Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Alexa Rank


 

Jaringan internet saat ini sudah sangat berkembang, bahkan sudah masuk sampai tempat-tempat terpencil. Dengan aksesnya yang sangat mudah tentu banyak juga orang yang mulai membangun blog dan website 


Lalu bagaimana cara meraih kesuksesan  mengembangkan blog atau website yang Anda miliki? Banyak parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu web. Salah satunya ialah alexa rank, yang akan kami bahas pada artikel ini.


Pengertian Alexa Rank

Apa itu alexa rank? Alexa rank adalah peringkat yang menggambarkan kepopuleran suatu situs menurut kalkulasi trafik web. Peringkat ini berbeda-beda untuk masing-masing website, tidak ada yang sama dalam satu waktu.


Lalu bagaimana mengetahui peringkat alexa dari sebuah situs?

Selain dari widget pada website (jika ada), alexa rank juga sanggup dilihat menggunakan tool atau widget yang ada di toolbar web browser. Tentunya tool tersebut harus kamu download terlebih dulu sesuai dengan browser yang digunakan.


Website yang menempati alexa rank nomor 1 adalah website yang paling tinggi peringkat alexanya dan semakin kecil angkanya, semakin tinggi peringkat alexanya. Untuk saat ini, yang mempunyai alexa rank tertinggi adalah google.com. Sedangkan jika website atau blog yang baru dibuat, alexa tidak memberi peringkat.


Sejarah Alexa

Alexa merupakan perusahaan  Alexa Internet, Inc dengan nama situs www.alexa.com. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1996 oleh Bruce Gilliat dan Brewster Kahle. Nama Alexa sendiri di ambil dari nama sebuah perpustakaan, Alexandria. Pada tahun 1999 Alexa diakuisisi oleh perusahaan Amazon.com. Kemudian Alexa bergabung dengan google pada awal tahun 2002 dan dengan direktori DMOZ pada bulan Januari 2003.


Manfaat Alexa

Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila situs kamu mempunyai peringkat alexa yang tinggi, diantaranya :


  • Website terlihat profesional

Website dengan alexa rank yang tinggi akan menjadi pusat perhatian orang. Ini karena menandakan maju tidaknya sebuah situs dan menggambarkan jumlah pengunjung yang banyak.


  • Memenuhi persyaratan beberapa situs

Alexa rank juga bisa menjadi suatu syarat untuk beberapa situs, misalnya seperti situs PPC (Pay per Click).


  • Menarik minat pemasang iklan

Peringkat alexa yang tinggi juga akan meningkatkan kepercayaan pembaca dan memikat para pengiklan. Alexa rank yang sangat tinggi pada suatu website menandakan jumlah trafik atau pengunjung yang dimiliki juga sangat besar. Dengan begitu tentu akan banyak yang ingin memasang iklannya pada website tersebut demi mendapat pengunjung yang banyak juga.


Kapan Alexa Rank Menilai?

Alexa menilai peringkat webiste setiap hari. Alexa menghitung menurut jumlah pengunjung serta pageviews suatu website. Yang dilihat adalah pengunjung rata-ratanya dalam 3 bulan terakhir. Situs dengan kombinasi tertinggi antara kedua hal tersebut dalam tiga bulan terakhir akan mendapat peringkat pertama.


Cukup sekian artikel kali ini mengenai pengertian alexa rank serta manfaatnya. Selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah bagaimana cara meningkatkan peringkat alexa tersebut.