Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuka Lupa Kunci Layar Hp Android



Hampir semua ponsel dengan sistem operasi android menyerupai samsung, advance, asus, dan brand hp lainnya sudah dilengkapi fitur untuk mengunci layar yang siap untuk diaktifkan, kunci layar tersebut biasanya dipakai oleh pemilik ponsel sebagai keamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Ada beberapa jenis metode penguncian layar pada ponsel android yang dapat digunakan, yaitu pengunci dengan pola, penguncian dengan PIN, serta fingerprint, semuanya mempunyai keamanan yang tidak mudah untuk ditembus.


Sayangnya dengan system keamanan tersebut terkadang menjadi sebuah bumerang untuk penggunanya lantaran lupa pola atau lupa PIN, jika hal ini terjadi pada ponsel kamu sebaiknya tidak perlu panik, lantaran ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk membuka ponsel android yang telah terkunci.

1. Menggunakan Panggilan Telepon

Jika ponsel kamu terkunci, cara pertama yang paling mudah untuk membuka password ponsel tersebut tanpa kehilangan data yaitu dengan cara menciptakan panggilan telepon pada ponsel yang terkunci, silahkan kamu lakukan panggilan ke nomor pada ponsel yang terkunci, kemudian jawab panggilan tersebut.


Selama panggilan aktif, silahkan tekan tombol Home untuk menampilkan menu pada pada ponsel, kemudian silahkan aktifkan data internet, lalu sign in menggunakan akun gmail yang sebelumnya sudah tersinkron, setelah itu masuk ke pengaturan penguncian layar. Namun harus kamu ketahui jika cara ini tidak bisa digunakan pada beberapa merk ponsel android.

2. Factory Data Reset

Melakukan Factory Data Reset, tindakan ini akan menyetel ulang ponsel kamu ke setelan pabrik, namun sayangnya jika menggunakan cara ini kamu harus rela kehilangan data yang tersimpan pada memory internal ponsel.


Jika memang tidak ada cara lain, maka dengan terpaksa kamu harus menggunakan cara ini, untuk melakukan Factory Reset ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Matikan ponsel
Setelah ponsel dalam keadaan mati, masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Power,  Volume Atas dan tombol Home. Tekan secara bersamaan kemudian tahan dalam waktu kurang lebih 5 detik hingga ponsel menyala dan muncul menu recovery mode. 

  • Menu factory data reset
Setelah masuk ke menu factory reset kemudian lakukan reset data (untuk beberapa jenis hp mungkin caranya berbeda silahkan cari saja di internet). 

  • Wipe data/factory
Pada sajian yang muncul pilih wipe data/factory reset menggunakan tombol volume atas dan bawah, Kemudian tekan tombol power untuk memilihnya, untuk beberapa merk ponsel mungkin tampilanya akan berbeda.

Saat proses reset telah selesai kemudian pilih Rebot system now, maka ponsel akan restart. Jika ponsel sudah kembali menyala kamu akan di suguhkan dengan tampilan ponsel seperti pada saat pertama kali kamu beli, yakni kamu harus melakukan konfigurasi ulang.