Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Untuk Hasilkan Uang Sampai Jutaan Rupiah

Membuat Blog Untuk Hasilkan Uang


Membuat blog menjadi salah satu cara untuk hasilkan uang dari internet hingga jutaan rupiah yang sudah cukup ampuh sejak dahulu.

Jika kamu sudah membuat sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung dan sudah di monetisasi maka untuk bisa hasilkan uang hingga jutaan rupiah tidaklah mustahil.

Bagi kamu yang masih pemula jangan khawatir, karena proses pembuatan blog yang bisa menghasilkan uang tidaklah begitu rumit.

Modal utama untuk memulai ngeblog adalah modal waktu, konsistensi serta kerja dalam membangun blog dari awal.

 

Cara Membuat Blog Untuk Hasilkan Uang

Berikut ini adalah tutorial cara membuat blog untuk menghasilkan uang hingga jutaan rupiah menggunakan hosting dan domain serta menggunakan CMS Wordpress.

1. Pilih jasa web hosting dan domain

Untuk membuat blog memang bisa di lakukan dengan hosting dan domain gratis, misalnya menggunakan Blogspot. Namun alangkah baiknya untuk berinvestasi dengan membeli web hosting dan domain.

Hal ini karena hosting yang cepat dan domain yang terpercaya akan membuat konten yang kamu buat semakin bagus pada mesin pencarian.

Saat merintis membuat blog untuk hasilkan uang, alangkah baiknya menggunakan hosting yang murah terlebih dulu dan domain yang berkualitas seperti .com atau .co.id.

2. Instal WordPress

Jika sudah membeli web hosting dan domain maka kamu akan mendapatkan akses ke cpanel website berupa email dan password.

Apabila sudah masuk ke laman dashboard cpanel maka bisa melakukan penginstalan Wordpress dan membuat akses ke dashboard Wordpress.

Setelah kamu menginstal Wordpress maka proses pembuatan blog bisa di mulai dari membuat halaman baru, mengubah tema blog hingga menggungah konten bisa di lakukan disana.

3. Memilih tema web dan pasang plugin

Jika sudah masuk ke dashboard Wordpress maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemilihan tema yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Kamu bisa menggunakan tema yang di sediakan oleh Wordpress atau bisa juga menggunakan tema premium yang bisa kamu beli di pihak ketiga.

Selain memasang tema kamu juga bisa memasang plugin untuk menjalankan fungsi tertentu pada website dan menunjang kegiatan kamu ngeblog.

Kamu bisa menginstal dua plugin wajib, yaitu Google XML Sitemaps agar konten dari blog kamu bisa tampil di Google.

Selain itu kamu juga bisa menginstal Yoast SEO yang berfungsi untuk memaksimalkan SEO agar konten bisa tampil di mesin pencarian.

4. Mulai buat konten

Setelah website kamu sudah siap digunakan maka langkah berikutnya adalah mulai membuat konten secara konsisten.

Kamu bisa membuat konten yang berpotensi mengundang banyak pengunjung blog mulai dari otomotif, pendidikan, teknologi, finance dan lain-lain agar uang yang kamu hasilkan juga besar.

Selain itu, buatlah konten yang sesuai dengan kaidah SEO agar bisa muncul pada pencarian tingkat atas dan menggunakan riset keyword yang berpotensial agar mengundang banyak pengunjung.

5. Memasang Google Adsense

Untuk hasilkan uang melalui blog langkah yang perlu kamu lakukan adalah menjadi mitra Google Adsense agar website bisa menampilkan iklan.

Jika sudah menggunakan Google Adsense maka pemilik blog akan mendapatkan imbalan berupa keuntungan dari pay per click (PPC) atau setiap iklan yang tayang pada blog.

Semakin banyak pengunjung yang berkunjung ke blog kamu dan mengklik iklan yang tayang maka akan semakin banyak juga penghasilan yang di dapatkan.

6. Memasarkan produk

Selain melalui Google Adsense, kamu juga bisa membuat blog untuk hasilkan uang dengan memasarkan sebuah produk.

Kamu bisa memasarkan produk sendiri jika punya. Jika tidak, kamu bisa bergabung dengan program afiliasi agar mendapatkan komisi dari memasarkan produk orang lain.


Demikian tutorial cara membuat blog untuk hasilkan uang hingga juataan rupiah yang dapat kamu ikuti. Untuk mencapai pendapatan maksimal tentu kamu membutuhkan konsistensi dan kerja keras, selamat berjuang!!