Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung Terbaru

Cara Mengatasi Memori Penuh pada HP Samsung


Berikut ini cara mengatasi memori penuh di hp Samsung terbaru 2023 untuk meningkatkan performa ponsel menjadi lebih baik.

Memori atau penyimpanan pada ponsel menjadi hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan kerja dari smartphone.

Jika memori pada ponsel kamu penuh maka akan mengganggu performa ponsel lantaran sistem dan aplikasi tidak berjalan dengan optimal.

Maka dari itu saat ini produsen hp memberikan penyimpanan internal atau ROM yang cukup besar dan beragam mulai dari 64 GB, 128 GB, 256 GB dan seterusnya.

Meksipun ukurannya cukup besar, namun saat ini tidak sedikit para pengguna ponsel Android yang kerap mengalami keluhan memori penuh.

Masalah ini banyak di alami oleh banyak konsumen termasuk para pengguna ponsel Samsung sekalipun. Maka dari itu, yuk simak cara mengatasi memori penuh di hp Samsung terbaru.

 

Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Samsung

1. Bersihkan file cache secara rutin

Cara mengatasi memori penuh di hp Samsung yang pertama adalah dengan membersihkan cache secara rutin.

Cache sendiri merupakan file sementara yang di produksi oleh sistem yang bertujuan untuk mempercepat pengguna mengakses aplikasi atau fitur tertentu pada ponsel.

Meskipun membantu pengguna, terkadang cache tersebut tidak digunakan sehingga hanya menjadi file yang memenuhi ponsel saja.

Maka dari itu kamu bisa menghapus cache tersebut dengan masuk ke menu Pengaturan-Perawatan perangkat dan baterai-Perawatan perangkat-Optimalkan sekarang.

2. Hapus aplikasi atau game yang tidak digunakan

Selain cache, kamu juga bisa menghapus aplikasi atau game yang tidak digunakan agar memori pada ponsel lebih lega.

Game dan aplikasi sendiri kerap memakan memori yang cukup besar karena tidak hanya memuat data saja, namun cache dari game itu sendiri cukup besar.

Maka dari itu kamu bisa menghapus aplikasi atau game yang tidak terpakai melalui Pengaturan-Aplikasi-Pilih aplikasi yang akan di hapus, lalu Hapus instalan.

3. Hapus file yang tidak dibutuhkan

Selain aplikasi, kamu juga bisa menghapus file tidak di butuhkan yang hanya mengendap pada penyimpanan internal ponsel.

Beberapa file tersebut antara lain mentahan aplikasi/game, dokumen yang tidak lagi di butuhkan, dan media Whatsapp.

Kamu bisa menghapus file yang tidak di butuhkan pada ponsel Samsung melalui menu "My Files" kemudian cari folder tempat file tersebut berada.

4. Matikan unduhan otomatis WhatsApp

Salah satu penyebab mengapa penyimpanan hp Samsung kamu penuh adalah karena menyalakan fitur unduhan otomatis pada WhatsApp.

Meskipun media WhatsApp terbilang kecil dan sudah di kompres namun karena jumlahnya yang banyak membuat ukurannya file tersebut menjadi besar seiring waktu.

Oleh karenanya, kamu bisa mematikan fitur unduhan otomatis pada aplikasi WhatsApp. Caranya tap Ikon tiga titik - Setelan Penyimpanan dan data. Hilangkan centang pada foto, audio dan dokumen.

5. Gunakan memori eksternal

Jika memori internal pada ponsel tidak bisa menyimpan semua data yang kamu butuhkan maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan memori eksternal.

Memori eksternal sendiri memiliki harga yang lebih murah dengan kapasitas yang besar sehingga bisa menampung banyak file mulai dari foto, video, dokumen dan lain-lain.

6. Gunakan layanan Cloud storage

Jika kamu tidak ingin menggunakan memori eksternal maka solusinya adalah dengan menggunakan layanan cloud storage.

Melalui cloud storage, kamu bisa menyimpan berbagai file seperti foto, video, dokumen dan lain-lain secara online.

Beberapa layanan cloud storage bisa kamu gunakan secara gratis seperti Google Drive, OneDrive, DropBox dan lain-lain.

Meskipun untuk mengaksesnya membutuhkan koneksi internet namun layanan cloud storage membuat file kamu aman dari masalah hilang atau corrupt.

Itulah beberapa cara mengatasi memori penuh di hp Samsung, semoga bermanfaat.