Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Otak Menjadi Cerdas Dengan Kebiasaan Ini

Pernahkah kamu merasa kagum dengan orang-orang cerdas di sekitarmu? Mereka seolah punya sumber daya tak terbatas untuk mengatasi masalah, meraih kesuksesan, dan menjalani hidup dengan cemerlang.

Apa sih rahasia mereka? Ternyata kuncinya ada pada kebiasaan sehari-hari. 

Pada artikel ini, kita akan mengupas lima kebiasaan sederhana namun efektif yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Cara Melatih Otak

1. Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
Foto: freepik

Olahraga bukan sekadar bikin badan bugar, tapi juga punya efek luar biasa pada kesehatan otak. Saat kita aktif secara fisik, aliran darah ke otak meningkat membawa oksigen dan nutrisi penting untuk fungsi optimalnya.

Otak pun memproduksi BDNF semacam pupuk yang mendorong pertumbuhan sel saraf baru dan memperkuat koneksi antar sel. Hasilnya, daya ingat, fokus, dan kemampuan belajar kita makin tajam. 

Oleh karena itu, sempatkan minimal 30 menit olahraga setiap hari ya. Entah itu jalan kaki, lari, berenang, atau bersepeda dan konsistensi adalah kuncinya.

2. Baca Buku di Luar Zona Nyaman

Baca Buku di Luar Zona Nyaman
Foto: freepik

Katakan apa yang kamu baca, maka akan aku katakan siapa dirimu. Buku adalah jendela dunia yang membuka wawasan dan mengasah kecerdasan.

Tapi jangan cuma melahap buku dalam genre atau topik yang itu-itu saja. Sesekali tantang dirimu dengan bacaan yang tak biasa kamu jamah.

Suka novel fiksi? Coba baca buku sejarah atau filsafat, personal finance, selami juga puisi atau telaah seni. 

Dengan menjelajahi teritorial baru, otakmu dipaksa keluar dari zona nyaman dan mempertimbangkan perspektif segar. 

Sehingga elastisitas dan fleksibilitas berpikir pun akan tumbuh dan membuatmu lebih adaptif serta kreatif.

3. Catat Hal Penting

Catat Hal Penting
Foto: freepik

Di era digital, menulis mungkin tampak kuno dan menyita waktu. Tapi coba tebak? Justru dalam kesederhanaan inilah letak kekuatannya.

Dengan mencatat, otak kita dipaksa memproses informasi lebih dalam, bukan sekadar menelan mentah-mentah.

Kita harus memilah mana hal yang inti, mengolahnya dengan bahasa sendiri, dan menuangkannya secara terstruktur. Proses ini meningkatkan retensi memori hingga 70%.

Tak hanya itu, catatan juga jadi database berharga untuk mengevaluasi diri, memonitor progres, dan memetik pelajaran dari pengalaman.

Jadi, mulai sekarang letakkan notebook dan pena di saku. Catat insight dari buku, kelas, seminar, atau sekadar obrolan inspiratif.

4. Latih Kehadiran Pikiran atau Mindfulness

Latih Kehadiran Pikiran atau Mindfulness
Foto: freepik

Zaman now, kita dituntut untuk multitasking, dikejar deadline, dan dikepung distraksi digital. Maka tak heran jika pikiran kita kerap bercabang dan fokus terpecah.

Di sinilah mindfulness berperan krusial. Kehadiran pikiran ini adalah kemampuan untuk sepenuhnya sadar pada momen kini tanpa dihantui pikiran lampau atau cemas akan esok.

Melatih mindfulness, entah via meditasi atau sekadar menarik napas penuh kesadaran, punya segudang manfaat. 

Fokus dan konsentrasi meningkat, kejernihan berpikir muncul, stres dan emosi negatif pun lebih terkendali.

Orang yang mindful cenderung lebih rasional, tidak mudah terpengaruh bias kognitif, dan membuat keputusan dengan kepala dingin. Keren kan?

5. Lakukan Sesuatu dengan Cara Berbeda

Lakukan Sesuatu dengan Cara Berbeda
Foto: freepik

Otak itu ibarat otot, butuh tantangan supaya tumbuh dan menguat. Nah, salah satu cara paling simpel untuk menstimulasi otak adalah dengan melakukan rutinitas harian secara berbeda.

Misal, ketika menyikat gigi gunakan tangan yang tak dominan. Saat ke kantor, tempuh jalan alternatif yang tak biasa, atau variasikan urutan tugas harianmu tentu dengan tetap mengutamakan prioritasnya.

Dengan mengubah kebiasaan, otak kita dipaksa untuk keluar dari mode autopilot dan membangun jalur neural baru.

Manfaatnya banyak. Otak jadi lebih plastis, kreativitas makin terasah, dan kamu bisa keluar dari rutinitas yang membosankan.

Siapa tahu kamu juga menemukan solusi inovatif atau shortcut cerdas saat menyelesaikan tugas. Apakah sudah kebayangkan kebiasaan apa saja yang mesti kamu terapkan untuk jadi lebih cerdas?


Meningkatkan kecerdasan itu bukan sesuatu yang instan. Kuncinya adalah konsistensi dan komitmen untuk mempraktikkan kebiasaan baik secara reguler.

Meskipun terlihat sepele, percayalah efek akumulatifnya akan terasa signifikan seiring waktu. Ibarat kata pepatah, tetesan air bisa melubangi batu jika dilakukan terus menerus.

Jadi jangan ragu untuk mengambil langkah pertama sekecil apa pun itu. Raihlah versi terbaikmu dan teruslah belajar.