Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Open AI? Yuk Kenali Perusahaan Artificial Intelligence Pembuat Chat GPT

Apa Itu Open AI? Yuk Kenali Perusahaan Artificial Intelligence Pembuat Chat GPT

Banyak yang bertanya apa itu Open AI sejak hadirnya Chat GPT yang menjadi bahan perbincangan di seluruh dunia. Yuk ketahui lebih lanjut!

OpenAI merupakan perusahaan di balik rilisnya Chat GPT pada November 2022 lalu dan langsung menggemparkan berkat pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Chat GPT mampu memberikan informasi yang detail dan kompleks sehingga digadang-gadang sebagai pengganti Google di masa mendatang.

Selain itu, kehadiran Chat GPT juga mampu membantu pekerjaan seperti penulis dan programer.
Lalu apa itu Open AI? Yuk ketahui selengkapnya!

 

Apa Itu Open AI

OpenAI adalah perusahaan yang di dirikan pada tahun 2015 di San Francisco, Amerika Serikat dan berfokus untuk laboratorium riset serta penerapan Artificial Intelligence.

Melansir dari laman resmi OpenAI.com, mereka memiliki misi untuk menciptakan AI yang super cerdas untuk membantu manusia dalam berbagai bidang.

Di balik besarnya nama OpenAI saat ini terdapat tokoh besar seperti Sam Altman, Greg Brockman hingga Elon Musk.

Namun Elon Musk memutuskan untuk mengundurkan diri dari jajaran direksi perusahaan lantaran berpotensi adanya konflik kepentingan pada perusahaan dia yang lain seperti Tesla dan SpaceX.


Pada awal pendiriannya OpenAI mendapatkan suntikan dana sebesar $1 miliar atau setara Rp 15 triliun. Dana tersebut untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang bisa memberikan manfaat untuk manusia.

Dalam pembuatan produknya termasuk ChatGPT, OpenAI harus menempuh jalan yang rumit. Ini karena OpenAI menggunakan data dengan jumlah yang besar dan perangkat lunak yang berdasarkan neuron pada otak manusia.

Berdasarkan laporan dari Washington Post, awalnya Open AI merupakan perusahaan non-profit yang bertujuann unuk membanun perangkat lunak kecerdasan buatan dan menjadikannya sumber terbuka agar banyak orang bisa memanfaatkannya.

Namun di tahun 2019 silam, OpenAI berubah menjadi perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk memberikan keuntungan kepada para investornya.

 

Fungsi

Hingga saat ini Open AI berfungsi sebagai laboratorium penelitian pada bidang Artificial Intelligence dan mengembangkan produk berbasis AI.

Selain itu, Open AI juga bertujuan untuk mengembangkan aplikasi dan alat berbasis AI yang bisa di akses untuk para peneliti, pengembang hingga pemilik bisnis.

Open AI berkomitmen untuk selalu memberikan transparansi terkait keamanan dalam pengembangan sistem kecerdasan buatannya.

Dengan menjalin hubungan dengan para pembuat kebijakan, peneliti dan pemangku kepentingan sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat secara luas.

 

Produk OpenAI

Chat GPT adalah menjadi salah satu produk AI yang membuat nama Open AI menjadi terkenal karena berhasil menciptakan alat yang membantu manusia.

Namun bukan hanya ChatGPT saja melainkan terdapat juga beberapa produk OpenAI lainnya yaitu :


GPT-3 : Kecerdasan buatan yang bisa menghasilkan teks layaknya manusia untuk diterapkan pada berbagai aplikasi. Misalnya seperti chatbot, pembuatan konten hingga penerjemah bahasa.

Codex : Sebuah Artificial Intelligence yang bisa menghasilkan kode dari berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton, JavaScript, dan lain-lain.

DALLE : Kecerdasan buatan yang bisa membuat gambar dari perintah teks deskripsi

CLIP : Sistem yang bisa mengenali sebuah gambar berdasarkan deskripsi bahasa

Gym : Open source yang bisa di gunakan untuk mengembangkan dan membandingkan algoritma pembelajaran penguatan

RoboSumo : Platform yang berguna untuk mengembangkan serta melakukan pengujian terhadap robot otonom

GPT-4 : Model bahasa multimodal yang mampu menyelesaikan masalah yang kompleks serta akurasi yang tinggi karena mempunyai pengetahuan umum dan kemampuan problem solving yang lebih tinggi.


Selain produk tersebut, Open AI juga memiliki layanan konsultasi Artificial Intelligence untuk membantu para pelaku bisnis menerapkan teknologi AI ke dalam produk mereka.

Itulah penjelasan tentang apa itu Open AI beserta fungsi dan contoh produknya, semoga bermanfaat.