Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Internet Lemot di Android Tapi Sinyal Full

Mengatasi Internet Lemot di Android


Berikut ini cara mengatasi internet lemot di Android namun sinyalnya full, yuk ikuti tips ini agar koneksi internet mu menjadi kencang.

Pada era teknologi saat ini internet menjadi kebutuhan semua orang, namun terkadang terdapat permasalahan lemotnya koneksi meskipun sinyal penuh.

Tentu ini menjadi permasalahan yang menjengkelkan lantaran bisa menghambat kegiatan sehari-hari bagi seseorang yang sangat bergantung pada jaringan internet.

Sinyal menjadi hal yang penting untuk membuat koneksi menjadi cepat, tapi sinyal ponsel yang full belum menjadi jaminan internet akan berjalan kencang.

Jika kamu mengalami masalah pada sinyal internet yang lemot jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya, berikut ini selengkapnya.

 

Cara Mengatasi Internet Lemot di Android

1. Cek kuota

Cara mengatasi internet lemot di Android yang pertama adalah dengan mengecek kuota internet yang kamu miliki, apakah masih ada atau sudah habis.

Jika kuota habis maka kamu tidak dapat mengakses internet dan harus mengisi ulang menggunakan pulsa atau e-wallet.

2. Jaringan provider tidak menjangkau wilayah

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa provider yang hanya menjangkauan wilayah tertentu pada setiap daerah.

Untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya kemungkinan besar jaringan sudah merata, namun berbeda dengan daerah pedalaman yang sulit akses internet.

Beberapa wilayah di Indonesia tidak memiliki jaringan internet yang memadai dan tidak semua provider memiliki jangkauan jaringan di wilayah tersebut.

Maka dari itu pastikan provider yang kamu gunakan sudah memiliki akses jaringan di wilayah kamu berada saat ini.

3. Periksa APN

Cara mengatasi internet lemot di Android selanjutnya adalah dengan memeriksa APN atau Access Point Name yang jadi gerbang utama untuk mengakses internet pada smartphone.

Untuk mendapatkan jaringan internet yang stabil alangkah baiknya menggunakan APN tanpa username dan password sehingga kamu bisa mengubahnya pada pengaturan.

Setelah mengubah pengaturan APN lakukanlah restart HP agar koneksi internet bisa berjalan optimal.

4. Periksa aplikasi yang berjalan

Jika kamu menggunakan aplikasi secara bersamaan dapat berpotensi memperlambat koneksi internet apabila aplikasi-aplikasi tersebut bergantung pada jaringan internet.

Maka dari itu, jika kamu membiarkan aplikasi tersebut berjalan di belakang layar tentu koneksi akan terbagi-bagi sehingga cenderung lebih lemot.

Untuk mengatasi masalah tersebut tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan dan bila perlu menonaktifkannya untuk sementara waktu agar koneksi bisa berjalan dengan lebih cepat.

5. Hentikan download atau update aplikasi

Selain membiarkan aplikasi berjalan di belakang layar, saat kamu sedang mendownload aplikasi atau file juga akan membuat internet menjadi lemot.

Terlebih lagi jika kamu mengaktifkan update aplikasi atau sistem secara otomatis. Maka dari itu hentikan download atau update apapun bila tidak mendesak untuk mengatasi internet yang lemot.

6. Hubungi operator

Jika sinyal pada ponsel kamu full namun koneksi internet tetap lemot maka langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi operator provider terkait.

Bisa saja terdapat kerusakan atau kesalahan pada jaringan sehingga perlu pengecekan dan perbaikan dari operator.

Kamu bisa menghubungi operator melalui helpdesk seperti media sosial twitter, email hingga nomor telepon.

7. Pindah tempat

Ada banyak faktor mengapa sinyal internet menjadi lemot seperti cuaca buruk, mati lampu hingga lokasi yang tidak terjangkau karena terbatas dengan dinding.

Maka dari itu jika sedang darurat membutuhkan koneksi internet yang kencang maka bisa mencari tempat dengan cuaca yang bagus dan lokasi yang tidak terhambat oleh dinding tebal.


Itulah beberapa cara mengatasi internet lemot di Android yang bisa kamu lakukan, semoga sinyal internet kamu kembali lancar ya.