Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hp Android Yang Lemot


Penggunaan ponsel yang terasa lambat memang sangat mengesalkan, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana mengatasi ponsel android kamu yang lemot. Ponsel yang lemot atau ngelag ini mungkin sudah tidak asing lagi dan saya yakin hampir semua pengguna ponsel khususnya android sudah pernah mengalaminya. Namun masih ada saja orang yang belum mengerti cara menangani masalah tersebut


Menurut saya pribadi penyebab ponsel menjadi lemot & ngelagnya tidak jauh dari beberapa hal ini, yaitu  RAM, Storage, & Bugs pada Software. Jika kamu sudah sanggup mengatasi hal tersebut, saya yakin ponsel android kamu akan kembali lancar. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak baik-baik penjelasan berikut ini.



RAM (Random Access Memory)

RAM adalah memori sementara yang digunakan sebagai tempat untuk menjalankan aplikasi di ponsel android kamu. RAM memiliki sebuah kapasitas yang bisa penuh kapan saja, jika kondisi tersebut terjadi pada ponsel kamu maka ponsel tersebut akan mulai terasa lemot atau ngelag. Berikut tips mengatasi RAM penuh.


  • Tutup aplikasi yang masih berjalan dibelakang background

Saat kamu menutup aplikasi pada ponsel android, aplikasi tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya berhenti, aplikasi tersebut masih berjalan dibelakang background gunanya mempercepat aplikasi saat dibuka kembali.


  • Kurangi widget

Semakin banyak widget dan shortcut di homescreen yang digunakan akan memperlambat kinerja ponsel android. Silahkan gunakan shortcut dan widget seperlunya saja.


  • Storage

Storage merupakan chip untuk menyimpan data pada ponsel, contohnya  aplikasi, musik, gambar, video, dan lain sebagainya. Storage ini terbagi menjadi dua, yaitu Internal Storage yang dimana sudah tertanam permanen didalam ponsel kamu, dan External Storage menyerupai Micro SD.


  • Gunakan aplikasi alternatif

Pastikan kamu selalu memeriksa ukuran aplikasi yang sudah di instal, jika cukup besar menghabiskan storage, saya saran untuk mencari alternatif dari aplikasi tersebut.


  • Hapus aplikasi bawaan(bloatware) yang tidak digunakan

Cukup banyak aplikasi bawaan pada ponsel android, tentu hal ini akan menghabiskan RAM serta memori internal. Untuk menghapus aplikasi tersebut ponsel kamu harus mempunyai akses penuh atau sering disebut ROOT. Untuk melakukan root tidak semua pengguna android bisa melakukannya, sehingga untuk mengatasi hal ini kamu cukup menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak terpakai.


  • Bersihkan cache

Dengan rajin membersihan cache akan sedikit membuat ponsel kamu menjadi ringan.


  • Selalu update OS paling baru

Bugs yang terdapat pada OS menyebabkan ponsel android kamu menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu kamu harus sering melakukan pengecekan update OS ataupun aplikasi.


Sekian artikel yang dapat kami berikan, sampai disini seharusnya kamu sudah mengerti bagaimana mengatasi ponsel android yang sering mengalami lemot atau ngelag.