Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Realme Kembali Meluncurkan Series Terbaru Mereka, Realme P1 dan P1 Pro di Pasar India

Realme Kembali Meluncurkan Series Terbaru Mereka, Realme P1 dan P1 Pro di Pasar India

Tidak mau kalah dari keluarga Xiaomi, kini Realme juga telah menghadirkan seri baru mereka yang diberi nama Realme seri P1 dan P1 Pro di pasar India.

Menurut Wakil Presiden Realme Global bernama Chase Xu, huruf P di seri ini melambangkan power atau kekuatan.

Artinya, smartphone Realme P series yang menyasar pasar ponsel kelas menengah ini kemungkinan besar akan dibekali dengan spesifikasi yang cukup bertenaga.

Kedua ponsel Realme ini membawa desain yang cukup menarik dengan modul kamera berbentuk lingkaran yang diposisikan di sisi tengah.

Namun yang jadi pembeda, Realme P1 memiliki desain bodi dengan bingkai datar atau flat. Sedangkan Realme P1 Pro memiliki bingkai dengan bentuk melengkung.


Sebagai seri terbaru, kedua ponsel ini mengunggulkan layar berjenis AMOLED dengan refresh rate 120 Hz, kamera 50 megapiksel, dan baterai 5000 mAh yang sudah dilengkapi dengan pengisian cepat 45 Watt.

Secara umum, embel-embel Pro diposisikan sebagai model teratas di lini ini karena dibekali spesifikasi yang lebih mumpuni.

Misalnya, spek kamera Realme P1 Pro dibekali dengan kemampuan kamera yang lebih mumpuni dengan konfigurasi kamera utama 50 megapiksel dengan sensor Sony LYT-600.

Ditemani juga kamera ultrawide 8 megapiksel dan HP ini bisa melakukan perekaman video hingga resolusi tinggi di 4K 30 FPS atau juga bisa di Full HD 60 FPS.

Serta telah dilengkapi juga dengan fitur OIS yang dapat menghasilkan kualitas video yang lebih stabil.

Sementara itu, Realme P1 reguler dibekali dua buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 megapiksel dengan sensor Samsung JN1, kamera monokrom 2 megapiksel dengan kemampuan perekaman video yang lebih rendah di Full HD 60 FPS.


Soal dapur pacu, chipset Realme P1 Pro sedikit lebih mumpuni dibandingkan versi reguler, yakni ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 6 gen 1 yang berjalan di teknologi 4 nanometer yang memiliki clock speed maksimal hingga 2,2 GHz.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dengan dua opsi penyimpanan media berkapasitas 128 atau 256 GB.

Sementara varian regulernya ditenagai chipset Dimensity 7050 yang berjalan di teknologi 6 nanometer, namun memiliki clock speed maksimal lebih tinggi di angka 2,6 GHz.

Chipset tersebut dipadukan dengan 2 opsi RAM 6 atau 8 GB dan juga dua opsi penyimpanan media berkapasitas 128 atau 256 GB.

Aspek unggulan lain terletak pada layar, di mana kedua ponsel Realme P1 series ini sama-sama dibekali layar berjenis AMOLED dengan refresh rate 120 Hz, resolusi Full HD+, touch sampling rate 240 Hz, serta memiliki sebuah punch hole yang menampung kamera selfie 16 megapiksel.

Bedanya, varian Pro memiliki ukuran layar yang sedikit lebih luas di angka 6,7 inci, sedangkan varian reguler memiliki ukuran layar 6,67 inci.

Namun seri P1 reguler memiliki keunggulan di tingkat kecerahan layar yang mencapai 1200 nits, dari 950 nits yang ada di varian P1 Pro.


Di aspek sumber daya, kedua ponsel yang telah menjalankan antarmuka Realme UI 5.0 berbasis Android 14 ini, ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC berdaya 45 Watt.

Keduanya sama-sama dibekali dukungan fitur Wi-Fi 6, konektivitas 5G, USB Type-C, Bluetooth 5.2, dual stereo speaker, serta sistem keamanan pemindai sidik jari yang telah dibenamkan di dalam layar.

Bedanya, Realme P1 Pro sudah dibekali dengan sertifikasi tahan debu dan air bertekanan tinggi dari segala arah dengan rating IP65.

Sedangkan Realme P1 hanya dibekali sertifikasi tahan debu dan percikan air dengan rating IP54.

Di India, Realme P1 hadir dalam warna Phoenix Red dan Peacock Green dengan banderol harga mulai 15.999 rupee atau sekitar Rp3.000.000 juta.

Sedangkan Realme P1 Pro hadir dalam warna Phoenix Red dan Parrot Blue dengan banderol harga mulai 21.999 rupee atau sekitar Rp4.200.000 juta.


Namun, sayangnya hingga artikel ini diterbitkan belum ada informasi resmi soal ketersediaan Realme P1 series ini di luar pasar India termasuk di negara Indonesia.