Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi WA Yang Error Untuk Android dan iOS

6 Cara Mengatasi WA Yang Error Untuk Android dan iOS
Berikut ini tutorial mengatasi WA yang Error pada android atau iOS dengan mudah agar bisa berjalan kembali.


Meskipun menjadi aplikasi chatting dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia, namun para penggunanya terkadang masih saja mengalami error.

Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai alasan mulai dari bug, penuhnya server hingga permasalahan dari device pengguna itu sendiri.

Maka dari itu penting untuk mengetahui cara mengatasi WA yang error pada OS Android maupun iOS, berikut ini selengkapnya.

 

Cara Mengatasi WA Yang Error

1. Cek koneksi internet

Cara mengatasi WA yang error pertama adalah dengan mengecek koneksi internet apakah berjalan atau tidak.

Apabila koneksi internet yang kamu miliki berjalan kurang stabil tentu akan membuat performa WA terganggu sehingga error.

Untuk mengecek koneksi kamu bisa membuka browser pada ponsel kemudian mengunjungi suatu situs apapun, jika untuk menampilkan halaman lambat maka koneksi internet kamu sedang buruk.

Sedangkan jika kamu menggunakan WiFi rumahan maka bisa memeriksa bagian router dan apabila terdapat masalah maka bisa melakukan restart ulang router tersebut.

2. Cari tahu apakah WA sedang down

Jika permasalahan bukan pada koneksi maka penyebab WA error adalah masalah pada pusat sistem WA itu sendiri.

Jika dari pusat terdapat masalah tentu membuat seluruh pengguna WA akan mengalami error sehingga aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Biasanya terdapat bug atau kesalahan tertentu yang membuat WA harus melakukan maintenance.

Untuk mengetahui apakah WA sedang down atau tidak bisa mengecek berita di Google dan menunggunya hingga pulih.

3. Bersihkan cache

Penyimpanan yang sudah penuh menjadi salah satu penyebab mengapa WA bisa error, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menghapus cache pada pengaturan.

WA sendiri membutuhkan penyimpanan yang besar sehingga jika cache WA sudah penuh maka akan membuat aplikasinya tidak berjalan optimal.

Cache sendiri adalah data yang tersimpan sementara pada aplikasi, sehingga jika menghapusnya akan membuat beban ponsel menjadi ringan dan aplikasi bisa berjalan kembali.

Kendati demikian, alangkah baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu karena jika cache dibersihkan maka histori dan data WA kamu akan terhapus secara otomatis.

4. Update WA

Mengatasi WA yang error selanjutnya adalah melakukan update. WhatsApp sendiri terus melakukan pembaruan untuk menambahkan fitur baru atau memperbaiki bug yang ada pada aplikasinya.

Jika terdapat bug yang cukup parah maka akan membuat WA tidak bisa berjalan dengan baik sehingga langkah penyelesaiannya adalah dengan melakukan update.

Selain itu ada kemungkinan juga kamu menggunakan versi WA yang telah kadaluarsa sehingga tidak bisa gunakan.

Kamu bisa mengupdate aplikasi WA di Android melalui PlayStore atau jika kamu pengguna Iphone bisa melakukan update pada App Store.

5. Jangan gunakan WhatsApp GB

WhatsApp GB adalah aplikasi WA yang telah dimodif oleh pihak ketiga dengan penambahan fitur seperti tampilan menarik, gaya teks, hingga membaca pesan yang sudah terhapus.

Namun dibalik fitur yang menarik tersebut, pihak resmi WhatsApp melarang penggunaan aplikasi pihak ketiga tersebut karena melanggar peraturan pengguna dan membahayakan pengguna dari sisi keamanan.

Selain itu, penggunaan WA GB juga tak terlepas dari bug atau bahkan banned langsung dari pihak WA sehingga kamu harus menginstal ulang menggunakan versi yang resmi.

6. Restart HP

Cara mengatasi WA error terakhir adalah dengan merestart ulang hp kamu agar bisa menjalankan aplikasi tersebut kembali.

Langkah ini cukup ampuh untuk mengatasi bug pada aplikasi, hingga WA yang tidak bisa berjalan hingga mengalami force close.

Jika kondisi secara keseluruhan error akibat menggunakan WA maka kamu bisa merestartnya dengan menekan tombol power selama 9 detik hingga ponsel mati lalu menyala kembali.