Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nostalgia! Kisah Pesan Instan Dari CTSS Sampai WhatsApp

Perkembangan Pesan Instan Dari Masa ke Masa


Perkembangan teknologi pesan instan dari masa ke masa menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas, yuk baca selengkapnya!

Saat ini teknologi pesan instan menjadi kebutuhan semua orang di era digital untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain secara singkat tanpa terhalang jarak.

WhatsApp menjadi platform pesan singkat dengan pengguna aktif paling banyak saat ini yang mana mencapai 2,41 miliar orang pada kuartal III tahun 2022.

Kehadiran platform tersebut memiliki berbagai fitur menarik dan adaptasi teknologi yang sangat baik sehingga bisa berkomunikasi dengan mudah dan sederhana.

Namun sebelum itu, teknologi pesan instan mulai ngetrend sejak era 90'an, yang mana saat itu mulai tren akan penggunaan internet.

 

Teknologi Pesan Instan Dari Masa ke Masa

Era sebelum 2000'an

Meskipun mulai ngetrend pada era 1990'an namun perkembangan pesan instan terjadi tahun 1961. Saat itu digagas oleh Compatible Time-Sharing System (CTSS) di MIT untuk membuat pesan singkat yang melibatkan 30 pengguna.

Setelah itu perkembangan pesan singkat terjadi pada 1988 dengan hadirnya Internet Relay Chat atau IRC yang mulai masuk pada platform Windows.

Sedekade kemudian lahir platform pesan singkat yang sempat populer dalam waktu lama, yaitu Yahoo! Messenger yang terintegrasi dengan layanan Mail dan Service hingga awal tahun 2000'an.

Kehadiran Yahoo Messenger sangat fenomenal hingga menggagalkan perusahan lain yang ingin membuat pesan instan seperti MSN Messenger dari Microsoft dan Tencent Holdings dari QQ.

Era 2000'an

Memasuki era 2000'an persaingan pesan instan semakin sengit dengan hadirnya berbagai platform baru buatan perusahaan-perusahaan besar.

Salah satunya Apple yang merilis iChat yang diperuntukkan untuk para pengguna Mac OS X (2022). Kemudian ada Google yang merilis platform pesan singkat bernama Google Talk yang terintegrasi langsung dengan Gmail.

Tak luput juga salah satu raksasa perusahaan teknologi yaitu Blackberry meluncurkan Blackberry Messenger atau BBM yang sempat fenomenal mulai tahun 2005 sampai 2010.

Saat itu BBM baru hadir secara eksklusif untuk para pengguna ponsel Blackberry saja. Namun seiring bertambahnya pengguna, BBM rilis pada Android dan iOS.


Selain itu ada juga MySpace yang merilis MySpaceIM untuk melengkapi fitur pesan instan pada media sosial mereka di tahun 2006.

Tak kalah juga, salah satu media sosial terbesar di dunia yaitu Facebook juga merilis Facebook Chat di tahun 2008. Platform ini memungkinkan para penggunanya untuk bertukar pesan singkat secara cepat.

Pada era tersebut mayoritas ponsel memiliki sistem operasi java. Beberapa aplikasi pesan singkat yang hadir kala itu antara lain Mig33, Mxit, Nimbuzz, YehBa, hingga EBuddy.

Era 2010s

Pada era ini perkembangan pesan instan terkendala perbedaan berbagai sistem operasi pada ponsel mulai dari iOS, Blackberry, Java,Symbian hingga Android.

Untuk memecahkan masalah tersebut WhatsApp rilis pada tahun 2009 untuk menyatukan berbagai jenis sistem operasi yang ada.

Awalnya WhatsApp rilis hanya untuk iOS, namun seiring berjalannya waktu mulai merilis ke seluruh system operasi mulai dari Android, Blackberry, Symbian, Windows Phone dan lain-lain.


Di lain sisi banyak aplikasi pesan singkat yang hadir dengan segudang fitur menarik seperti KakaoTalk (2010), WeChat 2011, Line (2011) yang terintegrasi dengan layanan pembayaran games hingga berita.

Selain itu terdapat juga Snapchat (2011) yang populer dengan fitur filter kamera yang lucu, lalu ada juga Telegram (2013) yang menyediakan fitur bot dan channel.

Hingga kini perkembangan teknologi pesan instan semakin berkembang tak hanya sebatas untuk chat dan panggilan saja. Namun memiliki berbagai fitur menarik untuk para penggunanya.