Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ubah iPhone Menjadi Remote Control Handal untuk Komputer Anda!



Ada berbagai cara untuk mengakses komputer melalui iPhone, beberapa cara memerlukan biaya yang cukup mahal. Metode yang mengharuskan kamu untuk menginstal aplikasi host pada iPhone dan aplikasi pendamping pada komputer yang ingin dikontrol. Setelah dikonfigurasi, kamu dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh dimanapun kamu berada.


Menggunakan Teamviewer


Install TeamViewer di iPhone, TeamViewer merupakan aplikasi gratis untuk penggunaan langsung tapi namun berbayar untuk versi bisnis. Aplikasi ini kerap kali dipakai oleh perusahaan-perusahaan teknologi dalam mengendalikan komputer dari jarak jauh.


Pertama masuk ke App Store kemudian cari aplikasi TeamViewer , setelah menemukannya kemudian install aplikasi tersebut. "Install" di sisi kanan layar kamu untuk men-download dan menginstal TeamViewer.


Setelah itu melakukan  pendaftaran di TeamViewer. Buka aplikasi TeamViewer, lalu klik Komputer & ikon Kontak di bab bawah layar. Tekan "New akun" pada sebelah kanan. Lengkapi 3 form mengenai, nama kamu, alamat email, serta password yang mengandung kombinasi huruf alfanumerik.

Kemudian instal TeamViewer pendamping pada komputer. Aplikasi pendamping harus diinstal pada semua komputer yang ingin diakses melalui iPhone. Kedua aplikasi ini bekerja bersamaan untuk mengontrol komputer dengan aman.

Konfigurasi komputer yang akan dikontrol dengan membuka browser kemudian mengunjungi url teamviewer.com/en/download/. Setelah masuk pada halaman download, pilih OS sesuai dengan komputer yang digunakan dan download TeamViewer. Menginstalnya dengan mengklik file yang telah didownload.

Masuk ke TeamViewer pada komputer. Selanjutnya buka aplikasi TeamViewer, lalu klik "Komputer & Kontak" pada tab bawah jendela. Maka muncul sebuah jendela pop-up akan terbuka di sebelah kanan dari aplikasi utama. Disini, masukan akun TeamViewer kamu yang sebelumnya telah dibuat, ketikkan email yang terdaftar dan password ke dalam jendela pop-up, kemudian klik "Sign In."

Setelah kamu berhasil login, lalu ciutkan tampilan TeamViewer; kemudian akan dimulai secara otomatis berjalan di latar belakang. Ulangi langkah-langkah untuk menginstal dan login ke TeamViewer pada setiap komputer yang ingin kamu dikontrol dengan iPhone.

Membuat password untuk setiap komputer yang ingin dikontrol. Untuk sandi keamanan tidak diperlukan, namun dapat membantu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ke komputer jika kamu menggunakannya. Kamu akan diminta untuk memasukkan password setiap kali mencoba untuk mengontrol komputer.

Buka TeamViewer pada setiap komputer yang ingin dikontrol. Lalu masuk ke Ekstra > Options > Security.
Membuat password  untuk dipakai saat login ke masing-masing komputer. Password berupa kombinasi dari karakter. Jangan gunakan kredensial TeamViewer kamu.


Mengontrol perangkat. Apabila semuanya sudah diatur, sekarang saatnya untuk mengontrol salah satu komputer dari jarak jauh.
  • Buka aplikasi TeamViewer di iPhone, lalu login ke account jika diminta.
  • Klik ikon Komputer pada tab bawah layar, kemudian login ke akun.
  • Klik ikon My Computer untuk melihat semua daftar komputer. Semua yang terdaftar akan muncul sesuai dengan namanya.
  • Klik Remote ikon Kontrol pada sebelah kanan komputer yang akan dikontrol, ikon ini terlihat seperti dua panah, satu menunjuk kiri dan yang lain menunjuk tepat.
  • Masukkan Sandi untuk mengakses komputer.
  • Klik ikon keyboard pada tab kanan bawah layar untuk mengakses zoom, pengaturan, serta keyboard virtual.
  • Akses file, program, dan mengoperasikan komputer dengan perintah jarak jauh
  • Untuk menghentikan koneksi dari komputer remote, klik ikon X di kiri bawah untuk menutup koneksi.