Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Metaverse dan Cara Kerjanya

Metaverse baru-baru ini menjadi subjek diskusi yang hangat setelah Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa nama perusahaan teknologi Facebook akan diubah menjadi Meta, yang mengambil nama dunia virtual tersebut.

Apa sebenarnya metaverse? Selain itu, bagaimana cara kerjanya? Baca ulasan artikel berikut ini!

 

Apa Itu Metaverse?

Metaverse berasal dari dua kata yaitu meta dan verse, dimana meta berarti melampaui dan verse berarti kata lain dari universe.

Istilah ini biasanya di gunakan untuk menggambarkan konsep masa depan versi digital yang terdiri dari berbagai teknologi canggih yang dapat memengaruhi masyarakat dalam berbagai cara, seperti interaksi sosial dan ekonomi.

Dalam arti yang lebih luas, Metaverse ternyata mencakup dunia virtual dan internet, serta segala jenis teknologi modern yang di kenal sebagai Augmented Reality (AR).

Dengan demikian, seseorang dapat mengalami Metaverse secara bersamaan.

 

Cara Kerja Metaverse

Sejauh yang kita ketahui, metaverse adalah sebuah platform online yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Sistemnya menetapkan bahwa setiap individu yang ingin menjadi bagian dari dunia metaverse harus memiliki akun di salah satu platform yang terintegrasi.

Saat ini, elemen metaverse belum sepenuhnya terintegrasi. Email, konferensi video, game, augmented reality, virtual reality, live streaming, dan media sosial adalah beberapa komponen elemen tersebut.

Dunia metaverse yang akan datang sebenarnya terdiri dari kombinasi dari semua aspek tersebut. Setelah itu, akan di maksimalkan melalui teknologi kecerdasan buatan, komputasi cloud, dan teknologi jaringan masa depan.

Dengan demikian, sangat mungkin bahwa kita pada akhirnya akan dapat melakukan berbagai aktivitas di metaverse.

 

Manfaat Metaverse

1. Pengguna dapat bersosialisasi dengan bebas

Karena metaverse memiliki akses internet yang luas dan tak terbatas, pengguna metaverse dapat bersosialisasi secara virtual dengan sesama pengguna kapan saja dan di mana saja.

Kedepannya, cara mereka berkomunikasi sangat mungkin akan berbeda dengan alat komunikasi umum yang berbasis internet seperti saat ini.

2. Meningkatkan prospek perekonomian

Di dunia metaverse, memungkinkan setiap orang menggunakan mata uang digital yang telah di sepakati untuk bertransaksi, menyewa, dan lain-lain.

Pada akhirnya, hal ini membuka peluang pasar baru yang dapat meningkatkan ekonomi. Selain ekonomi meningkat melalui peluang pasar baru, adanya metaverse juga mungkin menghasilkan berbagai jenis profesi baru.

3. Menyediakan ruang untuk bekerja dan belajar

Metaverse dapat memungkinkan karyawan untuk bergabung dengan kantor virtual yang di buat oleh perusahaan, dan siswa dapat menggunakan ruang kelas virtual yang lebih baik.

Ini adalah peningkatan dari program kerja dari rumah dan pembelajaran online yang telah ada sebelumnya. Dengan demikian, WFH dan pembelajaran online akan menjadi lebih seru.

4. Menghadirkan hiburan secara virtual

Munculnya pandemic saat itu, membuat promotor acara menyelenggarakan acara mereka secara virtual, seperti konser dan pameran.

Namun, dengan batasan ini, keinginan orang untuk menghadiri acara tidak setinggi ketika mereka dapat melakukannya secara offline.

Nanti, metaverse akan memungkinkan acara virtual tersebut di kemas dengan lebih baik dan di laksanakan dengan lebih baik. Di metaverse, orang-orang bisa menikmati berbagai hiburan dengan sensasi yang lebih nyata.

 

Cara Menjelajahi Dunia Virtual

Jika kamu ingin masuk ke dalam dunia metaverse, kami akan memberi tahu kamu apa yang harus kamu lakukan. Simak langkah-langkah berikut ini!

Langkah pertama pilih platform untuk kamu masuk ke Metaverse, sebelum itu pastikan kamu punya HP, headset, dan kacamata VR atau AR.

Kemudian, daftarkan diri untuk masuk ke salah satu platform Metaverse dan masuk ke dunia Metaverse.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu akan dapat menjalani kehidupan virtual yang seperti kehidupan nyata. Itu sangat sederhana, bukan?