Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Tanah, Investasi Yang Menjanjikan

Investasi Tanah, Investasi Yang Menjanjikan


Investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang mempunyai tujuan untuk memberikan keuntungan pada pelaku investasi itu sendiri. 

Secara sederhana, investasi di artikan sebagai salah satu cara dalam upaya mengembangkan uang ataupun harta yang dimiliki oleh investor dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.  

Sebelum melakukan investasi ada dua jenis golongan investasi berdasarkan jangka waktunya. Berikut adalah jenisnya :

Investasi Jangka Panjang 

Investasi jangka panjang terbilang mempunyai rentang waktu yang cukup lama dalam memperoleh keuntungan, biasanya dalam kurun waktu tiga tahun, enam tahun atau bahkan hingga puluhan tahun yang akan datang. Sebagai contohnya investasi emas, saham,tanah, dan juga bangunan.

Investasi Jangka Pendek 

Berbeda dengan investasi jangka panjang, investasi jangka pendek jauh lebih cepat dalam memperoleh keuntungan. 

Pada umumnya akan menghasilkan keuntungan dalam kurun waktu satu hingga tiga tahun. Contoh dari investasi jangka pendek adalah obligasi, reksa dana, serta deposito. 

Terdapat banyak jenis investasi yang mempermudah sesorang dalam menyesuaikan kebutuhan dan juga kemampuannya. 

Salah satu investasi yang dianggap paling menguntungkan oleh banyak orang adalah investasi tanah.  Sebelum memulai melakukan investasi tanah terdapat beberapa syarat investasi tanah yang ideal yaitu :

  • Legalitas dukomen tanah yang lengkap
  • Prospek peningkatan harga 
  • Ukuran sesuai kebutuhan
  • Potensi terjadinya bencana yang minim
  • Letak strategis 


Investasi tanah saat ini banyak digandrungi oleh banyak orang

Sadar akan harga tanah yang tidak pernah turun dari tahun ke tahun hingga pertumbuhan penduduk yang membludak menjadikan orang akan terus menerus mencari tanah untuk membangun tempat tinggal maupun kebutuhan lainnya seperti ruko.

Sehingga investasi tanah dianggap sebagai investasi jangka panjang yang dinilai cocok untuk ditekuni.

Hanya saja investasi tanah tidak bisa dilakukan secara asal, diperlukan riset yang mendalam terlebih dahulu agar tanah yang dijadikan investasi dapat memberikan keuntungan.


Kelebihan investasi tanah

1. Harga Tanah yang Cenderung Tidak Pernah Turun

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk hal ini ternyata berdampak pada harga tanah yang tidak pernah turun bahkan cenderung selalu meningkat. 

Kenaikan harga tanah juga terbilang tidak kecil, bahkan apabila lokasi tanah berada pada daerah yang strategis presentasi kenaikannya bisa mencapai 100% hingga 200%.

2. Tanah Dapat Dimanfaatkan untuk Kegiatan Yang Produktif 

Sebagai investasi jangka panjang, tanah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif seperti bercocok tanam, disewakan dan lain sebagainya. 

Selain itu tanah juga dapat dijadikan sebagai tempat usaha dengan membangun ruko-ruko yang dapat dikelola sendiri maupun di sewakan kepada orang lain. 

3. Perawatan Tidak Terlalu Rumit

Sederhananya apabila tanah tidak disewakan dalam bentuk lahan kosong maupun bangunan maka tanah dapat dibiarkan tanpa di urus karena tanah tersebut tidak akan mengalami kerusakan. 

4. Cenderung tidak Mengalami Depresiasi 

Depresiasi merupakan keadaan dimana terjadi pengurangan nilai suatu aset yang diakibatkan oleh usia atau durasi pemakaian. 

Pada tanah, depresiasi cenderung tidak terjadi, hal ini dikarenakan tanah jarang mengalami penyusutan atau penurunan nilai yang diakibatkan oleh kerusakan, kehilangan dan lain sebagainya. 

.5. Investor Risk Averse 

Investor Risk Averse merupakan jenis investasi yang cenderung menghindari resiko. Investor akan merasa lebih nyaman dengan investasi yang rendah resiko atau bahkan tidak ada potensi kerugian atas investasi yang dilakukannya. 

6. Resiko Kehilangan Minim 

Selama mempunyai legalitas dukomen yang sah tanah tidak akan mengalami pencurian, kerusahan atau tidakan kejahatan lainnya. sehingga diperlukan dokumen yang lengkap dan juga sah. 

7. Kebutuhan Banyak Orang

Saat ini tanah merupakan kebutuhan banyak orang. Dengan adanya peningkatan pada jumlah penduduk yang sangat pesat, keperluan tempat tinggal juga akan semakin meningkat. 

Sehingga semakin banyak dibutuhkan oleh orang, maka dari itu harga tanah akan cenderung semakin naik. 


Beberapa kekuragan investasi tanah

Disamping kelebihan dari investasi tanah, investor atau calon investor juga harus mengetahui kekurangan dari investasi tanah yang dapat diperhitungkan terlebih dahulu sebelum berkecimpung dalam dunia investasi. 

1. Kurang Cocok Bagi Pemula 

Dalam dunia investasi tanah, dana yang dibutuhkan untuk membeli tanah terbilang cukup besar.

Apabila mencari tanah dengan lokasi yang strategis serta luas yang ideal maka investor pemula harus menyiapkan budget yang cukup banyak. 

2. Aset yang Susah Dicari 

Saat ini tanah menjadi barang yang susah dicari. Hal ini dikarenakan tanah dengan lokasi yang strategis biasanya telah dikuasi oleh investor lama dan apabila ingin membelinya maka tentu akan mengeluarkan uang yang sangat banyak. 

3. Lokasi Menentukan Harga

Lokasi tanah yang strategis juga berpengaruh terhadap harga, sehingga banyak orang yang menginginkan tanah dengan lokasi strategis karena dimasa yang akan datang akan memberikan keuntungan yang besar apabila dijadikan tempat usaha maupun dijual kembali. 

4. Tidak Memberikan Profit Secara Rutin

Sebagai salah satu investasi jangka panjang, tanah bukan merupakan sumber pemasukan yang tetap.

Keuntungan dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang, setelah adanya kenaikan harga dan dapat terjual dengan harga yang tinggi. 


Tips dalam memulai investasi tanah

Setelah mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari investasi tanah, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tips dalam memulai investasi tanah agar mampu memberikan profit yang tinggi

1. Riset Harga Tanah Sebelum Negosiasi 

Sebelum melakukan negosiasi alangkah baiknya lakukan riset harga terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasar dengan lokasi tertentu. 

Hal ini penting untuk dilakukan agar negosiasi yang terjadi mencapai kesepakatan dengan harga yang wajar sehingga nantinya dapat memberikan keuntungan yang besar di masa yang akan datang. 

2. Legalitas Dokumen Tanah yang Lengkap

Tips investasi yang tidak kalah penting adalah dengan memastikan bahwa tanah yang mempunyai dokumen yang lengkap dengan legalitas yang sah. 

Hal ini penting dilakukan agar tanah tersebut mempunyai kekuatan hukum yang sah dan tidak terjadi masalah yang besar apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti adanya penyitaan dan lain sebagainya. 

Selain itu, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan balik nama pada sertifikat tanah agar tanah tersebut secara sah menjadi milik kita sendiri. 

3. Pilih Lokasi Tanah yang Strategis 

Memilih lokasi tanah yang strategis merupakan satu tips yang dapat menjamin bahwa tanah akan memberikan keuntungan yang besar dimasa mendatang. Semakin strategis lokasi tanahnya maka harganya juga akan semakin tinggi. 

4. Manfaatkan Tanah Untuk Kegiatan yang Produktif

Pemanfaatan tanah dapat dilakukan sebelum tanah di jual di masa yang akan mendatang. Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan dalam bentuk bercocok tanam, penyewaan tanah, maupun kegiatan lainnya  daripada membiarkan tanah tidak terurus.


Demikian pembahasan terkait investasi tanah dari mulai kelebihan, kekurangan hingga tips yang dapat dipertimbangkan sebelum memulai melakukan investasi tanah agar dapat memberikan keuntungan yang besar bagi pemiliknya.