon konsumen mencari kebutuhan mereka melalui kata kunci atau keyword di kolom pencarian Google, maka produk atau jasa kamu akan muncul di halaman pencarian Google.


Misalnya saat orang mencari keyword 'sepatu murah'. Jika kamu mengoptimalkan fitur Google Adwords dengan pemilihan keyword yang terbaik dari pencarian organik, maka probabilitas orang akan membuka situs kamu sangat tinggi.


Jika kamu berhasil membuat situs iklan 'nangkring' di posisi paling atas, maka tingkat kredibilitas serta kepercayaan calon konsumen akan jadi meningkat. Hal tersebut tentunya dapat membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa kamu.


2. Membayar Iklan di Google Adwords

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin beriklan Google Ads. Salah satunya jangan sampai modal iklan jauh lebih besar dibandingkan penghasilan dalam rentang waktu yang lama. Maka, lakukan evaluasi secara rutin dan rinci.


Selain itu, kamu hanya perlu membayar iklan saat ada orang yang mengklik dan membuka situs usaha. Ada tiga istilah yang mesti dipahami agar iklan lebih efektif dengan teknik pengiklanan sebagai berikut:


- Biaya setiap 1.000 Impresi (Pay per Thousand Impression)

Kamu hanya akan dikenakan biaya ketika ada 1.000 orang yang melihat iklan yang muncul di halaman pencarian Google. Ini merupakan cara yang efektif jika menginginkan melihat penambahan signifikan dan efek iklan ke dalam omzet.


- Biaya Per Klik (Pay per Click)

Kamu diwajibkan untuk membayar ketika calon konsumen mengeklik iklan. Sedangkan jika mereka hanya melihat iklan tanpa klik, Google tidak akan mengenakan biaya.


- Biaya Per Konversi (Pay per Conversion)

Cara yang satu ini cukup efektif, lantaran kamu hanya diwajibkan membayar kepada Google saat calon konsumen memenuhi target kamu, misalnya jika mereka benar-benar mengakses situs iklan yang dapat dilihat dari lama waktu mereka berada di situs kamu, kemudian apakah calon konsumen memasukkan produk kamu di keranjang belanja dan lain sebagainya.


3. Cara Daftar Akun serta Transaksi Pembayaran Google Adwords

Apabila kamu sudah memahami konsep serta cara kerja Google Adwords, langkah berikutnya adalah registrasi atau mendaftarkan akun di Google Adwords.


- Buka browser untuk mulai akses situs Google Ads

- Kemudia melakukan sign in ke dalam akun Google kamu yang digunakan sebagai akun Google Adwords

- Setelah itu klik menu 'Get started' atau 'mulai sekarang' lalu pilih satu dari tiga tujuan pengiklanan Anda

- Tulis jawaban di kolom deskripsi bisnis serta masukkan URL situs iklan

- Isi radius jangkauan konsumen yang ingin kamu targetkan

- Membuat keywords atau kata kunci pencarian produk atau jasa

- Isi lima kolom yang meliputi headline dan juga deskripsi iklan

- Langkah selanjutnya masukkan nomor ponsel yang akan ditampilkan di iklan Google, sehingga calon konsumen dapat menghubungi melalui nomor tersebut

- Akan ada tiga pilihan budget atau paket pembayaran dari Google yang akan kamu bayar setiap bulannya, selain itu kamu diberikan kebebasan untuk menentukan budget sendiri

- Selesaikan informasi transaksi pembayaran