Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi HP Dengan Baterai Tanam Tidak Bisa di Cas

Mengatasi HP Dengan Baterai Tanam Tidak Bisa di Cas


Berikut ini cara mengatasi hp dengan baterai tanam tidak bisa di cas batre tanpa harus ke service center terlebih dahulu.

Saat ini hampir semua ponsel menggunakan sistem baterai tanam yang tidak bisa dipasang-lepas dengan mudah.

Meskipun memiliki banyak keunggulan seperti membuat ponsel menjadi tahan air namun baterai tanam memiliki kekurangan jika port cas mengalami masalah.

Pengguna tidak bisa melepas batre ponsel dan mengisinya melalui charging baterai universal sehingga harus diperbaiki port chargingnya.

Namun sebelum membawanya ke service center, yuk simak beberapa cara mengatasi hp tidak bisa di cas pada batre tanam.

 

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

1. Bersihkan port charger

Cara mengatasi hp tidak bisa di cas pada baterai tanam yang pertama adalah dengan membersihkan pada bagian port charger.

Bagi ponsel yang sudah berumur dan dalam penggunaan tinggi biasanya port charger terdapat kotoran atau debu yang menempel.

Kamu bisa membersihkannya dengan blower atau bisa juga menggunakan jarum yang dimasukan ke port charging secara hati-hati.

Setelah port tersebut bersih maka coba colokan kabel charger, dan ponsel kamu kini kembali bisa mengisi daya.

2. Tekan tombol kombinasi Volume bawah, atas dan home

Jika cara pertama belum berhasil maka bisa mencoba cara kedua, yaitu dengan menekan tombol kombinasi volume bawah, atas dan tombol home selama beberapa detik.

Namun cara ini hanya berlaku pada beberapa ponsel saja yang berfungsi untuk mengatasi error pada ponsel termasuk masalah pada port charger.

Cara tersebut hanya bisa menyelesaikan permasalahan pada software saja, namun jika permasalahan ada pada hardware kamu bisa mengikuti cara yang ketiga.

3. Ganti charger HP lain

Cara mengatasi hp tidak bisa di cas pada baterai tanam yang selanjutnya adalah dengan mengganti charger hp lain.

Permasalahan bisa saja terjadi pada kabel atau kepala charger yang tidak bisa mengalirkan daya ke ponsel.

Kamu bisa menggunakan charger lain yang memiliki tipe kabel yang sama dengan ponsel kamu untuk memastikan apakah ponsel terisi daya atau tidak.

4. Ganti charger dengan ampere yang lebih tinggi

Idealnya, kamu menggunakan kepala dan kabel charger original dengan daya yang sudah ditentukan.

Namun beberapa pengguna menggunakan kepala dan kabel charger yang tidak original dengan daya ampere yang lebih rendah.

Hal ini menyebabkan ponsel tidak bisa mengisi daya karena tegangan yang terlalu rendah. Kamu bisa mengganti charger dengan daya yang lebih tinggi.

5. Lakukan kalibrasi baterai

Selanjutnya kamu bisa melakukan kalibrasi baterai jika terdapat permasalahan, sudah di cas namun daya yang di dapatkan tidak sesuai.

Dengan melakukan kalibrasi maka kekuatan baterai akan lebih akurat dan daya yang di dapatkan ketika di cas akan sesuai, berikut ini caranya :

  • Cara pertama adalah masuk ke menu recovery dengan menahan "tombol power dan volume atas / bawah secara bersamaan dalam beberapa detik
  • Jika sudah masuk pada menu Recovery lalu pilih opsi "Advanced" dan pilih opsi "Hapus Statistik Baterai Secara Otomatis"
  • Jika sudah maka matikan kembali ponsel dan isi daya hingga penuh.
  • Lakukan beberapa kali cara tersebut hingga nantinya hp akan memberikan informasi yang akurat terkait baterai

6. Bawa ke Service Center

Jika kelima cara tersebut tidak berhasil mengatasi masalah pada ponsel kalian yang tidak bisa di cas, maka solusinya adalah membawanya ke service center.

Bisa saja permasalahan ada pada koneksi port yang rusak sehingga harus diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Namun tidak usah khawatir, karena harga perbaikan atau penggantian port charger cukup terjangkau. Demikian artikel mengenai cara mengatasi hp dengan baterai tanam yang tidak bisa di cas.