Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bergabung Dalam Rapat Zoom


Zoom tidak menahan diri untuk mengizinkan pengguna bergabung ke rapat. Perusahaan menyediakan beberapa cara untuk bergabung bahkan jika kamu belum mengunduh perangkat lunak Zoom. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk masuk pada rapat Zoom.


Cara Bergabung dalam Rapat Zoom

Agar kamu dapat bergabung ke rapat di Zoom, tuan rumah harus mengatur rapat terlebih dahulu . Sesudah tuan rumah memulai sesi maka para peserta dapat mulai bergabung. Atau, tuan rumah bisa  mengaktifkan pilihan yang memungkinkan pengguna untuk dapat bergabung sebelum tuan rumah tiba, namun rapat masih harus diatur terlebih dahulu.


Gunakan Aplikasi Zoom

Apabila kamu sudah menginstal Zoom di perangkat kamu, kamu dapat bergabung ke rapat secara langsung dari aplikasi menggunakan ID rapat atau nama tautan pribadi yang telah dikirimkan kepada kamu oleh penyelenggara.


Pertama Buka Zoom, setelah itu kamu akan diminta untuk masuk. Kemudian asukkan email dan kata sandi, lalu memilih “Masuk”, atau  masuk dengan SSO , Google, maupun Facebook, setelah kamu memilihnya maka akan dibawa ke halaman masuk masing-masing. Apabila kamu ingin masuk menggunakan SSO, kamu harus mengetahui URL perusahaan, yang biasanya seperti ini, "namaperusahaan.zoom.us"

Apapun metode yang kamu gunakan, setelah proses ini selesai, kamu akan masuk di halaman beranda aplikasi Zoom. Di sini, pilih "Join"

Jendela baru akan muncul. Pada kotak pertama masukkan ID rapat yang dikirimkan kepada kamu ketika kamu menerima undangan melalui email. Atau, kamu dapat memasukkan nama tautan pribadi jika kamu mengetahuinya.

Pada kotak bagian bawah masukkan nama tampilan kamu, pilih apakah kamu ingin bergabung ke rapat dengan audio dan video yang diaktifkan , lalu pilih tombol "Join".

Setelah itu, kamu akan berada di rapat.


Gunakan Situs Web Zoom

Apabila kamu bergabung dalam rapat dengan perusahaan lain, mereka harus mendaftarkan URL perusahaan dengan Zoom. Umumnya seperti "companyname.zoom.us", kemudian periksa dengan host untuk memastikan.


Setelah kamu mempunyai URL perusahaan lalu klik URL tersebut dan kamu akan dibawa ke browser. Halaman arahan akan terlihat berbeda antar perusahaan, tetapi pilihan yang tersedia sebagian besar akan sama.

Pilih tombol "Join"

Sekarang kamu harus memasukkan ID rapat atau nama tautan pribadi yang seharusnya kamu terima dari penyelenggara rapat. Setelah itu pilih "Join"

kamu sekarang telah bergabung dengan rapat.


Gunakan Tautan Email

Saat tuan rumah mengirim kamu undangan melalui email, kamu harus menerima undangan tersebut. Tautan pertama dalam pesan tersebut adalah tautan “Bergabung dengan Zoom Meeting”. Klik tautan tersebut.

Setelah kamu klik tautan tersebut maka kamu akan dibawa ke rapat Zoom.


Panggilan Rapat

Apabila kamu lebih suka menggunakan ponsel untuk menelepon rapat, itu juga merupakan pilihan. Dalam undangan email yang kamu terima, kamu akan melihat nomor telekonferensi. Hubungi nomor tersebut saat diminta memasukkan nomor ID rapat.