Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabungan Emas Pegadaian, Ini Untung dan Ruginya!

tabungan emas pegadaian, ini untung dan ruginya


Bingung mau investasi di mana? yuk kenali lebih dalam investasi tabungan emas di Pegadaian beserta keuntungan dan kerugiannya.

Tabungan emas menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia.

Menginvestasikan uang dalam bentuk emas diyakini mampu menjaga nilai mata uang dari inflasi karena harga emas yang cenderung terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Sehingga emas menjadi salah satu pilihan tepat untuk investasi yang paling banyak digemari di kalangan masyarakat.

Jika kita membeli emas batangan secara langsung tentu harganya cukup mahal. Maka dari itu hadirlah sistem investasi dari Pegadaian, yaitu tabungan emas.

Yuk simak penjelasannya sampai selesai agar bisa menjadi bahan pertimbangan kamu apabila ingin investasi di tabungan emas Pegadaian.

 

Sistem menabung emas di Pegadaian

Tabungan emas Pegadaian sendiri merupakan layanan penitipan saldo dalam bentuk emas yang sangat memudahkan masyarakat untuk untuk bisa investasi emas.

Produk tabungan emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas dengan mudah, murah, aman dan juga terpercaya.

Kalian bisa setor uang tunai untuk di tabung pada tabungan emas Pegadaian, uang yang terkumpul nantinya akan di konversikan ke dalam gram emas sesuai dengan harga emas 24 karat yang berlaku saat itu.

Saldo uang yang terkumpul pada rekening nasabah nantinya dapat di cairkan dalam bentuk uang tunai atau dalam bentuk emas batangan fisik.

Tentunya dengan harga emas logam mulia 24 karat yang berlaku ketika ingin mencairkan uang tersebut.

 

2 syarat buka tabungan emas Pegadaian

Untuk bisa membuka investasi tabungan emas di Pegadaian, calon nasabah harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun syarat untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah baru di tabungan emas yaitu, memiliki identitas sebagai warga negara Indonesia atau warga asing yang menetap di Indonesia seperti:

  • KTP atau paspor
  • Mengisi semua data formulir pendaftaran untuk membuka rekening di Pegadaian
  • Membayar biaya transaksi pembukaan rekening tabungan.

 

Keuntungan investasi menabung emas di Pegadaian

1. Salah satu keuntungan menabung emas di Pegadaian adalah mampu di jangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Ini karena dapat di cicil kapanpun, bahkan jika nasabah memiliki dana minimal 20.000 saja sudah bisa di setorkan sebagai saldo tabungan emas loh.

2. Tabungan emas dapat di cairkan sewaktu-waktu atau memiliki sifat yang fleksibel. Hal ini tentu menjadi kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat.

3. Kemudahan dalam sistem setoran karena kamu tidak perlu mendatangi kantor Pegadaian terdekat untuk melakukan setoran.

Saat ini mengisi saldo nabung emas bisa di lakukan via ATM, aplikasi m-banking e-commerce dan agen-agen resmi Pegadaian lainnya.

 

Kerugian investasi menabung emas di Pegadaian

Selain keuntungan tersebut apakah ada kerugian dari sistem ini? Benarkah biaya cetak emas di Pegadaian mahal?

Nah kita bahas yuk kerugian investasi tabungan emas di pegadaian.

1. Hal pertama yang di anggap sebagai kekurangan sistem investasi ini yaitu adanya biaya administrasi dan biaya penyimpanan per tahun sebesar 30.000.

Namun hal ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu jika di hitung 30 ribu rupiah di bagi 12 bulan, artinya hanya 2.500 potongannya setiap bulan yang di kenakan di Pegadaian.

Nilainya masih terjangkau bukan? di bandingkan jika kita memiliki emas secara fisik maka resiko kehilangannya cukup besar juga loh.

2. Kerugian kedua yakni terdapat biaya tambahan yang di butuhkan apabila nasabah ingin mencetak saldo tabungannya menjadi logam mulia.

Biaya tersebut berkisar 120.000 untuk emas Antam seberat 1 gram sampai dengan 1 juta untuk berat emas Antam seberat 100 gram.

Namun kamu tidak perlu khawatir  karena hal ini bisa di antisipasi dengan cara mencairkan dahulu semua tabungan emas di Pegadaian dalam bentuk uang tunai.

Dengan uang tersebut kamu bisa membeli emas fisik di toko emas terdekat rumahmu, jadi kamu tidak perlu membayar biaya cetak emas tersebut.

3. Terakhir nabung emas Pegadaian ini menerapkan sistem buyback atau penjualan harga emas lebih rendah di bandingkan dengan harga beli emas

Oleh karena itu, nabung emas di Pegadaian sebaiknya di jadikan instrumen investasi dalam jangka panjang agar dapat lebih menguntungkan.


Nah sekarang bagaimana, apakah kamu sudah tertarik untuk buka tabungan emas di Pegadaian? semoga informasi ini membantu ya.